4 Hewan Yang Tidak Bisa Tidur

Wah Cha Yup

Hewan Yang Tidak Bisa Tidur
Hewan Yang Tidak Bisa Tidur - Photo by Cornelius Ventures

Kebanyakan hewan tidur, tetapi ada beberapa yang tidak. Dua jenis utama hewan yang tidak tidur adalah mamalia laut dan serangga. Mamalia laut, seperti lumba-lumba dan paus, harus terus berenang agar tetap mengapung dan tidak bisa beristirahat untuk tidur. Serangga, di sisi lain, tidak memiliki otak dan karena itu tidak dapat mengalami jenis tidur yang sama seperti mamalia.

Pendahuluan: hewan dan tidur

Sementara kita manusia mungkin menyukai tidur siang yang nyenyak, ada beberapa hewan di luar sana yang sepertinya tidak bisa tidur nyenyak. Kurang tidur ini mungkin disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda, termasuk habitat alami hewan, pola makan, dan bahkan predator.

Salah satu contoh hewan yang paling terkenal yang tidak bisa tidur adalah koala. Hewan berkantung berbulu ini berasal dari Australia dan menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon eukaliptus. Koala biasanya tidur sekitar 18 jam setiap hari, tetapi mereka tidak melakukannya sekaligus. Sebaliknya, mereka mengambil beberapa tidur siang singkat sekitar 15 menit sepanjang hari dan malam.

Diyakini bahwa diet koala adalah salah satu alasan mengapa mereka membutuhkan banyak tidur.

Ilmu tidur: apa yang terjadi saat kita tidur?

Tidur adalah proses vital yang membantu hewan dan manusia untuk memulihkan energi, tumbuh dan berkembang secara fisik, dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Meskipun kita belum sepenuhnya memahami semua fungsi tidur, kita tahu bahwa itu penting untuk kelangsungan hidup.

Ada dua jenis utama tidur: tidur gerakan mata cepat (REM) dan tidur non-REM. Selama tidur REM, aktivitas otak kita mirip dengan saat kita bangun, dan kita sering bermimpi selama fase ini. Tidur non-REM adalah bentuk tidur yang lebih dalam, di mana aktivitas otak kita melambat dan otot-otot kita rileks. Kami menggilir fase-fase tidur yang berbeda ini beberapa kali sepanjang malam.

Baca Juga!
Mengapa Kucing Mendengkur? Alasan Mendasar dan Menarik Di Balik Perilaku Ini

Sebagian besar hewan perlu tidur agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Namun, ada beberapa pengecualian – beberapa hewan tidak perlu tidur! Pembohong alam adalah salah satu hewan tersebut.

Mengapa kita perlu tidur?

Kita membutuhkan tidur karena tidur membantu tubuh dan pikiran kita pulih dari hari. Ini juga membantu kita untuk mengkonsolidasikan ingatan kita dan memproses informasi baru. Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental yang baik.

Ada banyak hewan yang tampaknya tidak membutuhkan banyak tidur, tetapi kita belum sepenuhnya mengerti mengapa. Beberapa ilmuwan percaya bahwa tidur mungkin merupakan sifat sisa dari sejarah evolusi kita. Yang lain percaya bahwa tidur hanyalah adaptasi terhadap siklus 24 jam siang/malam.

Apa pun alasannya, jelas bahwa kita membutuhkan tidur dan itu bermanfaat bagi kesehatan kita. Jadi jika Anda merasa lelah, pastikan untuk beristirahat!

Hewan yang jarang tidur

Tidak semua orang membutuhkan tidur malam yang nyenyak. Beberapa hewan telah berevolusi untuk melupakan tidur sama sekali. Berikut adalah empat makhluk yang berlari tanpa menutup mata.

Penguin

Penguin adalah salah satu dari banyak hewan yang tidak bisa tidur. Para ilmuwan percaya bahwa ini karena metabolisme dan suhu tubuh mereka yang tinggi. Penguin perlu menjaga suhu tubuh mereka pada tingkat yang konstan untuk bertahan hidup di perairan dingin tempat mereka tinggal. Ini berarti mereka tidak bisa tidur nyenyak seperti hewan lain. Sebaliknya, mereka tidur untuk waktu yang sangat singkat sepanjang hari dan malam.

Kelelawar

Ada beberapa hewan yang tidak tidur, dan kelelawar adalah salah satunya. Kelelawar adalah makhluk nokturnal, artinya mereka tidur dalam waktu di siang hari dan terjaga di malam hari. Mereka bertengger di pohon atau gua di siang hari, tergantung terbalik untuk tidur. Kelelawar bisa berbulan-bulan tanpa tidur, meskipun mereka biasanya tidur siang singkat sepanjang hari. Karena aktif di malam hari, kelelawar menggunakan ekolokasi untuk bernavigasi dan mencari makanan.

Baca Juga!
3 Contoh Upaya Pengendalian Hama Tanpa Pencemaran Lingkungan

Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah salah satu dari banyak hewan yang tidak bisa tidur. Seperti manusia, lumba-lumba perlu bangun ke permukaan untuk bernapas menghirup udara. Tapi tidak seperti manusia, lumba-lumba tidak bisa memejamkan mata. Para ilmuwan percaya bahwa ini karena menutup mata mereka akan menghalangi penglihatan sonar mereka. Sebaliknya, lumba-lumba tidur dengan satu mata terbuka dan setengah dari otak mereka terjaga. Setengah lainnya dari otak mereka dalam tidur nyenyak. Saat tidur, lumba-lumba mengapung di permukaan air atau berenang perlahan bersama lumba-lumba lainnya.

Cetacea

Cetacea adalah kelompok mamalia laut yang meliputi paus, lumba-lumba, dan lumba-lumba. Mereka dikenal karena kecerdasan mereka dan penggunaan ekolokasi mereka.

Cetacea adalah salah satu dari sedikit kelompok hewan yang tidak bisa tidur. Ini karena mereka harus selalu waspada terhadap pemangsa dan mangsa. Mereka juga perlu muncul ke permukaan setiap beberapa menit untuk bernapas.

Kurang tidur ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mereka, dan cetacea diketahui menderita insomnia. Selain itu, mereka berisiko mengalami masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Kesimpulan

Dunia ini penuh dengan hewan yang menarik, dan beberapa di antaranya cukup aneh. Misalnya, tahukah Anda bahwa ada hewan yang tidak bisa tidur? Itu benar, ada beberapa makhluk di luar sana yang tidak perlu menangkap huruf Z.

Salah satu hewan tersebut adalah jerapah. Jerapah hanya tidur sekitar 30 menit sehari. Itu berarti mereka menghabiskan waktu mereka terjaga, yang mungkin mengapa mereka selalu sangat bahagia!

Sejumlah hewan lain yang tidak membutuhkan banyak tidur adalah gajah. Raksasa lembut ini hanya membutuhkan sekitar 4 jam tidur setiap hari. Itu membuat mereka punya banyak waktu untuk makan, bermain, dan bersosialisasi dengan teman-teman mereka.

Baca Juga!
5 Terbaik Pakan Landak Mini: Sayangi Hewanmu

Jadi lain kali Anda merasa lelah, bersyukurlah karena Anda bukan hewan yang tidak bisa tidur!

Also Read

Bagikan:

Wah Cha Yup

Wah Cha Yup adalah lulusan sarjana pendidikan dan pejuang PNS dengan wawasan yang luas. Gemar membaca, Wah Cha Yup memiliki dedikasi tinggi dalam memajukan bangsa melalui perannya sebagai PNS. Profilnya mencerminkan semangat belajar, keberanian, dan pengetahuan yang membuatnya menjadi sosok yang menginspirasi.

Tags

Tinggalkan komentar