Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Integrasi Portofolio Guru Dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Avatar
×

Integrasi Portofolio Guru Dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Sebarkan artikel ini
Integrasi Portofolio Guru Dalam Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah sebuah inisiatif dari Kemendikbudristek yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru di Indonesia. Salah satu fitur utama dalam PMM adalah integrasi portofolio guru yang memungkinkan para guru untuk membangun profil dan portofolio digital mereka.

Portofolio guru sangat penting karena dapat menjadi bukti kompetensi dan pencapaian guru. Melalui portofolio, guru dapat menunjukkan karya-karya, prestasi, serta perkembangan kompetensi mereka. Oleh karena itu, keberadaan fitur portofolio guru dalam PMM patut diapresiasi.

Fitur “Berkarya”

Fitur “Berkarya” adalah salah satu fitur utama terkait portofolio guru dalam PMM. Melalui fitur ini, guru dapat mengunggah berbagai karya mereka seperti:

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Modul/bahan ajar
  • Video pembelajaran
  • Bahan presentasi
  • Artikel pendidikan
  • Foto dokumentasi kegiatan pembelajaran dan lainnya

Selain mengunggah karya, guru juga dapat memberikan deskripsi, kategori/tag, serta komentar pada setiap karya yang diunggahnya. Guru bahkan bisa saling memberikan komentar pada karya guru lainnya. Hal ini mendorong terjadinya pertukaran praktik baik di antara guru.

Dengan adanya fitur ini, karya-karya guru yang selama ini tersimpan di komputer masing-masing kini bisa diakses secara terbuka lewat PMM. Karya guru jadi lebih terlihat dan diakui orang banyak. Tentu ini bisa meningkatkan semangat berkarya para guru.

Bukti Karya Saya

Fitur “Bukti Karya Saya” memungkinkan guru untuk mendokumentasikan berbagai pencapaian, karya, dan prestasi mereka sehingga menjadi portofolio digital. Guru bisa memasukkan sertifikat diklat, piagam penghargaan, surat tugas, foto kegiatan, dan berbagai dokumen pendukung lainnya.

Dengan adanya fitur ini, guru memiliki tempat khusus untuk mengumpulkan dan menyimpan rapi berbagai bukti fisik pencapaian mereka. Jika sewaktu-waktu ada pihak yang memerlukan, guru tinggal merujuk pada portofolio digital mereka di PMM.

Baca Juga!  3 Perbedaan Antara Klasifikasi dan Analisis dalam Ilmu Pengetahuan Logika

Portofolio ini bisa menjadi bukti kompetensi dan kualifikasi guru bila akan melamar ke sekolah baru atau mengajukan sertifikasi. Pokoknya fitur ini sangat bermanfaat untuk membantu guru mengelola data pribadi dan pencapaian mereka.

Asesmen Murid

Salah satu tugas penting guru adalah melakukan penilaian terhadap kemampuan dan perkembangan pembelajaran siswa. Untuk memudahkan hal tersebut, PMM menyediakan fitur “Asesmen Murid”.

Lewat fitur ini, guru dapat mengakses dan menggunakan paket soal untuk melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi siswa. Hasilnya bisa langsung dilihat oleh guru sehingga memudahkan mereka untuk menerapkan strategi dan program pembelajaran yang tepat sasaran.

Manfaat lain dari Asesmen Murid adalah guru bisa memantau secara berkala capaian pembelajaran siswa-siswanya. Ini penting dilakukan dalam rangka melakukan evaluasi dan terus meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Pelatihan Mandiri

Pengembangan kompetensi guru tidak hanya dilakukan lewat diklat formal yang diadakan pemerintah. Guru bisa dan harus belajar secara mandiri. Untuk mendukung hal itu, PMM menyediakan akses ke berbagai materi pelatihan berkualitas yang bisa diakses guru kapan saja dan di mana saja.

Beberapa materi pelatihan mandiri yang tersedia antara lain terkait penguatan literasi dan numerasi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, implementasi kurikulum merdeka, dan topik edukasi lainnya.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi guru untuk terus mengasah kompetensi secara mandiri. Apalagi materinya sangat relevan dengan kebutuhan guru saat ini terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Guru jadi bisa belajar tanpa harus menunggu jadwal diklat formal yang terkadang lama.

Penutup

Itulah beberapa fitur integrasi portofolio guru yang ada pada Platform Merdeka Mengajar. Fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk membantu guru mengelola data pribadi dan pencapaian mereka, sekaligus menjadi wadah pertukaran praktik baik antar guru.

Baca Juga!  Kewajiban Ilmuwan Muslim dalam Menyebarkan Ilmu: Ajaran Islam dan Tanggung Jawab Sosial

Dengan PMM, diharapkan kualitas guru Indonesia bisa terus meningkat seiring dengan tuntutan zaman. Kunjungi laman resmi PMM untuk info lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *