Scroll untuk baca artikel
Hewan

Porifera: Struktur dan Fungsi Sel Mirip Amoeba

Avatar
×

Porifera: Struktur dan Fungsi Sel Mirip Amoeba

Sebarkan artikel ini
a group of yellow corals on a coral reef

Kami ingin membahas tentang struktur dan fungsi sel pada Porifera, yang memiliki kesamaan dengan sel Amoeba. Porifera, atau lebih dikenal sebagai spons, adalah hewan air yang terdiri dari pori-pori berongga. Sel-sel di dalam Porifera memiliki struktur dan fungsi yang unik dan menarik, yang membuat mereka menjadi objek penelitian yang menarik bagi para ahli biologi.

Struktur Sel Porifera

Porifera memiliki sel yang disebut dengan choanocyte atau collar cells. Sel-sel ini mirip dengan sel Amoeba karena keduanya memiliki struktur yang sama, yaitu pseudopodia. Pseudopodia adalah protoplasma bergerak seperti kaki amoeba yang memungkinkan sel untuk bergerak dan menangkap makanan.

Sel Porifera memiliki pseudopodia yang berbentuk seperti tabung, dengan ujung yang melebar dan memiliki serangkaian rambut halus yang disebut dengan flagella. Selain itu, choanocyte juga memiliki membran sel yang dilengkapi dengan protein khusus yang membantu dalam menangkap dan memproses makanan.

Fungsi Sel Porifera

Choanocyte berperan penting dalam sistem pencernaan Porifera. Sel-sel ini berfungsi untuk menangkap partikel makanan dan mengarahkannya ke dalam rongga dalam tubuh Porifera. Partikel makanan yang tertangkap oleh choanocyte kemudian dilewatkan ke sel-sel lain yang bertanggung jawab untuk mencerna dan mengolah makanan.

Selain itu, choanocyte juga berperan dalam sistem pertahanan Porifera. Sel-sel ini memproduksi enzim dan senyawa yang dapat membunuh bakteri dan patogen lainnya yang masuk ke dalam tubuh Porifera. Choanocyte juga memproduksi kolagen dan senyawa lainnya yang membantu Porifera dalam proses regenerasi dan pemulihan.

Kesimpulan

Porifera memiliki sel yang mirip dengan sel Amoeba dalam struktur dan fungsi. Choanocyte pada Porifera memiliki pseudopodia yang mirip dengan Amoeba, serta berperan penting dalam sistem pencernaan dan pertahanan Porifera. Pengetahuan tentang struktur dan fungsi sel Porifera ini penting bagi pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati di dunia air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *