Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Avatar
×

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya
penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya - Photo by Towfiqu barbhuiya

Kurang tidur dapat memiliki banyak penyebab, termasuk tidak cukup tidur di malam hari, kondisi medis, dan minum obat tertentu. Beberapa orang mungkin juga lebih mungkin merasa mengantuk di siang hari jika mereka memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka bekerja shift malam atau jika mereka mengalami jet lag. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang untuk mencoba mengatasi rasa ngantuk yang sering terjadi, seperti tidur yang cukup di malam hari, berolahraga secara teratur, dan menghindari kafein.

Pendahuluan

Pada siang hari, orang mungkin merasa mudah mengantuk karena berbagai alasan. Salah satu alasannya mungkin karena mereka tidak cukup tidur di malam hari. Alasan lain mungkin karena mereka tidak beristirahat secara teratur di siang hari untuk mengistirahatkan mata dan tubuh mereka. Selain itu, obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kantuk, seperti halnya minum alkohol atau minuman berkafein.

Pilihan gaya hidup: bagaimana apa yang Anda lakukan di siang hari memengaruhi cara Anda tidur di malam hari

Kondisi medis

Mengantuk adalah gejala umum dari banyak kondisi medis. Ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti gangguan tidur, penyakit jantung, atau infeksi. Mengantuk juga bisa menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu. Jika Anda sering mengantuk di pagi hari, penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya rasa kantuk di siang hari. Tidur siang singkat dapat membantu, tetapi pastikan untuk tidak tidur siang lebih dari 30 menit setiap kali. Minum kafein juga dapat membantu, tetapi pastikan untuk membatasi asupan Anda tidak lebih dari 400 mg per hari. Atau minumlah air putih dan juga berolahraga secara teratur dan menghindari alkohol sebelum tidur juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari dan merasa lebih waspada di siang hari.

Baca Juga!  Manfaat Kopi Hitam Bagi Wanita

Obat obatan

Ada berbagai obat yang dapat menyebabkan kantuk sebagai efek samping. Beberapa obat umum yang dapat menyebabkan kantuk meliputi: antihistamin, antidepresan, dan obat tekanan darah.

Antihistamin sering digunakan untuk mengobati alergi atau gejala pilek dan dapat ditemukan di banyak obat bebas. Antihistamin bekerja dengan memblokir histamin, bahan kimia yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap alergen. Histamin dapat menyebabkan kantuk, jadi antihistamin juga dapat memiliki efek ini. Antidepresan adalah jenis obat lain yang dapat menyebabkan kantuk. Obat ini bekerja dengan mempengaruhi bahan kimia di otak yang mengatur suasana hati. Banyak orang yang menggunakan antidepresan melaporkan merasa lelah atau lelah sebagai efek samping dari obat tersebut. Obat tekanan darah juga diketahui penyebab sering mengantuk pada beberapa orang.

Pilihan pengobatan: cara menghilangkan kantuk di siang hari

Ada banyak kemungkinan perawatan untuk kantuk di siang hari, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika penyebabnya adalah kurang tidur di malam hari, pengobatan terbaik adalah dengan memperbaiki kebiasaan tidur seseorang. Ini mungkin termasuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, menghindari kafein dan alkohol sebelum tidur, dan menciptakan lingkungan yang tenang untuk tidur. Jika sleep apnea adalah penyebabnya, maka pilihan pengobatan termasuk penurunan berat badan, menghindari alkohol dan merokok, dan penggunaan mesin continuous positive airway pressure (CPAP) selama tidur. Narkolepsi dapat diobati dengan obat-obatan seperti stimulan atau sodium oxybate (Xyrem).

Kesimpulan: tips mengatasi sering ngantuk

Penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam agar merasa istirahat dan energik di siang hari. Namun, terkadang tidak peduli seberapa awal Anda pergi tidur, Anda mungkin masih merasa ngantuk di siang hari. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk cara mengatasinya dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Baca Juga!  Bagaimana Memilih Masker Komedo yang Tepat Untuk Anda
  1. Pastikan Anda tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam secara terus menerus. Jika Anda merasa susah tidur, cobalah tidur lebih awal atau tidur siang di siang hari.
  2. Cobalah untuk menghindari minum kafein di sore hari karena dapat mengganggu pola tidur Anda dan membuat Anda merasa lebih terjaga ketika Anda seharusnya mereda di malam hari.
  3. Pastikan kamar tidur Anda gelap dan sunyi sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas tidur terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *