Scroll untuk baca artikel
Rupa

Musik Non-Tradisional: Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

×

Musik Non-Tradisional: Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

Sebarkan artikel ini

Kamu mungkin sudah akrab dengan musik tradisional Indonesia seperti gamelan, gending, dan keroncong. Namun, tahukah kamu bahwa Indonesia juga memiliki musik non-tradisional yang tak kalah menarik? Pada artikel ini, kami akan membahas pengertian, sejarah, dan contoh musik non-tradisional di Indonesia.

Pengertian Musik Non-Tradisional

Musik non-tradisional adalah jenis musik yang tidak memiliki akar budaya yang kuat dalam masyarakat tertentu. Musik ini biasanya berasal dari pengaruh luar seperti musik Barat, India, atau Timur Tengah. Musik non-tradisional seringkali memiliki elemen-elemen yang berbeda dari musik tradisional, seperti harmoni, melodi, dan instrumen yang digunakan.

Sejarah Musik Non-Tradisional di Indonesia

Sejarah musik non-tradisional di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda. Pada saat itu, musik Barat mulai masuk dan mempengaruhi musik lokal. Pada tahun 1920-an, musik jazz mulai populer di Indonesia dan memicu lahirnya musisi-musisi jazz Indonesia seperti Jack Lesmana dan Bubi Chen.

Pada tahun 1960-an, musik rock mulai populer di Indonesia dan memicu lahirnya band-band seperti Koes Plus dan God Bless. Selain itu, musik India juga mempengaruhi musik Indonesia pada masa itu, terutama dalam hal melodi dan instrumen.

Baca Juga!  Mengapa Jumlah Tenaga Kesehatan Di Papua Barat Jauh Lebih Sedikit Dibandingkan Dengan Wilayah Indonesia Bagian Barat

Contoh Musik Non-Tradisional di Indonesia

  1. Jazz
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jazz adalah salah satu jenis musik non-tradisional yang populer di Indonesia. Musik ini memiliki improvisasi yang kuat dan seringkali menggunakan instrumen seperti saxophone, trumpet, dan double bass.
  2. Rock
    Musik rock juga populer di Indonesia dan memiliki penggemar yang loyal. Beberapa band rock Indonesia yang terkenal antara lain Slank, Sheila on 7, dan Dewa 19.
  3. Dangdut
    Dangdut adalah jenis musik yang berasal dari Indonesia dan memiliki pengaruh dari musik India dan Melayu. Musik ini biasanya dimainkan dengan instrumen seperti gendang, keyboard, dan gitar.

FAQ

Apa perbedaan antara musik tradisional dan non-tradisional?

Musik tradisional memiliki akar budaya yang kuat dalam masyarakat tertentu, sementara musik non-tradisional biasanya berasal dari pengaruh luar.

Apa saja jenis musik non-tradisional yang populer di Indonesia?

Beberapa jenis musik non-tradisional yang populer di Indonesia antara lain jazz, rock, dan dangdut.

Siapakah musisi jazz Indonesia yang terkenal?

Beberapa musisi jazz Indonesia yang terkenal antara lain Jack Lesmana dan Bubi Chen.

Kesimpulan

Musik non-tradisional di Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan beragam. Beberapa jenis musik non-tradisional yang populer di Indonesia antara lain jazz, rock, dan dangdut. Meskipun berbeda dengan musik tradisional, musik non-tradisional juga memiliki daya tariknya sendiri dan terus berkembang hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *