Scroll untuk baca artikel
Rupa

Peran Mahasiswa dalam Merancang Penelitian Komunikasi Politik

Avatar
×

Peran Mahasiswa dalam Merancang Penelitian Komunikasi Politik

Sebarkan artikel ini
Peran Mahasiswa dalam Merancang Penelitian Komunikasi Politik

Hai teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang peran mahasiswa dalam merancang penelitian komunikasi politik. Sebagai mahasiswa, kita tentu dituntut untuk bisa merancang penelitian dengan baik, terutama jika mengambil bidang kajian komunikasi politik.

Merancang penelitian komunikasi politik bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pemahaman mendalam tentang teori dan konsep komunikasi politik, metode penelitian, hingga teknik analisis data. Namun jangan khawatir, dengan persiapan yang matang, kita pasti bisa merancang penelitian komunikasi politik dengan baik.

Melakukan Kajian Pustaka

Langkah pertama dalam merancang penelitian komunikasi politik tentu saja melakukan kajian pustaka. Di sini kita perlu mendalami teori dan konsep komunikasi politik dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian terdahulu. Beberapa teori komunikasi politik yang perlu dipelajari antara lain:

  • Teori komunikasi politik normatif – membahas idealisme dalam komunikasi politik
  • Teori komunikasi politik empiris – fokus pada fakta dan data komunikasi politik
  • Teori komunikasi politik kritis – mengkritisi relasi kuasa dalam komunikasi politik

Selain teori, kajian pustaka juga penting untuk mengetahui penelitian terdahulu terkait topik yang kita ambil. Kita bisa melihat metode, temuan, dan rekomendasi dari penelitian sebelumnya. Dengan begitu, kita bisa menemukan celah (gap) untuk diteliti lebih lanjut.

Misalnya, jika kita tertarik meneliti tentang peran media sosial dalam komunikasi politik, kita bisa mempelajari beberapa penelitian terdahulu terkait topik tersebut. Dari situ kita bisa menemukan celah yang belum diteliti, misalnya dampak hoaks di media sosial terhadap perilaku memilih pemilih milenial. Nah, inilah yang nantinya bisa kita jadikan sebagai rumusan masalah penelitian.

Baca Juga!  Peran Administrasi Publik dalam Era Globalisasi dan 3 Contoh dalam Kehidupan Bernegara

Merumuskan Masalah Penelitian

Setelah kajian pustaka, langkah selanjutnya adalah merumuskan masalah penelitian. Masalah penelitian harus dirumuskan dalam bentuk pertanyaan yang jelas, spesifik, dan terukur. Hal ini penting agar penelitian yang kita lakukan fokus dan mendalam.

Merumuskan Masalah Penelitian

Beberapa tips dalam merumuskan masalah penelitian:

  • Rumuskan dalam bentuk pertanyaan, bukan pernyataan
  • Gunakan kata tanya yang tepat (apa, mengapa, bagaimana)
  • Batasi lingkup kajian agar lebih fokus
  • Hindari rumusan yang terlalu umum atau luas

Contoh rumusan masalah penelitian komunikasi politik:

  • Bagaimana pola komunikasi politik di media sosial oleh kandidat Gubernur DKI Jakarta dalam Pemilu 2024?
  • Mengapa hoaks di media sosial berpengaruh terhadap perilaku memilih pemilih milenial pada Pemilu 2019?
  • Apa saja bentuk propaganda politik dalam iklan kampanye Partai A pada Pemilu Legislatif 2024?

Menentukan Metode Penelitian

Menentukan Metode Penelitian

Setelah merumuskan masalah, kita perlu menentukan metode penelitian yang tepat. Pemilihan metode penelitian harus disesuaikan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Beberapa metode penelitian komunikasi politik yang sering digunakan:

  • Survei – cocok untuk meneliti opini publik. Bisa menggunakan kuesioner.
  • Eksperimen – cocok untuk menguji hubungan sebab-akibat. Memerlukan kelompok kontrol.
  • Analisis isi media – cocok untuk menganalisis konten media. Gunakan koding untuk kategorisasi.
  • Etnografi – cocok untuk memahami budaya dalam konteks alamiah. Gunakan observasi dan wawancara mendalam.

Pilih metode yang paling sesuai dengan topik dan rumusan masalah penelitianmu. Jangan lupa juga tentukan unit analisis, populasi dan sampel, serta lokasi dan waktu penelitian.

Mengumpulkan Data

Setelah menentukan metode, kita bisa mulai mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data disesuaikan dengan metode yang dipilih. Beberapa teknik umum:

  • Survei – kuesioner, wawancara via telepon
  • Eksperimen – observasi perilaku kelompok eksperimen dan kontrol
  • Analisis isi – mencatat dan mengkoding konten media
  • Etnografi – observasi, wawancara mendalam
Baca Juga!  4 Karbohidrat Yang Tergolong Monosakarida

Pastikan instrumen dan prosedur pengumpulan data valid dan reliabel. Ikuti kaidah penelitian kualitatif atau kuantitatif dalam pengambilan dan pengolahan data.

Menganalisis Data

Data yang sudah dikumpulkan perlu dianalisis sesuai dengan jenis datanya. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif atau inferensial. Data kualitatif dianalisis secara induktif untuk menemukan pola dan tema.

Beberapa teknik analisis data dalam penelitian komunikasi politik:

  • Statistik deskriptif – frekuensi, mean, standar deviasi, tabulasi silang
  • Uji beda – t-test, ANOVA
  • Regresi dan korelasi
  • Analisis isi – frekuensi, arah, intensitas, ruang, waktu
  • Koding dan pengkategorian data kualitatif

Pastikan menggunakan software analisis data yang tepat seperti SPSS, Nvivo, atau Atlas.ti. Baca pedoman penggunaan software agar analisis berjalan lancar.

Menarik Kesimpulan dan Memberikan Rekomendasi

Langkah terakhir adalah menarik kesimpulan dan memberikan rekomendasi berdasarkan hasil analisis data. Kesimpulan harus menjawab rumusan masalah penelitian. Rekomendasi berisi saran untuk pihak terkait hasil penelitian.

Pastikan kesimpulan didukung oleh data dan analisis. Hindari opini pribadi yang tidak berdasar data. Rekomendasi juga harus logis dan applicable, jangan asal memberi saran.

Dengan merancang dan melaksanakan penelitian komunikasi politik dengan baik, kita sebagai mahasiswa dapat memberikan sumbangsih positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Semangat teman-teman!

Itulah pembahasan panjang lebar mengenai peran mahasiswa dalam merancang penelitian komunikasi politik. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel tentang metode penelitian komunikasi politik atau contoh analisis data komunikasi politik. Selamat mencoba menerapkan ilmu ini dan meneliti fenomena komunikasi politik di sekitarmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *