Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Ketombe Atau Kulit Kepala Kering? Bagaimana Membedakannya?

Avatar
×

Ketombe Atau Kulit Kepala Kering? Bagaimana Membedakannya?

Sebarkan artikel ini
penyebab ketombe

Ketombe adalah gangguan kulit kepala umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Hal ini ditandai dengan pelepasan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kulit kering, kulit berminyak, produk rambut, dan kondisi medis tertentu. Meskipun ketombe biasanya bukan kondisi yang serius, namun ketombe bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan memalukan.

Pendahuluan: apa itu ketombe?

Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang menyebabkan serpihan kulit jatuh dari rambut. Ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kulit kering, kulit berminyak, dan infeksi jamur. Ketombe tidak menular dan biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa membuat tidak nyaman dan memalukan. Ada beberapa cara untuk mengobati ketombe, termasuk sampo yang dijual bebas dan pengobatan rumahan.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda memiliki ketombe atau kulit kepala kering, ada beberapa perbedaan utama yang harus dicari. Kulit kepala kering biasanya menyebabkan gatal dan mengelupas, tetapi serpihannya lebih kecil dan tidak terlalu berminyak dibandingkan dengan ketombe. Kulit kepala kering juga dapat disebabkan oleh cuaca musim dingin, sampo yang keras, dan kondisi medis tertentu.

Perbedaan antara ketombe dan kulit kepala kering

Ketombe dan kulit kepala kering adalah dua kondisi yang sangat umum yang sering membingungkan satu sama lain. Berikut cara membedakannya:

Ketombe ditandai dengan kulit putih bersisik di kulit kepala. Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Malassezia. Ketombe juga bisa disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan, perubahan kadar hormon, atau bahkan obat-obatan tertentu.

Baca Juga!  Cara Mengetahui Berat Badan Tanpa Timbangan

Kulit kepala kering, di sisi lain, persis seperti yang terdengar – kulit kepala kering dan teriritasi. Ini bisa disebabkan oleh perubahan cuaca, tidak cukup keramas, atau bahkan kondisi medis tertentu. Kulit kepala kering biasanya bukan karena pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Jadi bagaimana Anda bisa membedakannya? Jika Anda melihat serpihan kulit besar di bahu atau di rambut Anda, kemungkinan itu ketombe.

Perbedaan antara ketombe dan psoriasis kulit kepala

Ketombe disebabkan oleh kulit kering dan menghasilkan serpihan putih kecil. Psoriasis kulit kepala, di sisi lain, adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan yang terlalu aktif. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa psoriasis kulit kepala menghasilkan serpihan besar berwarna kekuningan.

Jika Anda tidak yakin yang mana yang Anda miliki, perhatikan baik-baik serpihan Anda. Jika kecil dan putih, Anda mungkin memiliki ketombe. Jika ukurannya besar dan kekuningan, kemungkinan besar Anda menderita psoriasis kulit kepala.

Cara lain untuk membedakannya adalah dengan melihat skala kulit kepala Anda. Jika kulit kepala Anda hanya sedikit bersisik, Anda mungkin memiliki ketombe. Namun, jika kulit kepala Anda sangat merah dan bersisik, kemungkinan Anda menderita psoriasis kulit kepala.

Perbedaan antara ketombe dan cradle cap

Ketombe adalah kondisi umum yang dapat menyerang orang-orang dari segala usia. Biasanya muncul sebagai serpihan kulit yang terlihat di kulit kepala. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kulit kering, kulit berminyak, atau penumpukan produk di kulit kepala.

Cradle cap adalah jenis dermatitis seboroik yang umumnya menyerang bayi. Biasanya muncul sebagai bercak bersisik dan berminyak di kulit kepala. Cradle cap dapat diobati dengan sampo atau krim obat yang dijual bebas.

Baca Juga!  Ini Manfaat dan Info Tentang Sampo Metal, Mau Coba?

Jadi bagaimana Anda bisa membedakan antara ketombe dan cradle cap? Jika Anda melihat serpihan kulit di kulit kepala bayi Anda, kemungkinan besar itu adalah cradle cap. Jika Anda melihat serpihan kulit di kulit kepala Anda sendiri, kemungkinan besar itu adalah ketombe.

Pilihan pengobatan untuk ketombe

Jika Anda berurusan dengan ketombe, Anda tidak sendirian—itu salah satu kondisi kulit kepala yang paling umum. Ketombe biasanya ditandai dengan serpihan kulit putih di bahu atau di rambut. Bisa juga disertai rasa gatal. Meskipun bukan kondisi yang serius, ketombe bisa jadi memalukan dan sulit untuk dihilangkan.

Ada sejumlah perawatan over-the-counter yang dapat membantu mengendalikan ketombe. Ini termasuk sampo yang mengandung selenium sulfida, zinc pyrithione, atau ketoconazole. Anda juga dapat mencoba menggunakan krim atau losion obat seperti krim kortikosteroid. Jika perawatan yang dijual bebas tidak berhasil, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat yang lebih kuat.

Kesimpulan: cara menghilangkan ketombe

Ketombe adalah masalah umum yang mempengaruhi jutaan orang. Meskipun bukan kondisi medis yang serius, itu bisa memalukan dan sulit untuk dihilangkan. Ada banyak perawatan berbeda yang tersedia, tetapi menemukan yang tepat mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan.

Langkah pertama dalam mengobati ketombe adalah mengidentifikasi penyebabnya. Jika ketombe Anda disebabkan oleh kulit kering, Anda perlu menggunakan perawatan yang berbeda dari jika itu disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan di kulit kepala. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat memilih opsi perawatan terbaik.

Ada banyak perawatan bebas yang tersedia untuk ketombe. Ini termasuk sampo, kondisioner, dan krim yang mengandung bahan anti ketombe seperti zinc pyrithione atau selenium sulfide.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *