Scroll untuk baca artikel
Rupa

Bagaimana Pengobatan Kondiloma akuminata?

×

Bagaimana Pengobatan Kondiloma akuminata?

Sebarkan artikel ini
Kondiloma akuminata
Kondiloma akuminata by sehatq.com

Kondiloma akuminata adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus papiloma manusia (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang paling umum di Amerika Serikat. Ada lebih dari 100 jenis HPV yang berbeda, dan sekitar 30 jenis ini dapat menginfeksi area genital. Kondiloma akuminata adalah kutil yang berkembang pada alat kelamin. Paling sering ditemukan pada p**is, v**ina, dan anus.

Pendahuluan: Apa itu Kondiloma akuminata?

Kondiloma akuminata adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Ini adalah pertumbuhan kecil, berdaging, seperti kutil pada alat kelamin. Kondiloma akuminata dapat mempengaruhi pria dan wanita, dan paling sering terlihat pada orang yang aktif secara seksual. Virus yang menyebabkan kondiloma akuminata sangat menular, dan dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit ke kulit. Kondiloma akuminata dapat diobati dengan obat resep, tetapi tidak ada obat untuk virus yang menyebabkannya.

Penyebab : Apa saja penyebab dari Kondiloma akuminata?

Kondiloma akuminata adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang paling umum di Amerika Serikat. Diperkirakan hampir 20 juta orang di Amerika Serikat terinfeksi HPV. Ada lebih dari 100 jenis HPV, dan sekitar 30 jenis ini dapat menginfeksi area genital.

HPV menyebar melalui kontak seksual, termasuk seks v**inal, anal, dan oral. Ini juga dapat menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit dengan orang yang terinfeksi. HPV dapat ditularkan dari ibu ke bayi saat melahirkan, tetapi ini jarang terjadi. Kondiloma akuminata paling sering terlihat pada orang yang aktif secara seksual antara usia 15 dan 25 tahun.

Baca Juga!  5 Cara Mengatasi Anak Tidak Fokus Belajar

Gejala: Apa saja gejala kondiloma akuminata?

Gejala Condyloma acuminata dapat bervariasi tergantung pada ukuran, lokasi dan jumlah kutil. Mereka bisa kecil dan rata atau terangkat dan seperti kembang kol. Paling sering, mereka ditemukan pada alat kelamin, tetapi mereka juga dapat terjadi pada anus, rektum, bibir, mulut atau tenggorokan. Pada wanita, mereka dapat ditemukan di dalam v**ina atau di leher rahim. Mereka dapat menyebabkan gatal, terbakar atau berdarah.

Pengobatan: Bagaimana pengobatan Condyloma acuminata?

Tidak ada satu jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena pengobatan Kondiloma akuminata dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi, riwayat kesehatan individu pasien, dan faktor lainnya. Namun, secara umum, pilihan perawatan mungkin termasuk operasi pengangkatan, operasi laser, pembekuan (krioterapi), atau pengobatan. Beberapa pasien mungkin juga memerlukan antibiotik jika ada infeksi.

Pencegahan: Bagaimana cara pencegahan kondiloma akuminata?

Tidak ada satu metode untuk mencegah kondiloma akuminata. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena kondisi tersebut. Pertama, praktikkan seks aman dengan menggunakan kondom dan penghalang lainnya. Kedua, hindari kontak dengan kulit atau selaput lendir yang terinfeksi HPV. Jika Anda memiliki gejala infeksi HPV, temui dokter Anda segera untuk perawatan.

Kesimpulan

Kondiloma akuminata, sering disebut kutil kelamin, adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh beberapa jenis human papillomavirus (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang paling umum di Amerika Serikat. Ada lebih dari 40 jenis HPV yang dapat menginfeksi area genital. Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks dan jenis lainnya dapat menyebabkan kutil kelamin.

Kondiloma akuminata adalah pertumbuhan lunak, lembab, merah muda atau berwarna daging yang terjadi pada alat kelamin dan kadang-kadang di sekitar anus. Mereka mungkin kecil atau besar, tunggal atau ganda, dan terlihat seperti kembang kol. Kondiloma akuminata dapat diobati dengan obat-obatan, tetapi sering kambuh kembali. Tidak ada obat untuk infeksi HPV, tetapi ada pengobatan untuk gejalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *