Mengapa Kualitas Penduduk Afrika Rendah?

Lili Zulaika

Mengapa Kualitas Penduduk Afrika Rendah

Hai teman, apa kabar? Kemarin kita ngobrol soal kondisi di Benua Afrika kan. Nah, hari ini gue mau jelasin lebih detail tentang salah satu masalah di sana, yaitu rendahnya kualitas penduduk.

Lo pasti bertanya-tanya, emangnya kenapa sih kualitas penduduk di Afrika bisa rendah gitu? Nah, setelah gue riset, ada 3 faktor utama yang bikin kualitas penduduk Afrika jadi rendah dibanding benua lain. Yuk kita bahas satu per satu!

1. Kondisi Alam yang Ekstrim

Faktor pertama yang bikin kualitas penduduk Afrika rendah adalah kondisi alamnya yang ekstrim banget. Sebagian besar wilayah Afrika itu padang pasir atau gurun gitu loh.

Gurun Sahara di Afrika

Nah gimana sih rasanya tinggal di gurun pasir yang panasnya luar biasa kayak gitu? Pasti berat banget ya. Apalagi kalo musim kemarau, bisa makin panas dan gersang.

Kondisi alam kayak gini jelas bikin hidup penduduk Afrika jadi sulit. Mereka susah mendapatkan air bersih, makanan, tempat tinggal, dll. Makanya wajar aja kalo kualitas hidup mereka jadi rendah.

2. Harapan Hidup yang Pendek

Faktor kedua adalah rendahnya harapan hidup rata-rata penduduk Afrika. Menurut data dari WHO, rata-rata harapan hidup di Afrika pada tahun 2022 adalah 64,98 tahun.

BenuaHarapan Hidup Rata-rata
Afrika64,98 tahun
Asia74,51 tahun
Eropa78,33 tahun
Amerika Utara79,11 tahun
Tabel: Perbandingan Harapan Hidup Rata-Rata per Benua

Dari tabel di atas keliatan kan kalau harapan hidup rata-rata orang Afrika jauh lebih pendek ketimbang benua lain? Nah ini salah satu indikator rendahnya kualitas kesehatan dan gizi penduduk Afrika.

Baca Juga!
Rahasia Sehat dan Segar dengan Jus Mix 2 Buah Berkualitas Tinggi

Banyak penduduk Afrika yang meninggal di usia muda karena penyakit menular, kelaparan, dll. Kondisi ini jelas bikin kualitas penduduknya jadi rendah dong.

3. Tingkat Pendidikan Rendah

Faktor ketiga yang bikin kualitas penduduk Afrika rendah adalah masih tingginya angka buta huruf dan rendahnya tingkat pendidikan.

Menurut data UNESCO, sekitar 40% penduduk Afrika masih buta huruf. Selain itu, rata-rata lama sekolah penduduk Afrika hanya sekitar 6 tahun.

Akibatnya banyak penduduk Afrika yang gaptek, kurang terampil, dan minim pengetahuan. Makanya wajar aja kalo kualitas SDM-nya rendah banget dibanding negara maju.

Nah itu dia 3 faktor utama yang bikin kualitas penduduk di Benua Afrika jadi rendah teman. Semoga pembahasan kali ini bisa nambah wawasan kita tentang kondisi di Benua Afrika ya!

Oh iya, kalo tertarik baca lebih lanjut soal kondisi di Afrika, bisa cek artikel 10 Fakta Unik tentang Benua Afrika juga loh. Oke deh, sekian dulu penjelasan dari gue. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya!

Also Read

Bagikan:

Lili Zulaika

Lili Zulaikah adalah seorang penulis berwawasan luas yang lulusan sarjana komunikasi. Dia memiliki hobi nongkrong dan menyukai kopi. Lili mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang informatif dan menginspirasi dengan gaya yang santai dan menghibur. Profilnya yang berwawasan luas dan gaul menjadikannya sebagai penulis yang dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar