Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Apakah Kamu Memiliki Ketombe Basah? Coba Cara Ini!

×

Apakah Kamu Memiliki Ketombe Basah? Coba Cara Ini!

Sebarkan artikel ini
ketombe basah
ketombe basah - Photo by Yogendra Singh

Jika Anda pernah berurusan dengan ketombe, Anda tahu itu bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Tapi apa yang Anda lakukan ketika ketombe basah? Ketombe basah dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk keringat, minyak berlebih, dan bahkan produk rambut tertentu. Dan sementara itu mungkin tidak biasa seperti ketombe kering, itu bisa sama menjengkelkannya. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe basah? Berikut adalah beberapa tips.

Pendahuluan: apa itu ketombe basah?

Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang menyebabkan kulit di kepala Anda mengelupas. Ini biasanya bukan masalah serius, tetapi bisa memalukan dan sulit untuk dihilangkan. Ketombe basah adalah jenis ketombe yang ditandai dengan bercak berminyak dan berminyak di kulit kepala. Ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk dermatitis seboroik, psoriasis, eksim, atau pertumbuhan jamur yang berlebihan pada kulit. Ketombe basah sering disertai dengan rasa gatal, kemerahan, dan peradangan. Jika Anda merasa memiliki ketombe basah, temui dokter Anda untuk diagnosis dan rencana perawatan.

Perbedaan antara ketombe basah dan kering

Ada dua jenis ketombe: kering dan basah. Ketombe kering adalah jenis yang paling umum, ditandai dengan serpihan putih atau abu-abu yang kering dan mudah rontok. Ketombe basah kurang umum, tetapi lebih serius. Ini ditandai dengan berminyak, serpihan kekuningan yang menempel di kulit kepala.

Ketombe disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di kulit kepala. Ketika sel-sel ini mati, mereka mengelupas dan menjadi terlihat seperti ketombe. Untuk orang dengan ketombe kering, proses ini terjadi lebih cepat dari biasanya. Bagi orang-orang dengan ketombe basah, pertumbuhan jamur yang berlebihan di kulit kepala menyebabkan sel-sel kulit mati dan mengelupas.

Baca Juga!  Minuman Untuk Menghilangkan Bau Badan

Penyebab ketombe basah

Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang menyebabkan munculnya serpihan kulit. Ini bisa memalukan dan membuat frustrasi, tetapi biasanya tidak serius. Ketombe basah adalah jenis ketombe yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari ragi di kulit kepala. Ini bisa terjadi jika kulit kepala terlalu berminyak atau jika Anda memiliki kondisi kulit seperti dermatitis seboroik. Ketombe basah juga bisa disebabkan karena terlalu sering keramas atau menggunakan sampo yang terlalu keras untuk kulit kepala Anda. Jika Anda memiliki ketombe basah, Anda mungkin memperhatikan bahwa kulit kepala Anda berminyak dan serpihannya lebih besar dari biasanya. Anda juga mungkin mengalami gatal dan kemerahan pada kulit kepala Anda. Ketombe basah dapat diobati dengan sampo atau krim antijamur yang dijual bebas.

Cara menghilangkan ketombe basah

Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang menyebabkan serpihan kulit jatuh dari rambut. Ketombe basah adalah jenis ketombe yang ditandai dengan penampilan yang berminyak dan basah. Ketombe biasanya bukan kondisi yang serius, namun bisa memalukan dan sulit untuk dihilangkan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe basah dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Langkah pertama untuk menghilangkan ketombe basah adalah dengan mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya. Ketombe basah sering disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Malassezia. Jamur ini hidup di kulit kepala banyak orang tetapi hanya menyebabkan masalah ketika tumbuh di luar kendali. Kemungkinan penyebab ketombe basah lainnya termasuk dermatitis seboroik, psoriasis, eksim, dan dermatitis kontak.

Cara mengatasi ketombe basah

Ketombe adalah masalah umum yang mempengaruhi pria dan wanita. Ini bisa memalukan dan membuat frustrasi, terutama saat basah. Berikut beberapa tips cara mengatasi ketombe basah:

Baca Juga!  Cara Menambah Berat Badan 5kg Dalam Seminggu
  • Coba gunakan sampo yang lembut. Beberapa sampo bisa menjadi keras pada kulit kepala Anda dan memperburuk ketombe. Carilah sampo yang dirancang untuk kulit sensitif atau ketombe.
  • Jangan menggaruk kulit kepala Anda. Ini hanya akan memperburuk masalah dengan mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan lebih banyak serpihan yang rontok. Jika Anda harus menggaruk, lakukan dengan lembut dengan jari-jari Anda.
  • Cuci rambut Anda lebih sering jika berminyak. Rambut berminyak lebih cenderung menyebabkan ketombe, jadi mencucinya setiap hari atau dua hari sekali dapat membantu mengendalikan masalah.
  • Gunakan sampo obat ketombe atau sampo metal.

Kesimpulan

Jika Anda salah satu dari sekitar 40 juta hingga 50 juta orang di Indonesia yang menderita ketombe, Anda tahu betapa sulitnya menghilangkan ketombe. Anda mungkin sudah mencoba setiap sampo di pasaran, dan sepertinya tidak ada yang berhasil. Jadi apa cara terbaik untuk menghilangkan ketombe?

Berikut rekap singkat dari apa yang telah kami bahas:

Ketombe disebabkan oleh kombinasi kulit kering dan pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Malassezia.

Cara terbaik untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan pembersih yang lembut, seperti sampo bayi, dan mengelupas kulit kepala dengan sikat atau kain lembut. Anda juga bisa mencoba menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung ketoconazole atau selenium sulfide.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *