Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Mengapa Guru Perlu Menguasai Dengan Baik Keterampilan Dasar Mengajar dalam Pembelajaran Terpadu?

×

Mengapa Guru Perlu Menguasai Dengan Baik Keterampilan Dasar Mengajar dalam Pembelajaran Terpadu?

Sebarkan artikel ini
Mengapa Guru Perlu Menguasai Dengan Baik Keterampilan Dasar Mengajar dalam Pembelajaran Terpadu

Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran terpadu bertujuan agar siswa dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahami.

Agar pembelajaran terpadu dapat terlaksana dengan baik, guru dituntut untuk menguasai keterampilan dasar mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah kemampuan atau kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh guru untuk melaksanakan tugas mengajarnya secara efektif dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa guru perlu menguasai dengan baik keterampilan dasar mengajar dalam menerapkan pembelajaran terpadu:

1. Membuka dan menutup pelajaran

Keterampilan membuka dan menutup pelajaran penting agar guru dapat memotivasi siswa di awal pembelajaran dan membuat rangkuman serta menyimpulkan materi di akhir pembelajaran.

Dalam membuka pelajaran, guru perlu menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, dan memberi acuan dengan mengaitkan pelajaran sekarang dengan pelajaran sebelumnya.

Sedangkan dalam menutup pelajaran, guru perlu membuat rangkuman inti pelajaran, mengevaluasi dengan bertanya jawab, dan memberikan pesan moral atau nasihat.

2. Keterampilan bertanya

Keterampilan bertanya diperlukan agar terjadi interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran. Melalui pertanyaan, guru dapat mengetahui pemahaman siswa dan mengarahkan siswa untuk berpikir kritis.

Keterampilan bertanya

Dalam pembelajaran terpadu, keterampilan bertanya sangat penting agar siswa dapat menghubungkan konsep dari berbagai mata pelajaran.

3. Keterampilan memberi penguatan

Penguatan diberikan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Bentuk penguatan bisa berupa pujian, hadiah, nilai, dan lainnya.

Baca Juga!  Perkembangan Psikomotorik Dasar pada Anak dan Hubungan dengan Track and Field

Dengan memberikan penguatan, siswa akan termotivasi untuk aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu.

4. Keterampilan mengadakan variasi

Variasi dalam pembelajaran terpadu dapat dilakukan guru dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Tujuannya agar siswa tidak bosan selama pembelajaran.

Keterampilan mengadakan variasi

Variasi juga bisa dilakukan dengan mengubah gaya mengajar, pola interaksi guru dan siswa, maupun dengan mengubah formasi tempat duduk.

5. Keterampilan menjelaskan

Guru perlu memiliki keterampilan menjelaskan agar dapat menyampaikan materi pelajaran dengan sistematis dan mudah dipahami siswa.

Penjelasan yang baik dan benar dari guru sangat penting dalam pembelajaran terpadu agar siswa dapat memahami keterkaitan konsep dari berbagai mata pelajaran.

6. Keterampilan membimbing diskusi

Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil diperlukan agar guru dapat memantau pemahaman masing-masing siswa.

Diskusi kelompok juga penting dalam pembelajaran terpadu agar siswa dapat saling bertukar pikiran dan menemukan keterkaitan konsep antar mata pelajaran.

7. Keterampilan mengelola kelas

Keterampilan mengelola kelas diperlukan agar suasana belajar menjadi kondusif. Guru harus dapat menciptakan iklim belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Pengelolaan kelas yang baik memungkinkan terciptanya interaksi dan kerja sama yang optimal antar siswa dalam pembelajaran terpadu.

8. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan

Keterampilan ini memberi kesempatan guru untuk memonitor pembelajaran tiap siswa dan memberikan umpan balik personal.

Dalam pembelajaran terpadu, keterampilan ini memungkinkan guru membimbing siswa secara individu dalam memahami keterkaitan konsep antar mata pelajaran.

Penutup

Dengan menguasai keterampilan dasar mengajar, guru dapat melaksanakan pembelajaran terpadu secara efektif. Keterampilan dasar mengajar tersebut meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membimbing diskusi, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

Baca Juga!  Kurikulum Nasional 2024: Harapan Baru Pendidikan Indonesia

Guru yang menguasai keterampilan dasar mengajar dengan baik mampu menciptakan pembelajaran terpadu yang bermakna bagi siswa. Siswa menjadi termotivasi dan mampu memahami keterkaitan konsep dari berbagai mata pelajaran secara utuh. Dengan demikian, implementasi pembelajaran terpadu di sekolah dapat berjalan secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *