Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Makanan Penyebab Bau Badan: Cara Menghindarinya

Avatar
×

Makanan Penyebab Bau Badan: Cara Menghindarinya

Sebarkan artikel ini
makanan penyebab bau badan
makanan penyebab bau badan - Photo by K8

Bau badan adalah topik yang memalukan dan seringkali tabu. Namun, itu adalah sesuatu yang setiap orang berurusan dengan di beberapa titik dalam hidup mereka. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan bau badan, termasuk keringat, hormon, dan diet. Meskipun ada banyak produk di pasaran yang mengklaim dapat membantu mengatasi bau badan, membuat beberapa perubahan sederhana pada diet Anda dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa makanan umum yang dapat menyebabkan bau badan pada wanita.

Pendahuluan: bau badan dan makanan yang kita makan

Bau badan seringkali disebabkan oleh makanan yang kita makan. Makanan pedas, seperti kari, dapat menyebabkan keringat dan bau badan. Makanan lain, seperti bawang putih dan bawang bombay, juga bisa menyebabkan bau badan. Jika Anda khawatir dengan bau badan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya.

Pertama, cobalah untuk menghindari makan makanan pedas. Jika Anda memakannya, pastikan untuk mandi setelahnya dan memakai pakaian bersih. Kedua, hindari makan bawang putih dan bawang bombay. Makanan ini bisa membuat bau badan Anda semakin buruk. Ketiga, perbanyak minum air putih. Ini akan membantu membersihkan sistem Anda dan menjaga tubuh Anda tetap segar. keempat, gunakan deodoran atau antiperspirant. Produk-produk ini dapat membantu mengendalikan bau badan dengan menjaga Anda tetap kering dan mencegah keringat menumpuk di kulit Anda.

Makanan penyebab bau badan

Ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan bau badan. Ini termasuk: bawang putih, bawang merah, jinten, kari, dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini membuat tubuh lebih banyak berkeringat, yang dapat menyebabkan bau badan. Ada juga beberapa makanan yang mungkin membuat Anda lebih cenderung memiliki bau badan. Ini termasuk: daging olahan, alkohol, dan kafein. Jika Anda khawatir tentang bau badan, Anda mungkin ingin menghindari makanan ini.

Bawang putih

Meskipun kita semua menyukai rasa bawang putih, bawang putih bisa sangat mengurangi bau badan. Saat dicerna, bawang putih melepaskan senyawa yang mengandung belerang yang disebut allicin. Senyawa inilah yang memberikan aroma khas pada bawang putih. Setelah allicin memasuki aliran darah Anda, itu dikeluarkan melalui kulit Anda dan memberi Anda bau badan bawang putih yang tidak begitu menyenangkan.

Baca Juga!  4 Cara Meningkatkan Imunitas Anak agar Tidak Mudah Sakit

Ada beberapa cara untuk menghindari atau meminimalkan bau badan bawang putih. Pertama, cobalah memasak dengan bawang putih daripada memakannya mentah-mentah. Memasak membantu memecah allicin dan mengurangi potensinya. Kedua, coba padukan bawang putih dengan makanan beraroma kuat lainnya seperti bawang merah atau ikan. Ini dapat membantu menutupi aroma bawang putih pada kulit Anda. Terakhir, pastikan untuk minum banyak air setelah mengonsumsi bawang putih.

Bawang

Bawang adalah penyebab umum bau badan. Saat Anda berkeringat, senyawa belerang bawang dilepaskan melalui pori-pori Anda, di mana mereka bercampur dengan bakteri dan terurai menjadi tiol. Tiol ini bertanggung jawab atas bau khas bawang.

Ada beberapa cara untuk menghindari bau badan dari bawang. Pertama, Anda bisa mencoba memasaknya dengan cara mengurangi kandungan belerangnya. Kedua, Anda bisa makan bawang dengan makanan lain yang membantu menutupi baunya. Akhirnya, Anda dapat memilih untuk menghindari bawang sama sekali.

kari

Dalam hal bau badan, kari adalah salah satu pelanggar terburuk. Aroma kari yang kuat dan menyengat dapat bertahan lama di kulit dan pakaian Anda setelah Anda memakannya. Jika Anda ingin menghindari bau badan, sebaiknya hindari hidangan beraroma ini.

Kari dibuat dengan berbagai bumbu, termasuk kunyit, jinten, dan ketumbar. Rempah-rempah ini memberi kari rasa dan warna yang khas. Tapi mereka juga menjadikannya salah satu makanan paling ampuh dalam hal bau badan. Aroma kuat dari rempah-rempah ini dapat bertahan di kulit dan pakaian Anda selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah Anda memakannya.

Jika Anda menyukai kari tetapi tidak ingin berurusan dengan bau badan yang menyertainya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, cobalah makan kari dengan yogurt atau santan.

Jinten

Jinten adalah bumbu yang sering digunakan dalam masakan India dan Timur Tengah. Ini memiliki rasa yang kuat dan tajam dan dapat digunakan untuk membumbui daging, sayuran, dan hidangan nasi. Meskipun jinten dapat menambah rasa lezat pada makanan Anda, jintan juga dapat menyebabkan bau badan.

Saat jinten dicerna, ia melepaskan senyawa yang dikeluarkan melalui kelenjar keringat Anda. Senyawa ini dapat membuat bau keringat Anda lebih kuat dan lebih menyengat. Jika Anda rentan terhadap bau badan, Anda mungkin ingin menghindari penggunaan jinten atau menggunakannya dengan hemat. Anda juga bisa mencoba memasak dengan bumbu lain yang memiliki rasa serupa, seperti ketumbar atau biji adas.

Baca Juga!  Ini Manfaat dan Info Tentang Sampo Metal, Mau Coba?

Ikan

Ikan adalah penyebab umum bau badan. Bau ikan yang menyengat dapat disebabkan oleh pemecahan protein dalam ikan. Proses ini melepaskan bahan kimia bau, termasuk trimetilamina. Trimethylamine juga ditemukan dalam makanan lain, seperti telur dan hati.

Ikan bukan satu-satunya makanan yang bisa menyebabkan bau badan. Makanan lain yang dapat menyebabkan bau badan antara lain bawang merah, bawang putih, kari, dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini mengandung senyawa berbau kuat yang dilepaskan melalui kulit saat kita berkeringat.

Untuk menghindari bau badan, penting untuk membatasi asupan makanan yang berbau. Jika Anda makan makanan berbau, pastikan untuk menyikat gigi dan mencuci tangan setelahnya. Anda mungkin juga ingin mandi lebih sering untuk menghilangkan bau yang tertinggal dari kulit Anda.

Makanan penyebab bau badan pada wanita:

Bicara soal bau badan, ada makanan tertentu yang bisa menimbulkan bau tak sedap. Bagi wanita, makanan ini dapat menyebabkan rasa malu yang serius. Berikut adalah beberapa yang harus dihindari dalam hal menyebabkan bau badan:

Kopi

Ketika berbicara tentang kopi, banyak orang menyukai aromanya. Namun, kopi justru bisa menyebabkan bau badan. Hal ini karena kopi mengandung minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menjebak keringat dan bakteri. Ketika ini terjadi, itu dapat menyebabkan bau badan. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk minum kopi secukupnya dan mencuci tubuh Anda secara menyeluruh setelah mengkonsumsinya.

Soda

Soda adalah salah satu minuman paling populer di dunia, tetapi juga bisa menjadi salah satu pelanggar terburuk dalam hal bau badan. Gula dan bahan lain dalam soda dapat menyebabkan keringat dan bakteri menumpuk di kulit Anda, yang menyebabkan bau tidak sedap.

Untuk menghindari bau badan dari soda, minumlah dalam jumlah sedang dan pastikan untuk mencuci tangan dan wajah Anda secara menyeluruh setelah meminumnya. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk beralih ke soda bebas gula atau soda diet, yang dapat membantu mengurangi jumlah keringat dan bakteri pada kulit Anda.

Baca Juga!  5 Cara Menghilangkan Kulit Ayam Di Wajah Yang Wajib Kamu Coba

Alkohol

Bau badan disebabkan oleh bakteri yang hidup di kulit kita. Saat kita berkeringat, bakteri ini memecah keringat menjadi senyawa yang bisa menimbulkan bau tak sedap. Alkohol adalah zat yang bisa membuat kita berkeringat lebih banyak dari biasanya, dan juga membuat bakteri di kulit kita tumbuh lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan bau badan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari atau mengurangi bau badan saat Anda minum alkohol. Pertama, cobalah untuk minum secukupnya. Jika Anda tahu Anda akan banyak minum, pastikan untuk mandi sebelum dan sesudahnya. Ini akan membantu menghilangkan keringat dan bakteri yang mungkin menumpuk di kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan antiperspiran atau deodoran untuk membantu menjaga ketiak Anda tetap kering dan bebas dari bakteri. Terakhir, coba kenakan pakaian longgar yang terbuat dari serat alami seperti katun.

Makanan pedas

Dalam hal bau badan, makanan pedas yang Anda makan bisa sama pentingnya dengan produk kebersihan yang Anda gunakan. Itu karena ketika Anda berkeringat, senyawa dalam keringat Anda bercampur dengan bakteri di kulit Anda untuk menciptakan bau badan. Dan beberapa senyawa tersebut lebih cenderung menyebabkan bau badan saat pedas.

Jadi jika Anda ingin menghindari bau badan, Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum meraih lada jalapeo itu. Makanan pedas lainnya yang dapat menyebabkan bau badan termasuk kari, cabai, dan bawang putih.

Tentu tidak semua orang mengalami peningkatan bau badan setelah makan makanan pedas. Tampaknya menjadi kecenderungan genetik – beberapa orang hanya lebih sensitif terhadap senyawa dalam makanan ini daripada yang lain.

Kesimpulan

Ketika berbicara tentang bau badan, apa yang Anda makan dapat memiliki dampak yang signifikan. Makanan tertentu dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat dan membuat kulit Anda lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Dengan menghindari makanan ini, Anda dapat membantu mencegah bau badan.

Beberapa pelanggar terburuk dalam hal bau badan adalah bawang merah, bawang putih, dan makanan pedas. Makanan ini bisa membuat Anda berkeringat lebih banyak dan bau yang menyengat bisa menempel di kulit Anda. Jika Anda sangat rentan terhadap bau badan, sebaiknya hindari makanan ini sama sekali.

Makanan lain yang dapat menyebabkan bau badan termasuk produk susu dan daging olahan. Susu dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih berminyak, yang menyediakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Daging olahan seringkali tinggi sodium, yang juga dapat menyebabkan peningkatan keringat dan bau badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *