Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya

Avatar
×

Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
ketombe basah
ketombe basah - Photo by Darya Ogurtsova

Ketombe adalah masalah umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Meskipun bukan kondisi medis yang serius, ketombe bisa menjadi sumber rasa malu dan sulit untuk dihilangkan. Ada banyak penyebab ketombe yang berbeda, tetapi penyebab paling umum adalah kulit kering. Penyebab lainnya antara lain kulit berminyak, terlalu sering keramas, menggunakan detergen yang keras, dan tidak menggunakan kondisioner.

Pendahuluan: apa itu ketombe basah dan apa penyebabnya?

Ketombe basah adalah bentuk ketombe yang ditandai dengan sifat berminyak dan kelembapan yang berlebihan. Ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kebersihan yang buruk, kelenjar sebaceous yang terlalu aktif, atau reaksi terhadap produk perawatan batang rambut baru. Ketombe basah mungkin sulit untuk dihilangkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melawannya.

Peran kelembaban: bagaimana kelembaban berkontribusi pada ketombe basah?

Ketombe basah, juga dikenal sebagai dermatitis seboroik, adalah kondisi umum yang menyebabkan kulit di kulit kepala menjadi teriritasi dan bersisik. Sementara penyebab pasti dermatitis seboroik tidak diketahui, diyakini terkait dengan kelebihan produksi minyak di kulit. Minyak berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan ragi dan bakteri, yang selanjutnya dapat mengiritasi kulit kepala.

Untuk mengetahui kelembaban berperan dalam ketombe basah dengan menyediakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan ragi dan bakteri. Ketika kulit kepala Anda terus-menerus terkena kelembaban (baik dari berkeringat, mandi, atau berenang), ini dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi organisme ini untuk berkembang. Selain itu, kelembapan juga bisa membuat serpihan kulit yang berhubungan dengan ketombe lebih terlihat dan terasa.

Baca Juga!  Minuman Untuk Menghilangkan Bau Badan

Keringat: penyebab lain ketombe basah

Keringat juga bisa menjadi penyebab ketombe basah lainnya. Saat cuaca panas dan lembap, kita akan lebih banyak berkeringat dan ini bisa membuat kulit kepala kita berminyak dan berujung pada ketombe. Jika Anda berkeringat sebagai salah satu penyebab utama ketombe basah, usahakan agar kulit kepala tetap sejuk dan kering dengan mengenakan pakaian longgar dan menggunakan handuk lembut untuk mengeringkan kepala setelah berkeringat. Anda juga bisa mencoba menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung selenium sulfida atau zinc pyrithione yang dapat membantu mengontrol minyak di kulit kepala.

Jarang keramas: mengapa jarang keramas dapat menyebabkan ketombe basah

Salah satu penyebab utama ketombe basah adalah tidak cukup keramas. Bila Anda tidak cukup sering keramas, minyak dan keringat di kulit kepala Anda dapat menumpuk dan menyebabkan ketombe. Selain itu, jika Anda tidak keramas dengan benar, Anda mungkin tidak dapat menghilangkan semua sebum dan kotoran dari kulit kepala Anda, yang juga dapat menyebabkan ketombe.

Jika Anda merasa menderita ketombe basah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkannya. Pertama, coba tingkatkan frekuensi keramas Anda. Jika Anda masih melihat serpihan setelah beberapa hari, coba gunakan sampo obat ketombe. Anda juga dapat mencoba menggunakan scrub kulit kepala atau masker pengelupasan untuk membantu menghilangkan penumpukan di kulit kepala.

Terlalu banyak keramas: di sisi lain, keramas terlalu banyak juga dapat menyebabkan ketombe basah

Jika Anda keramas terlalu banyak, itu bisa menghilangkan minyak alami yang menjaga kulit kepala Anda tetap sehat. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan, gatal, dan ketombe. Ketombe basah sangat umum terjadi pada orang yang memiliki kulit atau kulit kepala berminyak. Jika Anda merasa keramas terlalu banyak, coba gunakan sampo yang tidak terlalu kering atau kurangi seberapa sering Anda mencuci perawatan rambut.

Baca Juga!  Ciri Ciri Berat Badan Mulai Turun

Mengatasi ketombe basah: bagaimana cara mengatasi ketombe basah?

Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang menyebabkan pengelupasan dan gatal-gatal. Meskipun bisa menjadi gangguan, ketombe biasanya tidak serius. Namun, ketombe basah bisa lebih sulit ditangani dan mungkin memerlukan perawatan yang berbeda.

Ketombe basah disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala dan rambut. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati, yang kemudian dapat kulit kepala yang mengelupas. Ketombe basah juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis atau dermatitis seboroik.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu cara mengatasinya ketombe basah maupun ketombe kering:

-Cuci rambut Anda secara teratur dengan sampo ringan. Keramas membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati dari kulit kepala kering.

Kesimpulan

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang menyebabkan terbentuknya serpihan kulit. Ini adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda, termasuk kulit kering, kulit berminyak, dan infeksi jamur. Ketombe dapat mengganggu, tetapi biasanya tidak serius. Ada beberapa cara untuk mengobati ketombe, termasuk perawatan yang dijual bebas dan pengobatan rumahan.

Jika Anda memiliki ketombe, Anda mungkin bertanya-tanya apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkannya. Artikel ini akan menjelaskan penyebab ketombe basah dan menawarkan beberapa tips untuk perawatannya.

Ketombe basah disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari ragi di kulit kepala. Jenis ketombe ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak atau yang tidak cukup sering mencuci rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *