Scroll untuk baca artikel
Resep

Keripik Singkong Balado Khas Sumatera Barat

×

Keripik Singkong Balado Khas Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini

Keripik Singkong Balado adalah makanan khas dari Sumatera Barat yang terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Kemudian, keripik singkong tersebut diberi bumbu balado yang pedas dan gurih. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Untuk membuat Keripik Singkong Balado, kamu membutuhkan singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian, singkong tersebut diiris tipis menggunakan mandolin atau pisau tajam. Setelah itu, singkong dijemur di bawah sinar matahari atau oven hingga kering.

Setelah singkong kering, goreng singkong dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, tiriskan keripik singkong dan beri bumbu balado yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata dan siap disajikan.

Bahan Bumbu Balado

  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 lembar daun jeruk

Semua bahan di atas dihaluskan hingga lembut dan siap digunakan sebagai bumbu balado.

Kelezatan Keripik Singkong Balado

Keripik Singkong Balado memiliki rasa yang pedas dan gurih, sehingga cocok untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Keripik ini juga sangat renyah dan nikmat dimakan sebagai camilan atau pendamping makan nasi.

Baca Juga!  Resep Keripik Bayam Kriuk

FAQ

Apakah Keripik Singkong Balado sehat?

Keripik Singkong Balado mengandung banyak kalori dan lemak, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak. Namun, singkong juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus.

Apakah Keripik Singkong Balado bisa dijadikan oleh-oleh?

Tentu saja, Keripik Singkong Balado bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Kamu bisa membeli keripik singkong ini di pasar tradisional atau membuat sendiri di rumah.

Apakah Keripik Singkong Balado hanya ada di Sumatera Barat?

Keripik Singkong Balado memang berasal dari Sumatera Barat, namun sekarang sudah banyak dijual di seluruh Indonesia. Kamu bisa mencari keripik singkong ini di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Kesimpulan

Keripik Singkong Balado adalah makanan khas dari Sumatera Barat yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah, kemudian diberi bumbu balado yang pedas dan gurih. Kamu bisa membuat sendiri keripik singkong ini di rumah atau membelinya di pasar tradisional maupun supermarket. Namun, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak karena mengandung banyak kalori dan lemak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *