Asupan Kalori Harian Ideal untuk Tubuh Idealmu

Lili Zulaika

Kalori harian

Penasaran seperti apa asupan kalori harian yang ideal untuk tubuh dan gaya hidup kamu? Apakah kamu ingin tahu berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh kamu untuk aktivitas fisik dan olahraga, serta aktivitas sehari-hari?

Memahami dan menghitung jumlah asupan kalori yang tepat untuk tubuh kamu merupakan langkah penting untuk mencapai gaya hidup sehat dan bugar.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan wawasan tentang asupan kalori harian ideal yang akan membantu kamu mempertahankan tubuh ideal dan memenuhi tujuan aktivitas fisik kamu.

Asupan Kalori Harian Ideal

Semua orang ingin mencapai tubuh ideal mereka. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menghitung asupan kalori harian kamu. Mengetahui asupan kalori harian yang ideal untuk kamu dapat membantu kamu mencapai tujuan mencapai tubuh dan gaya hidup yang sehat.

Jumlah kalori yang disarankan yang harus dikonsumsi seseorang dalam satu hari bergantung pada banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, massa otot, dan tingkat metabolisme.

Secara umum, wanita membutuhkan sekitar 1.200-2.000 kalori per hari sedangkan pria membutuhkan sekitar 2.400-3.000 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan mereka saat ini. Bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan atau menambah massa otot, penting untuk menyesuaikan angka-angka ini dengan mengurangi atau menambah asupan kalori harian kamu masing-masing.

Memperhatikan kebutuhan nutrisi kamu sangat penting jika kamu ingin tetap sehat dan energik sepanjang hari.

Tingkat metabolisme basal

Tingkat metabolisme basal (BMR) adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh kamu untuk mempertahankan aktivitas rutinnya. Mengetahui BMR kamu membantu kamu menentukan berapa banyak kalori yang kamu butuhkan setiap hari untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan mencegah masalah kesehatan.

Baca Juga!  4 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk nipis

Menghitung BMR kamu membutuhkan memasukkan informasi seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktivitas ke kalkulator online, yang akan mengembalikan perkiraan berapa banyak kalori yang kamu bakar saat istirahat.

Angka ini kemudian dapat digunakan untuk menghitung asupan kalori harian yang ideal untuk mencapai bentuk atau ukuran tubuh yang kamu inginkan.

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN KALORI HARIAN - #DietNutritionismeIndonesia #Diet #TentangDiet

Menjaga pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Indeks massa tubuh

Mencapai tubuh ideal kamu membutuhkan kombinasi diet dan olahraga. Mengetahui berapa banyak kalori yang perlu kamu bakar setiap hari adalah kuncinya, dan salah satu cara untuk memperkirakan kebutuhan kalori harian kamu adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (BMI).

BMI dapat membantu kamu memahami apakah berat badan kamu sehat atau jika kamu perlu menurunkan atau menambah berat badan untuk mencapai komposisi tubuh yang ideal.

BMI kamu dihitung menggunakan tinggi dan berat badan kamu. kamu dapat menggunakan kalkulator online atau berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Setelah kamu mendapatkan hasilnya, itu akan jatuh ke dalam salah satu dari tiga kategori – kurus, kisaran normal/sehat, dan kelebihan berat badan/obesitas – yang menunjukkan berapa banyak energi (kalori) yang kamu butuhkan per hari untuk mempertahankan atau mencapai komposisi tubuh ideal untuk usia dan ukuran kamu.

Tingkat aktifitas

Dalam hal menjaga berat badan ideal, jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari sama pentingnya dengan tingkat aktivitas. Persamaan Harris Benedict dapat membantu kamu menentukan kebutuhan kalori kamu. Formula ini memperhitungkan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas kamu untuk memperkirakan berapa banyak kalori yang harus kamu konsumsi setiap hari.

Misalnya, jika kamu seorang pria berusia 20-an yang tidak banyak bergerak, persamaannya menunjukkan bahwa dia mengonsumsi sekitar 2500 kalori per hari untuk mempertahankan berat badannya saat ini.

Jika dia lebih aktif atau ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram maka dia dapat menyesuaikan angka ini dengan mengurangi asupan kalori atau meningkatkan aktivitas fisik. Misalnya, menambahkan olahraga sedang selama 30 menit dapat meningkatkan kebutuhan kalorinya hingga 2700 kalori per hari yang kemudian dapat diimbangi dengan makan lebih banyak atau dengan mengurangi ukuran porsi.

Baca Juga!  Turunkan Berat Badan dengan Diet Rendah Kalori

Keseimbangan Makronutrien

Dalam mencapai tubuh ideal, salah satu elemen terpenting adalah memahami berapa banyak kalori yang kamu butuhkan setiap hari. Mencapai keseimbangan yang tepat antara makronutrien – protein, karbohidrat, dan lemak – sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kamu.

Jumlah kalori yang kamu butuhkan setiap hari akan bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan tingkat aktivitas kamu. Selain itu, jenis makanan yang kamu konsumsi juga berperan besar dalam menentukan berapa banyak energi yang dibutuhkan tubuh kamu.

Mengonsumsi makanan dengan rasio makronutrien yang seimbang – protein, karbohidrat, dan lemak – membantu memastikan bahwa kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal.

Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit salah satu nutrisi dapat menyebabkan kekurangan atau bahkan konsumsi berlebihan yang dapat merusak kesehatan jangka panjang kamu.

Pertimbangan Personalisasi

Pertimbangan Personalisasi adalah kunci saat menentukan asupan kalori harian yang ideal untuk tubuh ideal kamu. Mengetahui berapa banyak kalori yang perlu kamu konsumsi setiap hari bisa menjadi tantangan jika kamu tidak memiliki rencana yang dipersonalisasi.

Jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menopang berat badan kamu akan bervariasi berdasarkan beberapa faktor, antara lain usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan tingkat aktivitas. Bagi mereka yang ingin membakar lebih banyak kalori daripada yang diperlukan untuk berat badan mereka saat ini, ada pertimbangan tambahan yang harus diperhatikan.

Pilihan makanan juga harus berperan dalam proses personalisasi saat menemukan asupan kalori harian yang tepat. Makan makanan padat nutrisi membantu individu mencapai berat badan ideal sambil memastikan mereka menerima cukup vitamin dan mineral penting dari makanan mereka.

Selain itu, berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pengeluaran kalori yang selanjutnya dapat membantu mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga!  Wajib Coba! Menu Diet Defisit Kalori 7 Hari

Kesimpulan

Kesimpulan asupan kalori harian yang ideal untuk tubuh ideal kamu adalah tergantung pada masing-masing individu. Setiap orang memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda dalam hal kesehatan, kebugaran, dan berat badan. Penting untuk mempertimbangkan usia, ukuran, tingkat aktivitas, jenis kelamin, dan faktor lainnya saat menghitung jumlah kalori yang tepat untuk kamu.

Sangat penting untuk membuat pilihan makanan sehat dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti buah dan sayuran. Makan diet seimbang dengan berbagai biji-bijian, protein, lemak, vitamin dan mineral akan membantu kamu mencapai tingkat energi optimal sekaligus menjaga asupan kalori tetap terkendali.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang kamu butuhkan setiap hari. Berpartisipasi dalam aktivitas seperti berjalan atau berlari bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental – sekaligus membantu membakar kalori!

FAQ

Bagaimana Cara Memantau Asupan Kalori Harian?

Untuk mengetahui anggaran energi harian, fokuslah pada makanan berkalori tinggi dan makanan rendah kalori. Terutama jika diet kamu terdiri dari berat badan. Berikut adalah beberapa bahan makanan yang biasanya dianggap berkalori tinggi. Alpukat. Setiap seratus gram mengandung 160 kalori.

Apa Yang Terjadi Jika Asupan Kalori Terlalu Tinggi?

Jika asupan makanan terlalu tinggi, tubuh akan menyimpan kelebihan energi dalam bentuk lemak. Kadar lemak tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Sebaliknya, jika asupan makanan terlalu rendah, maka organ tubuh akan kekurangan energi untuk menjalankan fungsinya.

Berapa Banyak Kalori Yang Dibutuhkan Setiap Hari?

Kebutuhan kalori akan berbeda tergantung pada usia, fisik, dan tingkat aktivitas fisik kamu (misalnya berolahraga secara teratur). Umumnya, kamu harus mengonsumsi 2.000 kalori sehari dari wanita, dan 2.500 kalori dari pria. Lalu, untuk menghitung berapa kalori yang harus kamu dapatkan setiap hari, simak panduannya di bagian berikut ini!

Berapa Kebutuhan Kalori Per Hari?

Untuk anak atau remaja yang aktif, kebutuhan kalori hariannya antara 1.000 hingga 2.000 kalori. Untuk remaja, bisa berkisar antara 1.400 hingga 3.200 kalori per hari. Kebutuhan kalori anak-anak biasanya lebih tinggi daripada orang dewasa.

Also Read

Bagikan:

Lili Zulaika

Lili Zulaikah adalah seorang penulis berwawasan luas yang lulusan sarjana komunikasi. Dia memiliki hobi nongkrong dan menyukai kopi. Lili mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang informatif dan menginspirasi dengan gaya yang santai dan menghibur. Profilnya yang berwawasan luas dan gaul menjadikannya sebagai penulis yang dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar