Scroll untuk baca artikel
Manajemen

Dimensi Inovasi: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Avatar
×

Dimensi Inovasi: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Sebarkan artikel ini
Dimensi Inovasi

Inovasi adalah penerapan praktis dari ide, metode, atau objek yang baru, atau penerapan yang baru dari ide, metode, atau objek yang sudah ada, yang memberikan nilai tambah ekonomi dan sosia. Menurut UU No. 18 Tahun 2002, inovasi didefinisikan sebagai kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Jadi pada intinya, inovasi merupakan sesuatu yang baru yang berasal dari ide kreatif dan memberikan nilai tambah bagi kehidupan manusia. Inovasi dapat berupa produk, jasa, proses, pemasaran, maupun model bisnis yang baru.

Dimensi Inovasi

Ada 4 dimensi utama dalam inovasi menurut OECD Oslo Manual, yaitu:

1. Inovasi Produk

Inovasi produk adalah introduksi barang atau jasa yang baru atau yang telah disempurnakan secara signifikan dalam hal karakteristik atau penggunaan yang dimaksudkan. Misalnya smartphone, kendaraan listrik, obat-obatan baru.

Contoh inovasi produk: smartphone

2. Inovasi Proses

Inovasi proses adalah penerapan metode produksi atau pengiriman baru atau yang telah disempurnakan secara signifikan. Misalnya penggunaan robotika dalam proses produksi.

Contoh inovasi proses: robotika dalam produksi

3. Inovasi Pemasaran

Inovasi pemasaran adalah implementasi metode pemasaran baru yang melibatkan perubahan signifikan dalam desain produk atau kemasan, promosi produk, penetapan harga produk. Misalnya pemasaran melalui media sosial.

Contoh inovasi pemasaran: media sosial

4. Inovasi Organisasi

Inovasi organisasi adalah penerapan metode organisasi baru dalam praktik bisnis perusahaan, pengorganisasian tempat kerja atau hubungan eksternal. Misalnya penerapan sistem manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management).

Baca Juga!  7 Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna: Mekanisme Pasar yang Efisien
Contoh inovasi organisasi CRM

Berikut adalah ringkasan dimensi-dimensi inovasi dalam tabel:

DimensiDefinisiContoh
ProdukIntroduksi barang atau jasa yang baru atau disempurnakanSmartphone, kendaraan listrik
ProsesPenerapan metode produksi atau pengiriman baruRobotika dalam produksi
PemasaranImplementasi metode pemasaran baruPemasaran melalui media sosial
OrganisasiPenerapan metode organisasi baruSistem CRM

Menurut Rogers (2003), terdapat 5 atribut penting dari inovasi yang menentukan laju adopsinya, yaitu:

  • Keuntungan relatif: sejauh mana inovasi dianggap lebih baik daripada ide sebelumnya
  • Kompatibilitas: sejauh mana inovasi konsisten dengan nilai-nilai yang ada, pengalaman masa lalu dan kebutuhan calon pengadopsi
  • Kerumitan: sejauh mana inovasi dianggap sulit untuk dipahami dan digunakan
  • Kemungkinan dicoba: sejauh mana inovasi dapat diujicoba pada skala terbatas
  • Keteramatan: sejauh mana hasil inovasi dapat terlihat oleh orang lain

Atribut-atribut inilah yang menentukan apakah suatu inovasi akan diadopsi dengan cepat atau lambat oleh masyarakat. Semakin inovasi memiliki keuntungan relatif, kompatibilitas, dan keteramatan yang tinggi, serta kerumitan dan risiko yang rendah, semakin cepat inovasi tersebut diadopsi.

Manfaat Inovasi

Inovasi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, masyarakat, dan individu. Beberapa manfaat utama dari inovasi adalah:

  • Meningkatkan daya saing perusahaan
  • Menciptakan produk dan layanan baru yang memberi nilai lebih kepada pelanggan
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis internal perusahaan
  • Membuka peluang pasar dan model bisnis baru
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat
  • Memecahkan masalah sosial dan tantangan yang dihadapi masyarakat
  • Mendorong terciptanya lapangan kerja baru

Karena manfaatnya yang besar tersebut, banyak negara yang menempatkan inovasi sebagai kunci utama dalam strategi pembangunan ekonomi. Perusahaan juga dituntut untuk terus berinovasi agar tetap kompetitif dan relevan di tengah perubahan zaman.

Baca Juga!  Pengaruh Lingkungan Eksternal Terhadap Keberlangsungan Organisasi

Kesimpulan

Inovasi merupakan hal yang sangat penting di era globalisasi saat ini. Inovasi terdiri dari berbagai dimensi seperti inovasi produk, proses, pemasaran dan organisasi. Inovasi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, masyarakat dan individu. Oleh karena itu, kita perlu terus mendorong dan mengembangkan semangat inovasi agar dapat terus berkembang dan maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *