Scroll untuk baca artikel
Rupa

Jenis-Jenis Plastik Yang Digunakan Sebagai Bahan Pengemas

×

Jenis-Jenis Plastik Yang Digunakan Sebagai Bahan Pengemas

Sebarkan artikel ini

Ketika kamu pergi ke supermarket atau toko, kamu pasti melihat produk yang dikemas dalam berbagai macam plastik. Namun, apakah kamu tahu jenis-jenis plastik yang digunakan sebagai bahan pengemas tersebut? Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai jenis plastik yang biasa digunakan sebagai bahan pengemas.

1. PET (Polyethylene Terephthalate)

PET adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk botol air minum, botol minuman bersoda, botol jus, dan botol plastik minuman lainnya. Pada awalnya, PET hanya digunakan untuk botol air minum, tetapi seiring waktu, banyak perusahaan telah beralih menggunakan PET sebagai bahan pengemas, karena PET mudah didaur ulang dan lebih ramah lingkungan.

2. HDPE (High-Density Polyethylene)

HDPE adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk botol susu bayi, botol sampo, botol cairan pembersih, botol minyak goreng, dan pipet. HDPE memiliki sifat tahan bocor dan kuat, serta dapat didaur ulang. HDPE juga terkadang digunakan untuk membuat wadah makanan dan kantong belanja.

3. PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk kemasan makanan, kabel listrik, dan pipa. PVC juga digunakan sebagai bahan pengemas untuk makanan kaleng dan plastik film yang digunakan untuk membungkus makanan. Namun, PVC mengandung klorin, yang dapat melepaskan bahan beracun jika terbakar atau terurai.

4. LDPE (Low-Density Polyethylene)

LDPE adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk membuat wadah makanan, kantong belanja, kantong sampah, dan kantong plastik. LDPE dapat didaur ulang dan lebih fleksibel daripada HDPE, sehingga sering digunakan untuk kantong belanja dan kantong sampah.

Baca Juga!  Menganalisis Data Geografi dengan Metode Statistik

5. PP (Polypropylene)

PP adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk kemasan makanan, seperti yogurt, saus, dan mentega. PP juga digunakan sebagai bahan pengemas untuk makanan kaleng dan kotak makanan. PP tahan panas dan dingin, serta mudah didaur ulang.

Namun, kamu harus ingat bahwa terlepas dari jenis plastik yang digunakan, penggunaan plastik yang berlebihan dapat merusak lingkungan, karena plastik tidak mudah terurai. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memilah sampah dan mengembalikan plastik ke fasilitas daur ulang.

FAQ

Apa bedanya PET dan HDPE?

PET biasanya digunakan untuk botol minuman dan HDPE digunakan untuk botol susu bayi, kantong belanja, dan pipet. PET juga biasanya lebih padat dan keras, sementara HDPE lebih fleksibel dan tahan bocor.

Apa bahaya PVC?

PVC mengandung klorin, yang dapat mengeluarkan bahan beracun jika terbakar atau terurai.

Mengapa penggunaan plastik harus dihindari?

Penggunaan plastik yang berlebihan dapat merusak lingkungan, karena plastik tidak mudah terurai dan bisa mencemari lingkungan jika tidak didaur ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *