Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Manakah yang Lebih Sehat: Kiwi Hijau atau Emas?

×

Manakah yang Lebih Sehat: Kiwi Hijau atau Emas?

Sebarkan artikel ini
Top view of fresh ripe sliced green and golden kiwis arranged on pink background

Apakah kamu tahu bahwa ada dua jenis buah kiwi yang paling populer? Ya, mereka adalah Kiwi Hijau dan Kiwi Emas. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara keduanya dari segi nutrisi dan manfaat kesehatan. Baca terus untuk mengetahui mana yang lebih sehat!

Asal Mula Kiwi

Kiwi Hijau atau Green kiwi pertama kali ditemukan di Tiongkok pada tahun 1906, sementara Kiwi Emas atau Gold kiwi ditemukan di Selandia Baru pada tahun 1992.

Rasa

Kedua buah kiwi memiliki rasa yang berbeda. Kiwi hijau memiliki rasa yang lebih asam dan sedikit pahit, sedangkan kiwi emas memiliki rasa yang lebih manis dan halus.

Warna

Tentu saja, perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis kiwi ini adalah warna kulitnya. Kiwi hijau memiliki kulit yang halus dengan warna coklat hijau dan bulu halus, sedangkan Kiwi Emas memiliki kulit yang lebih halus dengan warna emas dan bulu yang lebih pendek.

Kandungan Nutrisi

Kedua buah kiwi ini kaya akan nutrisi, tetapi Kiwi Emas memiliki sedikit lebih banyak nutrisi daripada Kiwi Hijau. Kiwi Emas mengandung lebih banyak vitamin C dan E serta antioksidan daripada Kiwi Hijau.

Baca Juga!  Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Kandungan Serat

Kedua jenis kiwi ini kaya akan serat, yang sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung. Kiwi hijau memiliki sedikit lebih banyak serat daripada Kiwi Emas.

Kandungan Kalori

Baik Kiwi Emas maupun Kiwi Hijau rendah kalori dan baik dikonsumsi sebagai camilan sehat. Namun, Kiwi Emas sedikit lebih tinggi kalorinya daripada Kiwi Hijau.

Manfaat Kesehatan

Kedua jenis kiwi ini mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan. Kiwi Emas memiliki manfaat tambahan karena mengandung lebih banyak vitamin C dan E serta antioksidan daripada Kiwi Hijau. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan sel.

Cara Menyimpan

Kiwi Hijau dan Kiwi Emas bisa disimpan dalam suhu ruangan selama beberapa hari, atau di dalam kulkas selama beberapa minggu. Pastikan untuk menyimpan kiwi dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak cepat busuk.

Cara Mengonsumsi

Kiwi dapat dikonsumsi dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa orang menyukai mengupas kulitnya dan memakannya langsung, sementara yang lain lebih suka memotong kiwi menjadi irisan atau membikin jus.

Kesimpulan

Akhirnya, keputusan tergantung pada preferensi pribadi kamu. Apakah kamu lebih suka rasa asam dari Kiwi Hijau atau manis dari Kiwi Emas? Atau mungkin kamu memilih salah satu jenis kiwi yang lebih sehat berdasarkan kandungan nutrisi atau manfaat kesehatannya. Intinya, baik Kiwi Hijau maupun Kiwi Emas memiliki manfaat kesehatan yang sama-sama baik, jadi pilihlah yang sesuai dengan selera kamu!

FAQ

Apa manfaat kesehatan Kiwi Emas?

Kiwi Emas memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti Kiwi Hijau, yaitu baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit. Namun, Kiwi Emas mengandung lebih banyak nutrisi seperti vitamin C dan E serta antioksidan daripada Kiwi Hijau.

Bagaimana cara memilih Kiwi yang baik?

Pilih kiwi yang berwarna cerah dan tidak terlalu lembek saat ditekan. Pastikan kulitnya halus dan tidak rusak. Pilih kiwi yang sedikit lunak karena akan lebih manis.

Bisakah saya makan kulit kiwi?

Ya, kulit kiwi dapat dimakan karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Namun, pastikan untuk mencuci kiwi terlebih dahulu sebelum memakannya.

Berapa banyak kalori dalam satu buah kiwi?

Satu buah kiwi hijau atau emas memiliki sekitar 60 kalori. Ini adalah camilan yang baik dan rendah kalori.

Apakah kiwi baik untuk kesehatan jantung?

Ya, kiwi kaya akan serat dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Apakah kiwi aman dikonsumsi oleh orang yang alergi buah-buahan?

Meskipun sangat jarang, beberapa orang dapat mengalami alergi terhadap kiwi. Jika kamu memiliki riwayat alergi buah-buahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba kiwi.

Bagaimana cara memotong kiwi menjadi irisan?

Cuci kiwi terlebih dahulu dan kupas kulitnya. Kemudian, potong menjadi irisan seukuran yang diinginkan.

Apa saja cara mengonsumsi kiwi?

Kiwi dapat dimakan langsung setelah dikupas, dipotong menjadi irisan, atau dibuat menjadi jus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *