Scroll untuk baca artikel
Rupa

Panduan Lengkap Pengolahan dan Penyampaian Hasil AUM Umum

Avatar
×

Panduan Lengkap Pengolahan dan Penyampaian Hasil AUM Umum

Sebarkan artikel ini
Panduan Lengkap Pengolahan dan Penyampaian Hasil AUM Umum

Halo teman-teman konselor! Apakah kalian pernah mendengar tentang AUM Umum? Ya, itu lho, instrumen untuk mengungkap masalah-masalah yang dialami siswa. Nah, setelah mengadministrasikan AUM, tugas kita selanjutnya adalah mengolah hasilnya dan menyampaikannya dengan tepat. Yuk, kita bahas lebih dalam!

Apa itu AUM Umum?

Sebelum kita masuk ke cara pengolahan dan penyampaian hasil, mari kita ingat kembali apa itu AUM Umum. AUM Umum adalah salah satu jenis AUM yang digunakan untuk mengungkap masalah-masalah umum yang dialami oleh siswa. Instrumen ini terdiri dari sejumlah item pernyataan yang mencakup berbagai bidang masalah, seperti pribadi, sosial, belajar, dan karir.

Tujuan utama AUM Umum adalah membantu konselor memahami masalah yang dihadapi siswa sehingga dapat merancang layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, supaya hasil AUM Umum dapat dimanfaatkan secara optimal, pengolahan dan penyampaian hasilnya harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

Mengapa Pengolahan Hasil AUM Umum Itu Penting?

Bayangkan, kalian sudah susah payah mengumpulkan data masalah siswa lewat AUM. Masa iya, hasilnya tidak diolah dengan baik? Pengolahan hasil AUM itu penting banget, lho. Tujuannya supaya kita bisa:

  • Memahami masalah yang paling banyak dialami siswa
  • Mengetahui siswa mana yang paling butuh bantuan
  • Merancang program BK yang sesuai kebutuhan

Kalau hasil AUM tidak diolah dengan benar, kita jadi tidak punya dasar yang kuat untuk memberikan layanan BK. Bisa-bisa, layanan yang kita berikan tidak tepat sasaran.

Baca Juga!  Model Pembelajaran Problem Based Learning: Kunci Berpikir Kritis dan Kreatif

Langkah-Langkah Pengolahan Hasil AUM Umum

Nah, sekarang kita masuk ke tahap pengolahan. Tenang, tidak sulit kok. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan kunci jawaban AUM Umum
  2. Koreksi jawaban siswa berdasarkan kunci jawaban
  3. Beri skor pada setiap pilihan jawaban (pilihan 1 skor 2, pilihan 2 skor 1, pilihan 3 skor 0)
  4. Hitung skor per bidang masalah dengan menjumlahkan skor item-item dalam bidang tersebut
  5. Identifikasi bidang masalah yang paling berat (skor tertinggi) untuk setiap siswa
  6. Hitung jumlah masalah per bidang dari seluruh responden

Mudah bukan? Kalian bisa mengolahnya secara manual atau pakai program komputer. Yang penting, lakukan dengan teliti ya.

Tips Pengolahan Hasil AUM

Supaya hasil pengolahan akurat dan bermanfaat, ingat tips-tips berikut:

  • Lakukan pengolahan maksimal 1 minggu setelah pengadministrasian
  • Pastikan masalah yang terungkap adalah masalah siswa saat ini (azas kekinian)
  • Periksa kembali pekerjaan kalian supaya tidak ada yang terlewat

Penyampaian Hasil AUM Umum

Setelah diolah, hasil AUM harus disampaikan kepada pihak-pihak terkait. Tapi ingat, jangan sembarangan menyampaikannya ya. Ada etika yang harus diperhatikan, seperti:

PihakCara Penyampaian
Seluruh siswaInformasi umum tentang masalah yang banyak dialami, tanpa menyebut nama
Siswa yang bersangkutanSecara individual dan rahasia, sebagai dasar konseling
Pihak sekolahSecara umum sebagai dasar penyusunan program BK

Penyampaian hasil harus dilakukan secepatnya setelah pengolahan selesai. Semakin cepat disampaikan, semakin cepat pula masalah siswa tertangani.

Infografis Penyampaian Hasil AUM

Sebagai contoh, misalnya dari hasil pengolahan diketahui bahwa masalah belajar adalah yang paling banyak dialami siswa. Informasi ini dapat disampaikan kepada seluruh siswa, misalnya melalui papan pengumuman atau saat apel pagi.

Sementara untuk siswa yang skornya tinggi di bidang masalah belajar, hasil AUM disampaikan secara individual. Konselor dapat memanggil siswa tersebut untuk konseling dan mencari solusi bersama.

Baca Juga!  Sepeda Motor Listrik Murah Tahun 2022

Pemanfaatan Hasil AUM untuk Program BK

Nah, setelah disampaikan, hasil AUM jangan hanya jadi pajangan ya. Manfaatkan hasil tersebut sebagai dasar penyusunan program BK. Misalnya:

  • Merancang materi layanan informasi sesuai bidang masalah yang banyak dialami siswa
  • Membentuk kelompok bimbingan berdasarkan kesamaan masalah
  • Memberikan layanan penempatan dan penyaluran, misalnya untuk pemilihan jurusan
  • Menentukan siswa yang perlu diprioritaskan untuk konseling individual

Dengan memanfaatkan hasil AUM, program BK kita akan lebih efektif dan efisien karena sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kesimpulan

Jadi, teman-teman, pengolahan dan penyampaian hasil AUM Umum itu penting banget dalam layanan BK. Lakukan pengolahan dengan teliti, sampaikan hasilnya dengan bijak, dan jangan lupa manfaatkan untuk penyusunan program.

Dengan begitu, kita bisa membantu siswa mengatasi masalahnya dan mencapai perkembangan optimal. Semangat memberikan layanan BK yang terbaik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *