Scroll untuk baca artikel
Rupa

Cara Memilih Jasa Pengiriman Kargo Terbaik

Avatar
×

Cara Memilih Jasa Pengiriman Kargo Terbaik

Sebarkan artikel ini

Cargo merupakan layanan pengiriman barang yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan ekspedisi. Selain melayani pengiriman dalam negeri, jasa kargo umumnya juga digunakan untuk mengirim barang ke luar negeri.

Oleh karena itu, bagi Anda yang membutuhkan layanan kargo, penting untuk mengetahui hal-hal yang perlu dipahami sebelum menggunakan jasa tersebut. Berikut adalah informasinya.

Dalam istilah logistik, kargo merujuk pada layanan pengiriman barang yang memerlukan kendaraan besar, seperti pesawat, kapal laut, kereta, dan truk. Oleh karena itu, kendaraan besar menjadi flotilla utama karena mobil berukuran standar tidak cukup mampu untuk mengangkutnya.

Apa Itu Pengiriman Kargo?

Pengiriman kargo adalah suatu proses logistik yang penting dalam dunia bisnis dan perdagangan internasional. Layanan ini memungkinkan perusahaan dan individu untuk mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain, bahkan ketika lokasinya berada di luar negeri.

Terdapat beberapa jenis pengiriman kargo yang biasanya disesuaikan dengan jenis barang dan kecepatan pengiriman yang diinginkan. Beberapa jenis pengiriman utama melibatkan transportasi darat, air, dan udara. Pengiriman darat menggunakan truk dan kereta, sementara pengiriman air menggunakan kapal laut, dan pengiriman udara melibatkan pesawat.

Setiap layanan kargo memiliki persyaratan berat minimal dan maksimal serta batasan dimensi tertentu. Waktu pengiriman kargo juga dapat bervariasi tergantung jenis layanan yang dipilih dan lokasi pengiriman. Pengiriman darat biasanya memerlukan waktu lebih singkat dibandingkan pengiriman laut atau udara.

Baca Juga!  Mengapa Berita Hoaks Disebarluaskan di Media Sosial?

Memilih jasa ekspedisi yang berpengalaman dan terpercaya adalah langkah krusial dalam memastikan keamanan dan keberhasilan pengiriman. Membaca ulasan pelanggan, melakukan riset terhadap reputasi perusahaan, dan memeriksa lisensi adalah langkah-langkah yang dapat membantu pengirim membuat keputusan yang tepat.

Perbedaan Antara Kargo dan Pengiriman Reguler

Bagi mereka yang gemar berbelanja online, kemungkinan besar sudah familiar dengan dua jenis layanan pengiriman yang sering ditawarkan oleh situs belanja, yaitu pengiriman reguler dan kargo. Namun, apa sebenarnya perbedaan mendasar antara kedua layanan tersebut?

1. Jenis Barang

Sebagaimana kita ketahui, kargo adalah layanan pengiriman yang umumnya digunakan untuk distribusi barang berukuran besar, seperti kendaraan, perabotan, dan alat berat. Sebaliknya, pengiriman reguler lebih cocok untuk mengirim barang-barang kecil seperti pakaian, kosmetik, sepatu, peralatan masak kecil, barang elektronik kecil, dan lain sebagainya.

2. Berat Barang Minimal

Perusahaan ekspedisi biasanya menetapkan berat barang minimal yang dapat dikirim melalui layanan kargo, biasanya sekitar 5 kg. Sementara itu, pada pengiriman reguler, tidak ada persyaratan berat minimal yang harus dipenuhi.

3. Estimasi Waktu Pengiriman

Estimasi waktu pengiriman menggunakan layanan kargo berkisar antara 3 hingga 14 hari tergantung pada area pengiriman. Sebaliknya, pengiriman reguler cenderung lebih cepat, hanya memerlukan waktu dua hingga lima hari. Perbedaan ini dapat dimaklumi karena ukuran dan berat barang yang diangkut oleh layanan kargo memerlukan kehati-hatian ekstra agar barang sampai ke tujuan dengan selamat.

4. Jenis Pengiriman Kargo yang Tersedia

Keberagaman jenis pengiriman yang disediakan oleh layanan kargo juga menjadi pertimbangan penting. Jenis pengiriman dibagi berdasarkan karakteristik barang dan metode pengirimannya, memberikan opsi yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan pengirim.

Jenis Kargo Berdasarkan Karakteristik Barang

1. Dangerous Cargo

Jenis kargo ini dirancang khusus untuk mengirim barang beresiko tinggi, seperti:

  1. Barang mudah meledak (Petasan atau bom).
  2. Barang mudah menguap (zat kimia seperti hydrogen).
  3. Barang padat dan cair mudah terbakar (korek api, alkohol, atau minyak).
  4. Barang yang dapat membahayakan makhluk hidup jika terkena cahaya.
  5. Barang bersifat korosif.
  6. Barang berbahaya jika diangkut menggunakan transportasi udara.
  7. Barang berbahaya jika dihirup.
  8. Barang yang mengandung racun (pestisida).
Baca Juga!  Dampak Terjadinya Tekanan dan Deformasi Kerak Bumi

2. Special Cargo

Jenis pengiriman ini memerlukan perlakuan khusus untuk melindungi barang dari risiko dan kerusakan. Contoh termasuk:

  1. Hewan.
  2. Jenazah (tubuh atau abu).
  3. Barang mudah rusak (sayuran atau buah).
  4. Barang bernilai tinggi (emas).
  5. Barang dengan bau yang kuat.
  6. Organ tubuh manusia yang masih fungsional.

3. General Cargo

Barang yang termasuk dalam kategori general cargo adalah barang yang tidak memerlukan penanganan khusus. Ini meliputi furniture, kotak, barang elektronik, dan lainnya.

Mengapa Pengiriman Kargo Lebih Ekonomis?

Salah satu alasan yang membuat banyak orang memilih pengiriman kargo adalah karena biayanya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pengiriman reguler. Meskipun biaya pengiriman kargo tergolong lebih murah, banyak yang bertanya-tanya apakah pengiriman kargo aman atau tidak.

Untuk menjawab keraguan ini, dapat dipastikan bahwa pengiriman kargo tetap aman dan dapat diandalkan. Pertimbangan terkait biaya pengiriman yang lebih ekonomis ini mencuatkan pertanyaan mengapa pengiriman kargo dapat disediakan dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk memahami hal ini, mari simak penjelasan berikut.

1. Perhitungan Biaya

Pengiriman barang reguler biasanya menetapkan tarif berdasarkan berat paket (termasuk barang dan kemasan) per 1 kilogram. Sebaliknya, pengiriman kargo menggunakan perhitungan biaya per 10 kilogram. Oleh karena itu, dapat dimengerti bahwa pengiriman kargo akan lebih ekonomis jika berat paket mendekati atau melampaui 10 kilogram.

2. Modal Transportasi yang Efisien

Jika pengiriman reguler umumnya memanfaatkan truk-truk berukuran kecil, pengiriman kargo menggunakan truk yang lebih besar. Penggunaan truk dengan kapasitas lebih besar ini memungkinkan penghematan bahan bakar, karena paket yang dikirim mendekati atau mencapai batas maksimal berat angkutan truk.

Selain itu, pengiriman kargo cenderung membatasi jenis kendaraan pengangkutnya pada truk besar dan kapal laut. Sementara itu, pengiriman reguler dapat memanfaatkan berbagai jenis kendaraan, termasuk pesawat, yang tentu saja menambah biaya pengiriman.

Baca Juga!  4 Manfaat Vitamin A Untuk Bayi

Pilihan modal transportasi yang lebih efisien dan hemat biaya membuat pengiriman kargo menjadi opsi yang lebih terjangkau bagi mereka yang mengirimkan barang dalam jumlah besar atau berat. Meskipun harganya lebih ekonomis, pengiriman kargo tetap memberikan keamanan dan keandalan dalam proses pengirimannya.

Tips untuk Melakukan Pengiriman Kargo

Ketahui jenis barang yang akan Anda kirim untuk dapat memilih jenis layanan kargo yang sesuai dengan karakteristik barang dan metode pengirimannya. Selanjutnya, ukur berat barang Anda, mungkin saja barang tersebut dapat dikirim menggunakan pengiriman reguler yang lebih cepat.

Meskipun jasa ekspedisi telah berusaha menjaga keamanan barang, penting bagi Anda untuk menggunakan kemasan yang kokoh agar barang terhindar dari kerusakan. Jangan lupa untuk menempelkan stiker khusus jika barang yang dikirim termasuk barang pecah belah.

Penting untuk memilih jasa ekspedisi yang memiliki pengalaman untuk memastikan keamanan barang hingga tujuan. Beberapa metode pemilihan jasa ekspedisi yang dapat Anda terapkan antara lain bertanya kepada orang terdekat, membaca artikel, dan memeriksa ulasan konsumen yang telah menggunakan jasa ekspedisi tersebut sebelumnya.

Cek Ongkir Pengiriman Cargo Termurah di TrawLbens!

Saat mengirim barang dengan TrawLbens, Anda tidak perlu lagi bingung mengenai biaya pengiriman. Dengan layanan cek ongkir cargo yang canggih, TrawLbens memudahkan Anda untuk mengetahui estimasi biaya pengiriman secara transparan.

Cukup masukkan detail pengiriman Anda, dan dalam hitungan detik, Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang ongkos kirim cargo. Dengan kemudahan ini, TrawLbens memberikan kepercayaan dan keterbukaan kepada pelanggan, sehingga Anda dapat merencanakan pengiriman dengan lebih mudah dan efisien.

Tidak hanya itu, TrawLbens juga menyediakan opsi beragam untuk pengiriman cargo sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda memprioritaskan kecepatan atau menginginkan opsi pengiriman yang lebih ekonomis, TrawLbens memiliki solusi yang tepat.

Dengan cek ongkir cargo yang akurat dan pilihan pengiriman yang fleksibel, TrawLbens hadir untuk memastikan pengalaman pengiriman barang Anda menjadi lebih lancar dan terjangkau. Percayakan kebutuhan pengiriman cargo Anda kepada TrawLbens, dan rasakan kemudahan serta keandalan layanan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *