Scroll untuk baca artikel
Rupa

Manfaat Kumur Air Garam Untuk Batuk

×

Manfaat Kumur Air Garam Untuk Batuk

Sebarkan artikel ini
Manfaat Kumur Air Garam Untuk Batuk
Manfaat Kumur Air Garam Untuk Batuk - Photo by Mikhail Nilov

Ketika datang ke obat batuk, ada berbagai pilihan yang tersedia di pasaran. Namun, salah satu pengobatan rumahan yang sering diabaikan adalah berkumur dengan air garam. Perawatan sederhana dan murah ini bisa sangat efektif dalam meredakan batuk.

Untuk membuat kumur air garam, cukup tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan aduk hingga larut. Kemudian, teguk sedikit dan kumur selama sekitar 30 detik sebelum dimuntahkan. Ulangi seperlunya.

Salah satu manfaat kumur air garam adalah dapat membantu memecah lendir dan mengencerkan dahak. Ini dapat membantu membersihkan saluran udara dan membuat batuk menjadi kurang produktif. Selain itu, air garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi. Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat membantu mempersingkat durasi pilek atau flu.

Apa itu Berkumur?

Berkumur sering digunakan sebagai obat rumahan untuk meredakan iritasi tenggorokan dan batuk. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan lendir dari saluran pernapasan dan mengurangi peradangan. berkumur juga dianggap membantu menghilangkan bakteri dan iritasi lainnya dari tenggorokan.

Berkumur umumnya aman untuk orang dewasa dan anak-anak. Namun, penting untuk memastikan bahwa larutan air garam tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Penting juga untuk berkumur dengan lembut untuk menghindari iritasi tenggorokan lebih lanjut.

Bagaimana cara kerja Gargling?

Berkumur adalah cara sederhana dan efektif untuk meredakan tenggorokan yang sakit atau gatal. Tindakan berkumur menciptakan tindakan pembersihan mekanis yang membantu memecah lendir dan menghilangkan iritasi dari bagian belakang tenggorokan. Berkumur juga membantu merangsang produksi air liur, yang dapat membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan melindunginya dari iritasi lebih lanjut.

Baca Juga!  4 Jenis-Jenis Pengetahuan yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk berkumur secara efektif, campurkan sendok teh garam dengan 8 ons air hangat. Aduk sampai garam benar-benar larut. miringkan kepala Anda ke belakang dan teguk larutan tersebut, lalu berkumurlah selama 30 detik sebelum meludahkannya. Ulangi proses ini 3-4 kali per hari sampai gejala Anda membaik.

Ilmu dibalik Berkumur

Saat Anda batuk, insting pertama Anda mungkin meraih sirup obat batuk. Namun, mungkin ada cara yang lebih baik untuk mengobati batuk Anda. Berkumur dengan air garam dapat membantu membunuh bakteri dan meredakan gejala.

Ilmu di balik berkumur itu sederhana. Ketika Anda mencampur garam dan air bersama-sama, itu menciptakan larutan hipertonik. Ini berarti bahwa air garam memiliki konsentrasi garam yang lebih tinggi daripada cairan di tenggorokan dan mulut Anda. Konsentrasi garam yang tinggi menarik air keluar dari sel-sel di tenggorokan Anda, termasuk bakteri. Proses ini membunuh bakteri dan membantu meredakan kemacetan dan peradangan.

Berkumur dengan air garam adalah cara yang aman dan efektif untuk mengobati batuk baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ini juga murah dan mudah dilakukan di rumah.

Berkumur untuk Batuk

Air minum sangat penting untuk kesehatan kita. Disarankan agar kita minum air putih delapan gelas sehari. Namun, ketika kita sakit, kita mungkin tidak merasa ingin minum air putih. Di sinilah kumur air garam masuk. Berkumur dengan air garam bisa membantu meredakan batuk.

Berkumur dengan air garam adalah obat rumah yang sederhana dan efektif untuk batuk. Garam membantu memecah lendir dan air hangat menenangkan tenggorokan. Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi durasi batuk.

Untuk membuat kumur air garam, campurkan sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Berkumurlah dengan campuran tersebut selama 30 detik, lalu ludahkan. Anda dapat melakukan ini beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

Baca Juga!  Cara Membersihkan Speaker iPhone: 7 Langkah Tips dan Trik Ampuh

Kesimpulan

Ketika mencari obat alami untuk batuk, banyak orang beralih ke berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengencerkan lendir, mengurangi peradangan, dan membunuh bakteri. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk meredakan sakit tenggorokan. berkumur air garam sederhana dan mudah dilakukan di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah secangkir air hangat dan ½ sendok teh garam. Cukup campurkan keduanya dan berkumurlah selama 30 detik. Keluarkan campuran setelahnya. Anda dapat melakukan ini beberapa kali sehari sampai batuk Anda membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *