Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi: Tujuan Utama dan Pentingnya dalam Perekonomian

×

Pertumbuhan Ekonomi: Tujuan Utama dan Pentingnya dalam Perekonomian

Sebarkan artikel ini
a person stacking coins on top of a table

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator penting dalam memperkirakan kemajuan kondisi perekonomian suatu negara. Tujuan utama adanya perhitungan pertumbuhan ekonomi adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memakmurkan negara. Oleh karena itu, penghitungan pertumbuhan ekonomi sangat bermanfaat bagi perekonomian suatu negara. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang pentingnya pertumbuhan ekonomi dalam perekonomian suatu negara.

Manfaat dari pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi memberikan manfaat yang besar bagi suatu negara. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengukur hasil pembangunan nasional. Hal ini menjadi penting bagi suatu negara untuk melihat apakah pembangunan yang telah dilakukan selama ini sudah berhasil meningkatkan kualitas masyarakat atau belum. Selain itu, penghitungan pertumbuhan ekonomi juga digunakan sebagai alat ukur kualitas tenaga kerja suatu negara.

Informasi survei suatu daerah juga dapat menjadi salah satu indikator penting untuk mengetahui ciri-ciri pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kenaikan pendapatan daerah tersebut menduduki urutan ke tiga dari delapan daerah, kenaikan pendapatan perkapita yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya, peningkatan kemakmuran mulai dirasakan oleh masyarakat, dan terjadi perubahan struktur ekonomi di masyarakat, semuanya merupakan ciri-ciri pertumbuhan ekonomi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diukur berdasarkan perkembangan teknik produksi, sarana distribusi, pasar, dan peradaban masyarakat. Dalam penentuan utama adanya pertumbuhan ekonomi, aspek tabungan dan investasi menjadi sebuah instrumen penting. Pendapat tersebut dikemukakan oleh Harrod-Domar.

Menurut Walt Whitman Rostow, pertumbuhan ekonomi suatu bangsa akan melalui tahap-tahap rumah tangga tertutup, rumah tangga kota, rumah tangga bangsa, dan rumah tangga dunia. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak bisa terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui tahap-tahap yang harus dilalui dengan baik.

Baca Juga!  Disagregasi Inflasi: Kunci untuk Menganalisis Tekanan Harga yang Sebenarnya

Pertumbuhan ekonomi menurut aliran Historis yaitu tukar menukar secara innatura, dengan perantara uang, dan dengan menggunakan kartu kredit. Pendapat ini dikemukakan oleh Gustav Von Schmoller. Dalam pandangan ini, tukar menukar melalui kartu kredit baru muncul sebagai bentuk kemajuan dalam teknologi keuangan.

Kesimpulan

Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator penting dalam memperkirakan kemajuan kondisi perekonomian suatu negara. Penghitungan pertumbuhan ekonomi sangat bermanfaat bagi perekonomian suatu negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *