Scroll untuk baca artikel
Manajemen

Perbedaan dan Persamaan Matriks TOWS-K dan SWOT-4K

×

Perbedaan dan Persamaan Matriks TOWS-K dan SWOT-4K

Sebarkan artikel ini

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan perlu memiliki alat analisis yang efektif untuk merumuskan strategi yang tepat. Dua alat yang sering digunakan adalah matriks TOWS-K dan SWOT-4K. Keduanya membantu perusahaan dalam menganalisis faktor internal dan eksternal untuk menentukan strategi yang optimal. Namun, meskipun memiliki tujuan yang sama, kedua matriks ini memiliki beberapa perbedaan dalam pendekatan dan metode analisisnya.

Persamaan Matriks TOWS-K dan SWOT-4K

Analisis Faktor Internal dan Eksternal

Baik matriks TOWS-K maupun SWOT-4K berfokus pada analisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan. Keduanya dimulai dengan membuat daftar kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Setelah itu, dilakukan kombinasi antar variabel untuk menemukan strategi yang dapat menjadi pilihan manajemen.

Tujuan Strategis

Kedua matriks bertujuan untuk membantu perusahaan dalam merumuskan strategi yang sesuai dengan posisi perusahaan dalam lingkungan bisnisnya. Misalnya, strategi maksi-maksi pada matriks TOWS-K memiliki makna serupa dengan strategi pertumbuhan dalam kuadran pertama matriks SWOT-4K.

Inventarisasi Variabel

Pada awalnya, kedua matriks ini hanya berisi inventarisasi variabel-variabel tersebut. Setelah itu, dilakukan kombinasi antar variabel. Dari kombinasi antar variabel tersebut dapat ditemukan strategi yang dapat menjadi pilihan manajemen.

Perbedaan Matriks TOWS-K dan SWOT-4K

Urutan Analisis

Salah satu perbedaan utama antara matriks TOWS-K dan SWOT-4K adalah urutan analisisnya. Pada analisis SWOT, faktor internal (strengths dan weaknesses) dianalisis terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh faktor eksternal (opportunities dan threats). Sebaliknya, pada analisis TOWS-K, faktor eksternal (threats dan opportunities) dianalisis terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh faktor internal (weaknesses dan strengths).

Baca Juga!  Meningkatkan Daya Saing Bisnis melalui Kekuatan Kompetitif Lingkungan

Pendekatan Kuantitatif vs. Kualitatif

Matriks SWOT-4K cenderung lebih kuantitatif dibandingkan dengan matriks TOWS-K. Setelah inventarisasi variabel, variabel-variabel tersebut diberi bobot dan nilai yang kemudian dihitung nilai tertimbangnya. Selisih antar variabel dalam kelompok internal dan eksternal dicari untuk menentukan posisi perusahaan dalam salah satu kuadran dan digunakan sebagai dasar perancangan strategi bisnis.

Fokus Dinamisitas

Matriks TOWS-K lebih memfokuskan pada investigasi faktor eksternal terlebih dahulu karena dianggap lebih dinamis dan bersaing, kemudian dilakukan penyesuaian dan perbaikan potensi internal untuk menciptakan peluang yang menguntungkan.

Contoh Penerapan Matriks TOWS-K dan SWOT-4K

Contoh Penerapan Matriks TOWS-K

Misalkan sebuah perusahaan teknologi menghadapi ancaman dari pesaing baru yang lebih inovatif. Dengan menggunakan matriks TOWS-K, perusahaan tersebut akan terlebih dahulu menganalisis ancaman ini dan peluang yang ada di pasar. Setelah itu, perusahaan akan melihat kelemahan dan kekuatan internalnya untuk merumuskan strategi yang dapat mengatasi ancaman tersebut dan memanfaatkan peluang yang ada.

Contoh Penerapan Matriks SWOT-4K

Sebaliknya, jika perusahaan yang sama menggunakan matriks SWOT-4K, mereka akan mulai dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan internalnya. Misalnya, mereka mungkin menemukan bahwa mereka memiliki tim R&D yang kuat tetapi kurang dalam pemasaran. Setelah itu, mereka akan menganalisis peluang dan ancaman eksternal untuk merumuskan strategi yang dapat memanfaatkan kekuatan mereka dan mengatasi kelemahan mereka.

Tabel Perbandingan Matriks TOWS-K dan SWOT-4K

AspekMatriks TOWS-KMatriks SWOT-4K
Urutan AnalisisEksternal (T & O) -> Internal (W & S)Internal (S & W) -> Eksternal (O & T)
PendekatanKualitatifKuantitatif
FokusDinamisitas faktor eksternalAnalisis faktor internal terlebih dahulu
Inventarisasi VariabelKombinasi variabel untuk strategiKombinasi variabel untuk strategi

Kesimpulan

Matriks TOWS-K dan SWOT-4K adalah alat analisis strategis yang sangat berguna bagi perusahaan dalam merumuskan strategi berdasarkan faktor internal dan eksternal. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, mereka berbeda dalam urutan analisis, pendekatan, dan fokusnya. Dengan memahami persamaan dan perbedaan ini, perusahaan dapat memilih alat analisis yang paling sesuai dengan kebutuhan strategis mereka.

Baca Juga!  5 Elemen Penting dalam Setiap Organisasi Menurut Harris dan Corson

Dengan artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami lebih dalam tentang matriks TOWS-K dan SWOT-4K serta bagaimana keduanya dapat digunakan untuk merumuskan strategi bisnis yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *