Scroll untuk baca artikel
Budaya

Sejarah dan Keindahan Pintu Lawang Sewu: Tempat Wisata di Semarang

×

Sejarah dan Keindahan Pintu Lawang Sewu: Tempat Wisata di Semarang

Sebarkan artikel ini

Pintu Lawang Sewu – Lawang Sewu adalah sebuah bangunan tua yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata populer di kota tersebut karena sejarah dan keindahannya.

Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 oleh Nederlandsche-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), sebuah perusahaan kereta api Belanda. Pada masa itu, bangunan ini digunakan sebagai kantor kereta api. Namun, setelah Indonesia merdeka, bangunan ini digunakan oleh berbagai instansi pemerintah, termasuk Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keuangan.

Ketika berkunjung ke Lawang Sewu, pengunjung akan terpesona oleh arsitektur bangunan yang indah. Bangunan ini memiliki banyak pintu yang membuatnya sangat khas. Tak heran jika banyak orang yang berbicara tentang “pintu tak terhitung jumlahnya” yang ada di Lawang Sewu. Namun, jumlah sebenarnya adalah 928 pintu.

Di dalam bangunan, pengunjung dapat melihat berbagai hal menarik seperti lorong-lorong yang labirin, tangga yang memutar, dan balkon yang membentang. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat beberapa ruangan yang masih memiliki furniture asli dari masa lalu.

Fasilitas dan Aktivitas di Lawang Sewu

Lawang Sewu kini dikelola sebagai tempat wisata yang menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas bagi pengunjung. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti area parkir yang luas, mushola, dan café.

Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai aktivitas menarik seperti tur virtual, pemandangan dari atap, dan berkunjung ke museum sejarah yang ada di dalam bangunan. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati acara-acara spesial seperti pertunjukan musik dan tari tradisional.

Baca Juga!  Sketsa Batik: Memahami Seni Sketsa Batik Indonesia

Tips Berwisata di Lawang Sewu

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Lawang Sewu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengalaman berwisata menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips berwisata di Lawang Sewu:

  1. Datang pada waktu yang tepat: Lawang Sewu biasanya ramai dikunjungi pada hari libur dan akhir pekan. Untuk menikmati suasana yang lebih tenang, datanglah pada hari biasa atau pagi hari sebelum banyak pengunjung datang.
  2. Bawa peralatan fotografi: Lawang Sewu memiliki banyak sudut yang indah dan menarik untuk difoto. Bawa peralatan fotografi seperti kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen.
  3. Jangan lupa membaca sejarah: Lawang Sewu memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Baca sedikit sejarah tentang bangunan ini sebelum berkunjung agar dapat memahami dan menikmati kunjungan lebih banyak.
  4. Bersikap sopan dan hormat: Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah dan harus dihormati. Bersikap sopan dan tidak merusak fasilitas yang ada di dalam bangunan.

Dengan mengikuti tips berwisata di Lawang Sewu, pengunjung dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan dan memuaskan. Jangan lupa untuk membagikan foto dan cerita tentang kunjungan ke Lawang Sewu melalui media sosial.

FAQ

Berapa Jumlah Pintu Di Lawang Sewu?

Lawang Sewu pada waktu itu memiliki fasilitas percetakan dan fasilitas penjara. Baru setelah itu diperluas pada tahun 1916 dan 1918 dengan menambah jumlah kamarnya. Nama Lawang Sewu diambil dari bahasa Jawa yang berarti seribu pintu. Tapi apakah perlu memiliki seribu pintu? Totalnya 928 pintu

Mengapa Lawang Sewu Jadi Tempat Wisata Sejarah?

Beberapa tahun lalu, gedung peninggalan Belanda ini sangat populer terutama di kalangan warga kota Semarang. Bukan hanya karena sejarahnya yang panjang, arsitektur khas kolonial, tapi juga karena kisah-kisah seram yang menghantui gedung peninggalan Belanda ini. Waktu berlalu, Lawang Sewu kini berubah jadi tempat wisata sejarah.

Baca Juga!  Kearifan Lokal: 5 Faktor yang Membuat Bisa Bertahan Dalam Masyarakat

Dimana Lokasi Lawang Sewu?

Lokasi Lawang Sewu terdapat di sebelah timur Tugu Muda Semarang. Lokasi tepatnya adalah di pertemuan antara Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda. Rute untuk menuju lokasi Lawang Sewu sangatlah gampang. Bila menaiki kendaraan pribadi atau kendaraan umum, carilah arah atau angkot menuju Simpang Lima dan anda akan menemui gedung Lawang Sewu.

Apakah Lawang Sewu Bisa Dikunjungi Saat Malam Hari?

Buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 9 malam, Lawang Sewu bisa dikunjungi kapanpun. Apalagi saat ini sudah dipenuhi dengan lampu-lampu terang yang membuat nyaman dikunjungi saat malam hari. Baca : Destinasi wisata keluarga di Baturaden. 1. Max Coffee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *