10 Fakta Unik tentang Benua Afrika

Frans Eka

Fakta Unik tentang Benua Afrika

Benua Afrika mungkin tidak sepopuler benua-benua lain seperti Eropa atau Amerika. Namun, benua yang juga disebut sebagai benua hitam ini menyimpan banyak keunikan alam dan budaya yang sayang untuk dilewatkan.

Afrika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Total luas daratannya mencapai 30,3 juta km2, setara dengan 20% total luas permukaan bumi. Letaknya yang berada di 4 belahan bumi membuat Afrika memiliki 4 zona iklim berbeda.

Kekayaan alam dan satwa liarnya juga luar biasa. Beragam fakta unik tentang benua Afrika ini akan menarik siapa pun untuk menjelajahinya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Benua Terpanas di Bumi

Suhu rata-rata tahunan Afrika bisa mencapai 30 derajat Celcius. Itu sebabnya Afrika kerap disebut sebagai benua terpanas sedunia.

Gurun terbesar di dunia, Gurun Sahara, juga berada di benua ini dengan total luas 9,4 juta km2. Suhu siang hari di Sahara pernah tercatat hingga mencapai 58°C.

Gurun Sahara di Afrika

2. Separuh Wilayahnya Ditutupi Sabana

Sabana atau padang rumput luas menutupi hampir separuh total luas daratan Afrika. Savana di Afrika didominasi semak belukar dan pepohonan yang tumbuh jarang.

Savana terluas berada di bagian timur benua, meliputi Kenya, Tanzania, dan sebagian Afrika Selatan. Di savana Afrika Timur ini Anda bisa menyaksikan hewan-hewan ikonik seperti singa, zebra, dan gajah berkeliaran.

Baca Juga!
Kebijakan Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Pada Masa Pandemi COVID-19

3. Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai terpanjang di dunia juga berada di benua Afrika, yaitu Sungai Nil dengan total panjang 6.650 km. Sungai ini mengalir dari Danau Victoria di Afrika Tengah menuju Laut Tengah.

Perjalanan air Sungai Nil melewati beberapa negara, seperti Burundi, Republik Demokratik Kongo, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Rwanda, Sudan, Tanzania dan tentu saja Mesir.

4. Kaya Sumber Daya Alam

Afrika dikenal kaya raya akan sumber daya alamnya. Data menunjukkan 40% cadangan emas dunia dan 90% cadangan platinum berada di benua ini.

Tak hanya itu, Afrika juga menghasilkan setengah dari total produksi berlian dunia. Beberapa negara penghasil berlian terbesar seperti Botswana, Republik Afrika Tengah, Namibia dan Afrika Selatan berada di benua ini.

5. Rumah Bagi Banyak Satwa Langka

Afrika dihuni oleh banyak spesies satwa liar langka yang sudah punah di belahan bumi lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Zebra: Diperkirakan ada sekitar 750 ribu ekor zebra yang hidup di alam liar Afrika.
  • Jerapah: Sekitar 117 ribu ekor jerapah masih bertahan hidup di Afrika.
  • Gorila: Populasi gorila di alam liar tinggal sekitar 100 ribu ekor.
  • Singa: Sekitar 20 ribu ekor singa masih hidup bebas di sabana Afrika.
  • Gajah: Ada sekitar 400 ribu gajah yang masih hidup liar di Afrika.

6. Tempat Lahir Manusia Pertama

Benua inilah yang diperkirakan sebagai tempat lahir dan habitat manusia pertama sekitar 200.000 tahun yang lalu. Bukti-bukti fosil leluhur manusia banyak ditemukan di Afrika bagian timur.

Suku San

Suku-suku tertua di dunia seperti Suku San, Suku Hadza dan Suku Sandawe banyak yang berasal dari benua Afrika bagian timur dan selatan. Mereka masih mempertahankan gaya hidup pemburu-peramu tradisional.

Baca Juga!
Tekstur Dalam Seni Visual: Hubungannya dengan Permukaan Benda

7. Lebih dari 2.000 Bahasa

Diperkirakan ada sekitar 2.000 bahasa yang digunakan oleh penduduk asli Afrika. Bahasa Arab menjadi bahasa paling banyak digunakan mengingat pengaruh kebudayaan dan agama Islam cukup kuat di sini.

Nigeria adalah negara dengan bahasa paling banyak, yaitu lebih dari 500 bahasa daerah. Sementara Afrika Selatan memiliki 11 bahasa resmi yang diakui pemerintah.

8. Tingkat Melek Huruf Rendah

Sayangnya, meski kaya budaya, tingkat melek huruf di benua Afrika masih sangat rendah. Diperkirakan 40% orang dewasa di Afrika masih buta huruf, terutama di negara miskin seperti Chad, Mali, dan Niger.

Rendahnya akses pendidikan menjadi penyebab utama masalah ini. Anak-anak di negara miskin Afrika banyak yang putus sekolah untuk bekerja membantu orang tua.

9. Banyak Negara Berbahasa Inggris

Meski pernah menjadi jajahan Inggris, banyak negara di Afrika yang masih mempertahankan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi atau bahasa pengantar di sekolah setelah merdeka.

Beberapa contoh negara bekas jajahan Inggris di Afrika antara lain Ghana, Kenya, Liberia, Namibia, Nigeria, dan Afrika Selatan. Bahasa sehari-hari penduduk lokal tetap menggunakan bahasa ibu masing-masing suku.

10. Budaya Kaya dan Unik

Afrika kaya akan warisan budaya yang unik dan menarik. Misalnya saja suku-suku asli di Ethiopia yang masih mempertahankan adat istiadat, pakaian dan rumah adat mereka sejak berabad-abad lalu.

Di Maroko Anda bisa menyaksikan akrobat jalanan atau pertunjukan ular, monyet dan berbagai satwa liar. Musik afrika yang enerjik dengan irama khas juga sangat sayang untuk dilewatkan.

Nah, itulah 10 fakta unik seputar benua Afrika yang jarang diketahui orang. Semoga artikel singkat ini bisa membuka wawasan Anda tentang kekayaan alam dan budaya di benua hitam ini ya!

Baca Juga!
Cara Mengukur Jari untuk Cincin dengan Tepat

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar