Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk nipis

×

4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk nipis

Sebarkan artikel ini
menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis – Jeruk nipis adalah buah yang bagus yang dapat digunakan untuk banyak hal, salah satunya adalah menghilangkan ketombe. Jus jeruk nipis dapat membantu mengurangi ketombe dengan membersihkan kulit kepala dan menyeimbangkan tingkat pH. Ia juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mencegah munculnya ketombe datang kembali.

Pendahuluan

Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kulit kering, kulit berminyak, atau reaksi terhadap produk rambut tertentu. Hal ini ditandai dengan pengelupasan dan gatal-gatal pada kulit kepala.

Meskipun ketombe tidak berbahaya, itu bisa memalukan dan sulit untuk dihilangkan. Untungnya, ada sejumlah pengobatan rumahan yang dapat membantu. Salah satu obat tersebut adalah dengan menggunakan air jeruk nipis.

Jus jeruk nipis memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami untuk dapat membantu mengendalikan ketombe. Cukup pijat perasan jeruk nipis ke kulit kepala Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya. Ulangi perawatan ini beberapa kali seminggu sampai ketombe Anda terkendali.

Apa penyebab ketombe

Ada banyak penyebab ketombe yang berbeda, termasuk untuk kulit kering, kulit berminyak, jamur, dan kondisi kulit kepala lainnya.

Kulit kering adalah penyebab paling umum dari ketombe. Ketika kulit di kulit kepala Anda kering, itu bisa menyebabkan pengelupasan dan gatal-gatal. Anda mungkin lebih cenderung memiliki kulit kering jika Anda tinggal di iklim yang kering, atau jika Anda tidak cukup sering mencuci rambut.

Baca Juga!  3 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Kulit berminyak adalah penyebab umum ketombe lainnya. Ketika kelenjar sebaceous di kulit kepala Anda menghasilkan terlalu banyak minyak, itu dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati di kulit kepala Anda. Ini dapat menyebabkan pembentukan serpihan dan gatal.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe

Bagian 1: campur air jeruk nipis dengan air

Jus jeruk nipis adalah antiseptik alami, yang menjadikannya obat rumah yang efektif untuk ketombe. Untuk menggunakan air jeruk nipis untuk mengatasi ketombe, campurkan air jeruk nipis dan minyak kelapa air dengan perbandingan yang sama. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda dan pijat selama beberapa menit sebelum membilasnya. Ulangi proses ini sekali atau dua kali seminggu sampai ketombe Anda hilang.

Bagian 2: pijat ke kulit kepala

Jeruk nipis tidak hanya efektif menghilangkan ketombe, tetapi juga dapat membantu memijat kulit kepala. Ini akan merangsang aliran darah dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk menggunakan jeruk nipis untuk tujuan ini, cukup potong jeruk nipis menjadi dua dan gosokkan ke kulit kepala selama beberapa menit. Kemudian, keramas dan kondisikan seperti biasa.

Bagian 3: biarkan selama 15 menit

Jeruk nipis tidak hanya efektif menghilangkan ketombe, tetapi juga memiliki manfaat lain untuk rambut Anda. Jeruk nipis dapat membantu memperkuat rambut Anda, membuatnya lebih kecil kemungkinannya untuk patah dan rontok. Jeruk nipis juga memiliki sifat antijamur, yang dapat membantu mencegah ketombe datang kembali.

Untuk menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe, cukup pijat perasan jeruk nipis ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan ini seminggu sekali sampai ketombe Anda hilang.

Baca Juga!  7 Manfaat Latihan Memutar Badan untuk Kesehatan Luar Biasa Anda

Bagian 4: bilas dengan air dingin

Setelah Anda membiarkan air jeruk nipis di kulit kepala Anda selama sekitar 15 menit, sekarang saatnya untuk membilasnya. Pastikan untuk menggunakan air dingin, karena air panas justru dapat memperburuk ketombe. Air dingin akan membantu menenangkan kulit kepala dan menutup pori-pori untuk hasil lebih baik. Jika Anda tahan, cobalah membilasnya dengan air es untuk dorongan ekstra.

Kesimpulan: menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Ada banyak cara berbeda untuk menghilangkan ketombe, tetapi salah satu cara paling alami adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki sifat anti jamur yang dapat membantu menghilangkan jamur penyebab ketombe dan memperbaiki kondisi kulit secara langsung. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur jus dari satu jeruk nipis dengan air dan pijat ke kulit kepala Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas. Anda dapat melakukan ini sekali atau dua kali seminggu sampai ketombe Anda hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *