Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Pentingnya Perilaku Kerja Guru dalam Memajukan Pendidikan Modern

Avatar
×

Pentingnya Perilaku Kerja Guru dalam Memajukan Pendidikan Modern

Sebarkan artikel ini
Pentingnya Perilaku Kerja Guru dalam Memajukan Pendidikan Modern

Halo teman-teman, kali ini saya ingin berbagi mengenai pentingnya perilaku kerja guru dalam memajukan pendidikan di era modern ini. Guru memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas pendidikan, terutama dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan informasi saat ini.

Penggunaan Teknologi

Salah satu tuntutan utama bagi guru saat ini adalah kemampuan mengimplementasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru dituntut bisa memanfaatkan berbagai platform dan aplikasi pembelajaran daring, seperti Google Classroom, Edmodo, Quizizz, dan lainnya.

Penggunaan teknologi ini sangat penting karena dapat memperluas jangkauan pembelajaran. Siswa bisa mengakses materi dan berdiskusi di luar kelas secara mandiri. Selain itu, penggunaan teknologi juga dapat meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa.

Misalnya dengan memanfaatkan kuis interaktif, video pembelajaran, hingga project kolaboratif secara daring. Siswa menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Keterampilan Berbasis Masalah

Selain penggunaan teknologi, guru modern juga dituntut mampu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah (problem solving skills) dan berpikir kritis pada siswa. Guru perlu menerapkan pendekatan pembelajaran yang mendorong kreativitas dan kemampuan analitis siswa.

Misalnya dengan memberikan tugas proyek yang menantang, studi kasus, atau pertanyaan terbuka yang memerlukan pemecahan masalah. Bukan sekedar menghafal fakta atau rumus. Dengan begitu, siswa dilatih untuk mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi, bukan sekadar mengingat. Keterampilan ini sangat diperlukan untuk menjawab tantangan di era modern.

Pembelajaran Kolaboratif

Selain itu, guru modern juga harus mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif. Artinya, guru mendorong siswa untuk saling belajar satu sama lain dan menghargai perbedaan perspektif.

Baca Juga!  Digitalisasi dalam Konteks Pendidikan

Misalnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif seperti Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI), Jigsaw, dan lainnya. Atau dengan memanfaatkan diskusi dan aktivitas kolaboratif daring menggunakan teknologi.

Pembelajaran kolaboratif ini berguna untuk melatih keterampilan komunikasi dan kerja sama siswa. Sangat penting dimiliki di era modern yang makin kompetitif ini.

Integritas dan Etika Profesional

Meski terdengar klise, integritas dan etika profesional guru tetap menjadi fondasi utama yang sangat penting. Guru harus konsisten dan konsekuen dalam menerapkan kode etik profesi, menjaga martabat dan citra positif pendidik.

Hal ini mencakup berbagai aspek perilaku guru, mulai cara berpakaian, berbicara, hingga menjaga rahasia pribadi siswa. Integritas dan etika yang baik memastikan guru memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan pendidikan.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Tantangan lain yang dihadapi guru modern adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu cepat. Guru dituntut untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan diri.

Misalnya dengan aktif mengikuti pelatihan, workshop, seminar, atau bahkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuannya agar guru tetap relevan dan mampu menjawab kebutuhan siswa di era globalisasi.

Jadi singkatnya, lifelong learning atau pembelajaran sepanjang hayat menjadi keniscayaan bagi guru modern.

Keteladanan dan Pembentukan Karakter

Terakhir tapi tak kalah penting, guru juga harus memberikan teladan dan contoh karakter positif bagi siswa. Sebab perilaku guru sangat berpengaruh dalam membentuk karakter siswa, baik buruknya.

Guru harus konsisten menerapkan nilai-nilai positif seperti kejujuran, kerja keras, toleransi, disiplin, dan lainnya. Baik dalam ucapan maupun tindakan sehari-hari. Dengan begitu, siswa akan meneladani dan menginternalisasi nilai-nilai baik tersebut.

Nah, itu dia beberapa peran penting yang harus diemban guru modern dalam memajukan mutu pendidikan. Mulai dari pemanfaatan teknologi, pengembangan keterampilan siswa, hingga teladan karakter positif.

Baca Juga!  5 Ciri-Ciri Kesepadanan dalam Kalimat: Kunci untuk Kalimat Efektif

Tentu masih banyak aspek lain yang perlu diperhatikan. Namun paling tidak, poin-poin di atas menjadi fondasi penting yang wajib diperhatikan guru.

Demikian artikel singkat saya mengenai perilaku kerja guru dalam pendidikan modern. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Jika tertarik untuk membahas lebih lanjut, silakan tinggalkan komentar di bawah. Atau kunjungi artikel terkait mengenai tantangan guru di era modern untuk informasi lebih lengkap.

Terima kasih dan salam pendidikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *