Scroll untuk baca artikel
Rupa

Hukum Hooke dan Pertambahan Panjang Batang yang Ditarik oleh Gaya

Avatar
×

Hukum Hooke dan Pertambahan Panjang Batang yang Ditarik oleh Gaya

Sebarkan artikel ini
book lot on black wooden shelf

Pertambahan panjang pada suatu batang yang ditarik oleh suatu gaya dapat diterangkan dengan hukum Hooke. Hukum ini menyatakan bahwa besarnya gaya yang diterima oleh batang berkaitan linier dengan besarnya pertambahan panjang batang tersebut. Dalam hal ini, gaya dan pertambahan panjang memiliki hubungan yang sebanding.

Apa itu Hukum Hooke

Hukum Hooke adalah sebuah hukum dalam bidang Fisika yang ditemukan oleh Robert Hooke. Hukum ini membahas mengenai sifat elastisitas benda, terutama pegas. Menurut Hukum Hooke, besar gaya yang diberikan pada benda elastis akan berbanding lurus dengan pertambahan panjang pegas dari keadaan awalnya.

Artinya, jika gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas tidak melewati batas elastis bahan, maka pertambahan panjang pegas akan sebanding dengan gaya tariknya. Hukum ini memiliki aplikasi yang luas dalam dunia fisika, terutama dalam memahami perilaku elastisitas benda. Hukum Hooke membantu menjelaskan mengapa benda dapat kembali ke bentuk awalnya setelah diberikan gaya eksternal.

Prinsip Dasar Hukum Hooke

Hukum Hooke berdasarkan pada prinsip dasar bahwa suatu benda elastis akan kembali ke bentuk semula setelah gaya yang bekerja pada benda tersebut dilepaskan. Dalam hal ini, benda elastis dapat didefinisikan sebagai benda yang dapat mengalami perubahan bentuk ketika diterapkan gaya pada benda, namun kembali ke bentuk semula setelah gaya tersebut dilepaskan.

Sebagai contoh, jika suatu bola ditempelkan pada dinding dan diterapkan gaya pada bola tersebut, maka bola akan mengalami perubahan bentuk. Namun, setelah gaya tersebut dilepaskan, bola akan kembali ke bentuk semula. Ini menunjukkan bahwa bola merupakan benda elastis.

Baca Juga!  Pameran Heterogen: Pengertian dan Contohnya

Persamaan Hukum Hooke

Persamaan hukum Hooke dapat dituliskan sebagai berikut:

F = -kx

Dimana:

  • F adalah gaya yang diterima oleh benda elastis
  • k adalah konstanta pegas
  • x adalah pertambahan panjang benda elastis

Persamaan ini menyatakan bahwa besarnya gaya yang diterima oleh benda elastis berkaitan linier dengan besarnya pertambahan panjang benda elastis tersebut. Semakin besar gaya yang diterapkan pada benda, maka semakin besar pula pertambahan panjang yang akan terjadi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertambahan Panjang

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya pertambahan panjang pada suatu benda elastis, antara lain:

  • Besar gaya yang diterapkan pada benda
  • Modulus Young bahan benda elastis
  • Panjang awal benda elastis
  • Diameter benda elastis

Semakin besar gaya yang diterapkan pada benda, maka semakin besar pula pertambahan panjang yang akan terjadi. Demikian juga, semakin tinggi modulus Young bahan benda, maka semakin kecil pertambahan panjang yang akan terjadi pada benda.

Keterbatasan Hukum Hooke

Meskipun hukum Hooke memberikan pemahaman yang baik mengenai pertambahan panjang pada suatu benda elastis yang diterapkan gaya, namun hukum ini memiliki beberapa keterbatasan. Salah satu keterbatasan tersebut adalah hukum ini tidak berlaku pada benda elastis yang mengalami deformation plastik atau permanent.

Deformation plastik adalah perubahan bentuk pada suatu benda yang tidak dapat dikembalikan ke bentuk semula setelah gaya dilepaskan. Dalam hal ini, hukum Hooke tidak dapat menjelaskan besarnya gaya pada benda tersebut karena gaya yang bekerja pada benda memiliki efek permanen pada bentuk benda.

Kesimpulan

Dalam menjelaskan pertambahan panjang pada suatu batang yang diterapkan gaya, hukum Hooke memberikan pemahaman yang baik mengenai hubungan antara gaya dan pertambahan panjang pada benda elastis. Persamaan hukum Hooke menunjukkan bahwa besarnya gaya yang diterima oleh benda elastis berkaitan linier dengan besarnya pertambahan panjang benda tersebut.

Baca Juga!  Jenis Penulis Artikel: Mengenal Profesi Content Writer dan Copywriter di Era Digital

Namun, hukum ini memiliki beberapa keterbatasan dan tidak berlaku pada kondisi tertentu, seperti pada benda elastis yang mengalami deformation plastik. Oleh karena itu, penting bagi para ahli untuk memahami keterbatasan hukum Hooke dalam penerapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *