Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Manfaat Penelitian Sukardjo dan Yusdiningtias Untuk Dunia Pendidikan

Avatar
×

Manfaat Penelitian Sukardjo dan Yusdiningtias Untuk Dunia Pendidikan

Sebarkan artikel ini
Manfaat Penelitian Sukardjo dan Yusdiningtias Untuk Dunia Pendidikan

Penelitian yang dilakukan oleh Sukardjo dan Yusdiningtias pada tahun 2021 berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika” memberikan banyak manfaat bagi dunia pendidikan.

Sebagai teman, aku ingin menjelaskan lebih detail tentang penelitian ini dan bagaimana hasilnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Intinya, penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual lebih efektif daripada strategi pembelajaran ekspositori, terutama bagi siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi.

Metode Penelitian Sukardjo dan Yusdiningtias

Metode Penelitian

Untuk melakukan penelitian ini, Sukardjo dan Yusdiningtias menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Mereka mengambil sampel siswa SMP kelas 8 yang berjumlah 80 orang. Kemudian sampel dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  1. Kelompok 1: diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi
  2. Kelompok 2: diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan memiliki kecerdasan logis-matematis rendah
  3. Kelompok 3: diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi
  4. Kelompok 4: diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki kecerdasan logis-matematis rendah

Setelah diberi perlakuan yang berbeda-beda, keempat kelompok tersebut dievaluasi hasil belajar matematikanya menggunakan tes tertulis. Data hasil tes dianalisis dengan teknik analisis variansi dua jalan.

Berdasarkan hasil analisis, Sukardjo dan Yusdiningtias menemukan bahwa:

  1. Secara umum hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
  2. Terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran dan kecerdasan logis-matematis siswa.
Baca Juga!  Manfaat dan Tantangan E-Jurnal Open Access bagi Para Akademisi

Artinya, strategi pembelajaran kontekstual terbukti lebih efektif meningkatkan hasil belajar matematika, terutama bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi.

Manfaat Hasil Penelitian Bagi Dunia Pendidikan

Nah, berdasarkan hasil penelitian di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dipetik:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika

Hasil penelitian ini memberikan masukan konkret bagi para guru dan sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Dengan mengetahui bahwa strategi pembelajaran kontekstual lebih efektif, guru bisa menerapkannya dalam proses belajar mengajar. Misalnya dengan mengkaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Selain strategi pembelajaran, guru juga perlu memperhatikan kecerdasan logis-matematis siswa karena terbukti memiliki interaksi dalam peningkatan hasil belajar. Guru bisa memberikan perhatian lebih dan pendampingan khusus bagi siswa yang memiliki kecerdasan logika-matematika rendah.

Guru matematika yang menerapkan pembelajaran kontekstual

2. Memperkaya Referensi Penelitian Pendidikan

Penelitian yang dilakukan Sukardjo dan Yusdiningtias juga bermanfaat untuk memperkaya khasanah penelitian pendidikan di Indonesia, khususnya terkait pembelajaran matematika.

Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi dan acuan bagi peneliti lain yang tertarik untuk menindaklanjuti atau mengembangkan riset serupa di masa mendatang. Misalnya dengan memperluas sampel penelitian, menggunakan variabel moderasi lain selain kecerdasan logis-matematis, atau menerapkan strategi pembelajaran kontekstual pada materi matematika yang berbeda.

3. Memberikan Wawasan Baru Bagi Dunia Pendidikan

Secara umum, hasil studi ini juga memberikan wawasan baru bagi para pendidik dan akademisi bidang pendidikan.

Pembelajaran kontekstual dan kecerdasan logis-matematis merupakan dua hal yang selama ini kurang dieksplor dalam penelitian pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, hasil penelitian Sukardjo dan Yusdiningtias dapat menjadi stimulan bagi penelitian-penelitian serupa di masa depan.

Baca Juga!  Teori Belajar Behavioristik

Penutup

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat penelitian Sukardjo dan Yusdiningtias bagi dunia pendidikan, terutama dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang strategi pembelajaran kontekstual dan bagaimana penerapannya di kelas dengan mempertimbangkan kecerdasan siswa. Jika kamu tertarik untuk membaca lebih lanjut, bisa membaca [artikel ini] tentang implementasi pembelajaran kontekstual di sekolah.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *