Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Penyebab Sering Mengantuk Di Pagi Hari

Avatar
×

Penyebab Sering Mengantuk Di Pagi Hari

Sebarkan artikel ini
mengantuk di pagi hari
mengantuk di pagi hari - Photo by Cris Saur

Ada banyak faktor berbeda yang dapat berkontribusi untuk merasa mengantuk di pagi hari. Bisa jadi karena kebiasaan tidur seseorang, pola makannya, atau bahkan kondisi mentalnya. Seringkali, orang yang merasa mengantuk di pagi hari tidak cukup tidur di malam hari. Hal ini dapat disebabkan oleh jam kerja yang larut atau sulit tidur. Penyebab kantuk lainnya di pagi hari adalah minum alkohol sebelum tidur, yang mengganggu kualitas tidur.

Pendahuluan: Mengapa kita merasa mengantuk di pagi hari?

Kita sering merasa ngantuk di pagi hari karena sebagian besar malam kita habiskan untuk tidur. Tubuh kita dirancang untuk tidur sekitar delapan jam setiap malam, dan ketika kita tidak cukup tidur, kita bisa merasa lelah di siang hari yang menjadikan hidup yang tidak sehat.

Ada sejumlah faktor berbeda yang dapat berkontribusi untuk merasa mengantuk di pagi hari, termasuk:

  • Tidak cukup tidur: Jika Anda secara teratur tidak cukup tidur, tubuh Anda akan mulai merasa lelah di siang hari. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar delapan jam tidur per malam.
  • Tidur pada waktu yang salah: Tubuh kita memiliki jam internal, yang dikenal sebagai ritme sirkadian, yang mengatur kapan kita merasa terjaga dan saat kita merasa mengantuk. Jika Anda sering tidur larut malam atau bangun tidur pagi-pagi sekali, tubuh Anda akan kesulitan menyesuaikan diri dan Anda mungkin merasa lelah di siang hari.
Baca Juga!  4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk nipis

Bagian 1: Efek Samping Obat

Dengan asumsi Anda menginginkan bagian yang membahas efek samping obat obatan yang dapat menyebabkan kantuk di pagi hari:

Ada berbagai obat yang untuk menghilangkan kantuk sebagai efek samping yang umum. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, antihistamin, antidepresan, dan obat tekanan darah. Dalam kebanyakan kasus, rasa kantuk akan hilang setelah beberapa hari atau minggu pertama minum obat saat cairan tubuh Anda menyesuaikan diri. Namun, jika kantuk berlanjut atau parah, bicarakan dengan dokter Anda tentang menyesuaikan dosis Anda atau beralih ke obat lain.

Selain itu, banyak obat pilek dan flu yang dijual bebas mengandung antihistamin yang juga dapat menyebabkan kantuk. Pastikan untuk membaca label dengan cermat sebelum minum obat apa pun dan selalu ikuti dosis yang dianjurkan.

Bagian 2: Hormon dan Irama Sirkadian

Tidur malam yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan yang optimal, tetapi banyak orang merasa sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup. Ada beberapa alasan mengapa orang merasa mengantuk di siang hari, termasuk perubahan hormonal dan ritme sirkadian.

Perubahan hormon dapat memengaruhi seberapa mengantuk seseorang di siang hari. Misalnya, kadar hormon melatonin meningkat di malam hari, yang membuat orang merasa mengantuk. Tingkat kortisol, hormon lain, meningkat di pagi hari, yang dapat membuat orang merasa lebih terjaga dan waspada. Perubahan hormon dapat disebabkan oleh stres, kehamilan, menopause, dan faktor lainnya.

Ritme sirkadian adalah alasan lain mengapa orang mungkin merasa mengantuk di siang hari. Ritme sirkadian alami membuat tubuh diatur oleh paparan cahaya. Saat di luar gelap, tubuh memproduksi lebih banyak hormon melatonin, yang membuat orang merasa mengantuk.

Baca Juga!  Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Bagian 3: Kebiasaan Tidur yang Buruk

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kantuk di pagi hari, tetapi salah satu yang paling umum adalah memiliki kebiasaan tidur yang buruk. Jika Anda kesulitan untuk bangun setiap pagi, mungkin ini saatnya untuk melihat lebih dekat pada rutinitas malam Anda.

Salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa sering Anda tidur larut malam atau bangun lebih awal. Jika Anda terus menerus membuang siklus tidur alami Anda, tidak heran Anda merasa lelah di pagi hari. Sangat penting untuk menargetkan waktu tidur dan bangun yang konsisten, bahkan di akhir pekan, sehingga tubuh Anda dapat terbiasa dengan jadwal yang teratur.

Penyebab umum lain dari kelelahan pagi hari adalah tidak cukup tidur. Ini bisa jadi karena tidur dalam keadaan bugar dan mulai tidur sepanjang malam atau hanya tidak menghabiskan cukup waktu di tempat tidur.

Bagian 4: Gangguan Psikiatri

Gangguan tidur adalah salah satu gangguan kejiwaan yang paling umum. Mereka dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurang tidur, stres, kecemasan, dan depresi. Gangguan tidur juga bisa menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu.

Kebanyakan orang dengan gangguan tidur melaporkan kesulitan tidur atau tetap tertidur. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan di siang hari, lekas marah, dan sulit berkonsentrasi. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, penting untuk menemui dokter untuk menyingkirkan kondisi medis yang mendasarinya.

Ada berbagai pilihan pengobatan yang tersedia untuk gangguan tidur. Dalam beberapa kasus, perubahan gaya hidup sederhana seperti berolahraga secara teratur dan menghindari kafein sebelum tidur dapat membantu. Jika langkah-langkah ini tidak meningkatkan kualitas tidur Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat atau merujuk Anda ke spesialis tidur untuk evaluasi lebih lanjut.

Baca Juga!  Hubungan Antara Gula dan Kalori yang Perlu Dipahami

Bagian 5: Kondisi Medis

Kurang tidur bukan salah satu penyebab kantuk di pagi hari. Penyebab ngantuk di pagi hari umum lainnya adalah kondisi medis. Kondisi seperti sleep apnea, narkolepsi, dan sindrom kaki gelisah semuanya dapat mengganggu aktivitas tidur malam yang nyenyak dan membuat Anda merasa lelah di pagi hari.

Jika menurut Anda suatu kondisi medis dapat menyebabkan kantuk Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat membantu Anda mendiagnosis dan mengobati kondisi yang mendasarinya sehingga Anda bisa mendapatkan tidur nyenyak yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kantuk di pagi hari, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu membangunkan diri sendiri. Pertama, cobalah konsumsi minuman minum secangkir kopi atau teh. Kafein dapat membantu meningkatkan kewaspadaan. Jika Anda masih merasa mengantuk, cobalah mencari udara segar dengan membuka jendela atau berjalan-jalan di luar. Berolahraga juga dapat membantu membangunkan Anda. Terakhir, jika Anda masih kesulitan untuk bangun, cobalah mandi air dingin. Kejutan air dingin dapat membantu menyentak tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *