3 Jenis Teknologi Produksi Woodward: Pemahaman yang Mendalam

Akbar Fauziah

Jenis Teknologi Produksi Woodward

Teknologi produksi memiliki peran yang sangat penting dalam dunia industri. Salah satu konsep yang membantu kita memahami berbagai jenis teknologi produksi adalah “Teknologi Produksi Woodward.” Joan Woodward, seorang peneliti yang mengkhususkan diri dalam studi teknologi organisasi, mengembangkan tiga jenis teknologi produksi yang membantu kita memahami bagaimana berbagai organisasi memproduksi barang dan layanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas dan menjelaskan tiga jenis teknologi produksi Woodward.

1. Teknologi Produksi Unit atau Tunggal (Unit Production Technology)

Teknologi produksi ini melibatkan produksi produk secara tunggal atau dalam jumlah kecil sesuai pesanan. Hal ini berarti produk dibuat secara individual atau dalam jumlah yang sangat terbatas. Karakteristik utama dari teknologi ini adalah sederhana dan menggantung pada kemampuan operator. Tidak ada penggunaan peralatan atau mesin yang mekanis atau otomatis dalam proses produksi.

Sebagai contoh, toko kerajinan tangan yang membuat produk unik berdasarkan pesanan pelanggan adalah contoh dari teknologi produksi unit. Karena setiap produk dibuat secara manual dan tidak ada penggunaan mesin yang signifikan, kepastian terhadap jumlah dan keseragaman produk yang dihasilkan sangat rendah.

2. Teknologi Produksi Masa (Mass Production Technology)

Teknologi produksi masa melibatkan produksi produk dalam jumlah besar atau massal. Ini adalah teknologi yang lebih kompleks daripada teknologi produksi unit. Pada dasarnya, ini adalah cara massal untuk menghasilkan barang. Teknologi produksi ini menggunakan mesin dan peralatan yang mekanis atau otomatis, yang memungkinkan produksi dalam jumlah besar dan dengan tingkat kepastian yang lebih tinggi terhadap jumlah dan karakteristik produk yang dihasilkan.

Baca Juga!  Memotivasi Tukang Kebun dan Manajer: Menerapkan 4 Teori Motivasi Maslow

Industri otomotif adalah salah satu contoh terkenal dari teknologi produksi massa. Mesin otomatis digunakan untuk menghasilkan mobil dalam jumlah yang besar, dan setiap mobil diproduksi sesuai dengan standar yang ketat.

3. Teknologi Produksi Proses (Process Production Technology)

Teknologi produksi proses melibatkan produksi produk dengan teknik produksi secara bertahap. Teknologi ini paling rumit dan memerlukan mesin dan peralatan yang sangat canggih. Ini adalah teknologi yang digunakan dalam industri-industri yang memproduksi barang dengan proses yang melibatkan banyak tahap dan teknik yang kompleks.

Contoh industri yang menggunakan teknologi produksi proses termasuk industri penyulingan minyak dan industri bahan kimia. Dalam industri ini, produk diproduksi melalui serangkaian proses yang rumit dan canggih, yang memerlukan mesin dan peralatan khusus.

Dalam penelitiannya, Joan Woodward menemukan bahwa ada 10 kelas teknologi yang berbeda pada 100 perusahaan yang diteliti. Namun, ia mengelompokkannya menjadi tiga kelompok teknologi produksi yang telah dijelaskan di atas. Tujuan dari mengidentifikasi dan memahami teknologi produksi adalah untuk membantu organisasi dalam memilih teknologi produksi yang sesuai dengan jenis produk yang dihasilkan dan memperbaiki efisiensi produksi.

Penting untuk diingat bahwa perkembangan teknologi terus berlanjut. Dalam era modern, teknologi otomatisasi dan digitalisasi semakin mendominasi banyak industri. Oleh karena itu, pemahaman tentang teknologi produksi tetap penting untuk membantu organisasi tetap relevan dan efisien.

Also Read

Bagikan:

Akbar Fauziah

Akbar Fauziah adalah seorang penulis lulusan sarjana komunikasi yang suka ngeblog dan menulis novel. Dia dikenal sebagai admin yang baik hati dan penulis kreatif. Akbar mampu menghasilkan tulisan-tulisan menarik dan berkualitas, serta memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca secara positif. Profilnya sebagai penulis yang berhati baik dan kreatif menjadikannya sosok yang dihormati dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar