Scroll untuk baca artikel
Rupa

Mengapa Artikulasi Itu Penting Saat Berpidato?

×

Mengapa Artikulasi Itu Penting Saat Berpidato?

Sebarkan artikel ini
Mengapa Artikulasi Itu Penting Saat Berpidato

Pernahkah kamu mendengarkan seseorang berpidato dengan artikulasi yang buruk? Kata-katanya tidak begitu jelas, suaranya terlalu pelan, atau logatnya terlalu kental sehingga susah dimengerti. Pasti rasanya kurang enak dan membosankan ya mendengarkan pidato seperti itu. Nah, itulah pentingnya memperhatikan artikulasi saat berpidato.

Artikulasi adalah cara seseorang mengucapkan kata-kata dengan jelas dan tepat. Orang yang artikulasinya baik mampu mengucapkan kata demi kata dengan tegas dan mudah ditangkap maknanya oleh pendengar. Sebaliknya, orang dengan artikulasi buruk cenderung tidak begitu memperhatikan cara bicaranya, akibatnya susah dipahami oleh orang lain.

Nah, kenapa sih artikulasi ini penting untuk diperhatikan saat berpidato? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Agar Pesan Lebih Mudah Dipahami

Tujuan utama berpidato tentu agar pesan yang disampaikan bisa dipahami oleh pendengar. Salah satu kuncinya adalah artikulasi yang baik dan jelas.

gambar orang sedang berpidato

Bayangkan jika kamu berpidato di depan ratusan orang, tapi ngomongnya tidak jelas dan pelan. Mana mungkin seluruh pendengar bisa menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan kan?

Maka dari itu, latih artikulasi dengan mengucapkan kata per kata secara tegas. Volume suara juga harus disesuaikan dengan ruangan dan jumlah pendengar. Dengan begitu, isi pidatomu akan lebih mudah dicerna oleh semua orang.

“Pidato yang baik bukan tentang berapa kencang dan cepat kita bicara, tapi seberapa jelas dan mudah dimengerti pesan yang kita sampaikan.” (Penulis)

2. Menunjukkan Profesionalisme

Salah satu kunci tampil percaya diri saat berpidato adalah menunjukkan profesionalisme, salah satunya lewat artikulasi yang baik.

Orang yang artikulasinya bagus biasanya sudah mempersiapkan pidatonya dengan matang. Ia tahu persis apa yang akan disampaikan dan sudah berlatih berulang kali.

Akibatnya, saat tampil di depan banyak orang pun ia bisa tetap tenang dan menyampaikan pesannya dengan jelas. Tentu saja hal ini akan membuatnya terlihat profesional dan percaya diri.

Sebaliknya, orang yang artikulasinya buruk cenderung menunjukkan ketidaksiapan dan kurang percaya diri. Ia mungkin grogi, bicaranya terbata-bata, atau logatnya terlalu kental hingga susah dimengerti.

“Persiapan matang ditunjukkan lewat penampilan yang tenang dan artikulasi yang jelas saat berpidato.”

3. Menghindari Kesalahpahaman

Selain agar mudah dipahami, artikulasi yang baik juga penting untuk menghindari kesalahpahaman dari pendengar.

Bayangkan jika kamu mengucapkan kata “besar” tapi yang terdengar oleh pendengar adalah “kecil”. Tentu akan sangat membingungkan dan berpotensi salah paham kan?

Nah, dengan memperhatikan artikulasi, setiap kata yang diucapkan akan terdengar dengan jelas sehingga risiko kesalahpahaman bisa diminimalisir.

4. Melatih Otot Wajah dan Lidah

Ternyata artikulasi yang baik juga bisa melatih otot-otot wajah dan lidah lho.

Saat berbicara, otot wajah seperti bibir, rahang, dan lidah bergerak secara terkoordinasi untuk menghasilkan suara. Jika artikulasinya buruk, gerakan otot-otot ini menjadi kurang optimal.

Maka dari itu, dengan secara rutin melatih artikulasi saat berpidato, otot-otot wajah dan lidah akan semakin terlatih. Gerakannya menjadi lebih fasih sehingga pengucapan kata-kata pun semakin jelas.

5. Memperjelas Makna

Kadang kala artikulasi yang buruk justru dapat mengaburkan makna dari apa yang diucapkan.

Misalnya, kata “ramah” dan “ramas” terdengar hampir sama jika tidak diartikulasikan dengan jelas. Padahal dua kata itu memiliki makna yang sangat berbeda.

Oleh karena itu, artikulasi harus diperhatikan agar setiap kata yang diucapkan bisa terdengar jelas. Dengan begitu, makna yang ingin disampaikan pun akan semakin tegas.

6. Menunjukkan Kesopanan

Ternyata artikulasi yang jelas juga mencerminkan kesopanan pembicara lho.

Saat kita berbicara dengan artikulasi yang buruk, misalnya dengan suara pelan, tidak jelas, atau terlalu cepat, hal itu seolah meremehkan pendengar.

Seakan-akan kita tidak peduli apakah lawan bicara kita paham atau tidak dengan ucapan kita. Tentu sikap seperti ini sangat tidak sopan kan?

Maka dari itu, perhatikan juga artikulasi saat berbicara, termasuk saat berpidato. Hal ini menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kita kepada para pendengar.

7. Meningkatkan Daya Tarik

Siapa sih yang nggak mau tampil menarik dan karismatik saat berpidato? Nah, salah satu triknya adalah dengan meningkatkan artikulasi.

Saat artikulasi kita bagus, cara bicara akan terdengar lebih enak, mengalir, dan mudah dicerna. Akibatnya, penampilan kita saat berpidato pun jadi lebih menarik.

Sebaliknya, jika artikulasi buruk, cara bicara jadi tersendat-sendat dan membosankan. Pesan yang disampaikan pun susah ditangkap. Otomatis daya tarik kita di mata pendengar akan berkurang.

“Artikulasi yang baik membuat penampilan saat berpidato lebih menarik dan karismatik.”

8. Memperkuat Ekspresi Emosi

Saat berpidato, biasanya kita perlu menyisipkan ekspresi emosi agar pesan lebih mudah diterima. Misalnya dengan berbicara tegas, meninggi, atau memelankan suara di bagian-bagian tertentu.

Nah, di sinilah artikulasi berperan penting. Jika artikulasinya buruk, ekspresi emosi yang ingin disampaikan bisa tidak terlihat.

Sebaliknya dengan artikulasi yang bagus, pengaturan tempo, tekanan, dan dinamika bicara bisa dilakukan secara optimal. Hasilnya, ekspresi emosi yang ingin ditonjolkan akan terlihat jelas.

9. Mencerminkan Kemampuan Berpikir Logis

Ternyata artikulasi yang fasih juga mencerminkan kemampuan berpikir logis lho.

Orang yang cara bicaranya lancar dan artikulasinya baik biasanya memiliki alur pikiran yang runtut. Ia mampu menyusun ide dengan logis di dalam benaknya sebelum mengucapkannya lewat kata-kata.

Sebaliknya, orang yang artikulasinya kacau mungkin juga memiliki alur berpikir yang tidak begitu runtut. Kata-kata yang diucapkan terkesan asal keluar tanpa filter dan susunan yang logis.

“Cara berbicara mencerminkan cara berpikir.”

10. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Last but not least, artikulasi yang baik tentu akan membuat Anda lebih percaya diri saat berpidato.

Saat bisa menyampaikan kata demi kata dengan jelas dan lancar, tentu rasa percaya diri akan lebih tinggi dibandingkan jika terbata-bata dan tidak jelas.

Rasa percaya diri yang tinggi ini penting agar Anda bisa berpidato dengan rileks, tenang, dan menguasai pendengar. Jadi jangan remehkan urusan artikulasi ya!

Itu dia 10 alasan pentingnya artikulasi saat berpidato. Jadi, mulai sekarang perhatikan cara bicara Anda, terutama saat tampil berpidato ya. Dengan artikulasi yang baik, penampilan Anda pasti akan jauh lebih mengesankan!

Baca Juga!  Steward: Profesi Penting di Industri Penerbangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *