Scroll untuk baca artikel
Bisnis

6 Inovasi Manajemen Kopi Kenangan untuk Meningkatkan Bisnis

×

6 Inovasi Manajemen Kopi Kenangan untuk Meningkatkan Bisnis

Sebarkan artikel ini
Inovasi Manajemen Kopi Kenangan untuk Meningkatkan Bisnis

Kopi Kenangan adalah salah satu perusahaan kopi yang berkembang pesat di Indonesia. Didirikan pada tahun 2017, Kopi Kenangan kini telah memiliki lebih dari 600 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kopi Kenangan juga telah sukses mencapai valuasi lebih dari USD 1 miliar dan menyandang status sebagai perusahaan rintisan (startup) unicorn pertama di Asia Tenggara.

Kesuksesan Kopi Kenangan tentu tidak lepas dari berbagai inovasi manajemen yang dilakukan. Beberapa inovasi manajemen utama yang menjadi kunci sukses Kopi Kenangan antara lain:

1. Inovasi dalam Sistem Manajemen Persediaan

Pada tahun 2021, Kopi Kenangan meluncurkan sistem manajemen persediaan terintegrasi dengan aplikasi mobile. Sistem ini membantu Kopi Kenangan untuk memantau stok bahan baku dan barang di setiap gerai secara real-time. Dengan demikian, Kopi Kenangan dapat menghindari masalah kekurangan persediaan yang dapat mengganggu operasional gerai.

2. Standarisasi Melalui Pelatihan dan Sertifikasi Barista

Kopi Kenangan

Kopi Kenangan mendirikan Kenangan Academy yang bertugas untuk melakukan pelatihan dan sertifikasi bagi para barista. Melalui akademi ini, Kopi Kenangan memastikan kualitas dan keterampilan barista dalam meracik dan menyajikan kopi sesuai standar. Hal ini penting untuk menjaga kualitas rasa kopi Kopi Kenangan.

3. Inovasi Mesin dan Teknologi Pembuatan Kopi

Kopi Kenangan mengadopsi mesin-mesin dan teknologi modern dalam proses pembuatan kopi di gerainya. Penggunaan mesin otomatis ini menjaga konsistensi cita rasa kopi sesuai resep dan standar yang ditetapkan.

Baca Juga!  Keterkaitan Antara Analisa Jabatan, Perencanaan SDM, Seleksi, dan Perekrutan SDM dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

4. Ekspansi ke Produk Makanan dan Strategi Omnichannel

Kopi Kenangan melakukan ekspansi tidak hanya pada kopi, tapi juga produk makanan pendamping seperti roti dan ayam goreng. Kopi Kenangan juga menerapkan strategi omnichannel dengan membuka gerai offline, mendaftar di aplikasi online delivery, dan memiliki aplikasi pemesanan sendiri.

5. Strategi Kolaborasi Pemasaran

Pemasaran Kopi Kenangan

Kopi Kenangan aktif melakukan kolaborasi dengan berbagai brand ternama dan influencer untuk inovasi produk dan promosi. Misalnya kolaborasi dengan BTS, Nicholas Saputra, dan lain-lain.

6. Penerapan Budaya Organisasi Berkelanjutan

Kopi Kenangan menerapkan budaya organisasi yang fokus pada aspek keberlanjutan bisnis dari sisi lingkungan, sosial, dan tata kelola. Hal ini terlihat dari visi Kenangan Sustainability Journey 2030.

Demikian beberapa contoh inovasi manajemen yang dilakukan oleh Kopi Kenangan. Inovasi-inovasi tersebut terbukti mampu mendorong pertumbuhan pesat Kopi Kenangan hingga menjadi salah satu perusahaan kopi terkemuka di Indonesia. Inovasi manajemen yang berkelanjutan diperlukan agar Kopi Kenangan tetap kompetitif dan unggul dalam persaingan bisnis kopi ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *