Scroll untuk baca artikel
Resep

Makanan Kontinental: Pengenalan Makanan Eropa yang Lezat

×

Makanan Kontinental: Pengenalan Makanan Eropa yang Lezat

Sebarkan artikel ini

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan kontinental. Makanan ini berasal dari daratan Eropa dan sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Berbeda dengan makanan lain yang kita konsumsi setiap hari, makanan kontinental biasanya dimasak dengan bahan-bahan yang lebih berkualitas serta disajikan dengan cara yang lebih elegan.

Gambar pasta dari Italia dengan saus tomat dan parutan keju parmesan di atasnya.
Gambar pasta dari Italia dengan saus tomat dan parutan keju parmesan di atasnya.

Makanan kontinental tidak hanya terdiri dari hidangan utama saja, melainkan juga terdapat hidangan pembuka dan hidangan penutup. Banyak bahan-bahan dasar seperti bawang putih, rempah-rempah kering, keju, dan wine yang sering dipakai dalam memasak makanan kontinental. Biasanya makanan kontinental terdiri dari beberapa jenis hidangan seperti soup, pasta, steak, dan masih banyak lagi.

Contoh Makanan Kontinental

Makanan kontinental merupakan salah satu bagian dari kuliner internasional yang dapat dijumpai di banyak restoran di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan kelezatan dan cita rasa yang unik dan khas dari makanan kontinental tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan kontinental yang terkenal dan patut untuk dicoba:

1. Carpaccio

Carpaccio adalah hidangan appetizer yang terbuat dari daging sapi mentah yang dipotong tipis-tipis dan disajikan dengan parutan keju parmesan, air jeruk lemon, dan minyak zaitun. Hidangan ini sangat terkenal di Italia dan menjadi salah satu hidangan pembuka yang populer di restoran-restoran makanan kontinental.

2. Pork Knuckle with Sauerkraut

Pork Knuckle with Sauerkraut merupakan hidangan utama yang terdiri dari daging babi yang dimasak dalam oven selama beberapa jam sehingga empuk dan mudah dihancurkan. Hidangan ini disajikan dengan sauerkraut (kol asam) dan mustard di atas piring yang sudah dipanaskan. Pork Knuckle with Sauerkraut sangat populer di Jerman dan menjadi salah satu makanan khas dari sana.

Baca Juga!  Cara Memasak Nasi dengan Magic Com: Panduan Lengkap untuk Kamu

3. Seafood Paella

Gambar hidangan Seafood Paella dari Spanyol dengan udang, kerang, dan cumi-cumi di atas nasi yang berwarna kuning.
Gambar hidangan Seafood Paella dari Spanyol dengan udang, kerang, dan cumi-cumi di atas nasi yang berwarna kuning.

Seafood Paella adalah hidangan utama yang berasal dari Spanyol. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan campuran daging dan seafood seperti udang, kerang, dan cumi-cumi. Bumbu-bumbu seperti paprika dan saffron sering dipakai dalam memasak hidangan ini, sehingga aroma dan cita rasanya sangat khas.

4. Caesar Salad

Gambar Caesar Salad yang segar dengan potongan ayam panggang, selada, crouton, keju parmesan, dan saus Caesar.
Gambar Caesar Salad yang segar dengan potongan ayam panggang, selada, crouton, keju parmesan, dan saus Caesar.

Caesar Salad adalah hidangan pembuka yang sangat terkenal di restoran-restoran makanan kontinental. Hidangan ini terdiri dari selada romaine, crouton, keju parmesan, dan dressing caesar yang dibuat dari bawang putih, mayones, dan anchovy.

5. Hash Browns

Hash Browns adalah hidangan yang terbuat dari kentang yang dipotong dadu kecil dan digoreng sampai renyah. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap untuk hidangan utama seperti steak atau grilled chicken.

Karakteristik Makanan Kontinental

  1. Rasa Makanan kontinental biasanya memiliki rasa yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah, yang memberikan cita rasa yang khas dan berbeda dari jenis makanan lainnya. Dengan bahan-bahan yang diolah dengan hati-hati dan detail, makanan kontinental memang memiliki kualitas rasa yang tinggi dan memuaskan lidah konsumen.
  2. Tekstur Selain rasa yang kaya, makanan kontinental juga memiliki tekstur yang unik dan berbeda. Terkadang tekstur makanan tersebut bisa lembut dan lezat, seperti pada olahan daging sapi atau domba yang dimasak dengan baik. Namun pada jenis makanan yang lain, seperti roti atau pastry, teksturnya bisa lebih renyah dan garing.
  3. Variasi Makanan kontinental memiliki banyak variasi, mulai dari hidangan pembuka, makanan utama, hingga hidangan penutup. Setiap hidangan memiliki karakteristik dan rasa yang berbeda-beda, dan sering kali diolah dengan bahan-bahan yang berbeda pula.
Gambar steak yang empuk dari Prancis dengan saus merah yang lezat.
Gambar steak yang empuk dari Prancis dengan saus merah yang lezat.

Jenis-jenis Makanan Kontinental

  1. Hidangan Pembuka Hidangan pembuka pada makanan kontinental biasanya berupa sup, salad, atau hidangan kecil lainnya yang dapat memancing selera. Beberapa contoh hidangan pembuka yang populer adalah French Onion Soup, Caesar Salad, dan Escargot.
  2. Makanan Utama Makanan utama pada makanan kontinental biasanya berupa hidangan daging, ikan, atau ayam yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Eropa. Beberapa contoh hidangan utama yang populer adalah Beef Wellington, Coq au Vin, dan Paella.
  3. Hidangan Penutup Hidangan penutup pada makanan kontinental biasanya berupa kue atau pastry yang manis dan lezat. Beberapa contoh hidangan penutup yang populer adalah Crème Brûlée, Tiramisu, dan Eclair.
Baca Juga!  5 Pengganti Bread Improver dalam Membuat Roti

Kesimpulan

Makanan kontinental merupakan jenis makanan yang berasal dari daratan Eropa, seperti Italia, Polandia, Perancis, Jerman, dan lainnya. Makanan ini memiliki karakteristik rasa, tekstur, dan variasi yang berbeda dengan jenis makanan lainnya.

Hidangan pembuka, makanan utama, dan hidangan penutup pada makanan kontinental memiliki variasi yang sangat beragam, dan sering kali diolah dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, makanan kontinental menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati hidangan dengan rasa dan kualitas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *