Scroll untuk baca artikel
Rupa

Diabetes Melitus Di Usia Muda: Penyebab dan Ciri-Cirinya yang Perlu Anda Ketahui

Avatar
×

Diabetes Melitus Di Usia Muda: Penyebab dan Ciri-Cirinya yang Perlu Anda Ketahui

Sebarkan artikel ini
Diabetes Melitus

Diabetes Melitus adalah penyakit yang paling umum yang mempengaruhi segala usia, khususnya kaum muda. Kondisi ini diklasifikasikan menjadi dua kategori yang berbeda: tipe satu dan tipe 2. Diabetes pelitus tipe 1 adalah kondisi yang disebabkan oleh penyakit kekebalan yang menyebabkan pankreas tidak memproduksi insulin secara efisien.

Diabetes Melitus Tipe 2 telah berkembang pada dekade yang lalu karena kebiasaan makan yang tidak sehat yang tidak dapat dikendalikan dengan mengurangi konsumsi gula.

Pengertian Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi tubuh dengan cara yang lama. Munculnya gula darah telah terlihat. Diabetes terjadi sewaktu sel – sel inang tidak dapat menggunakan glukosa sebagai bahan bakar.

Kondisi ini menyebabkan penumpukan aliran darah yang menyebabkan kelebihan glukosa. diabetes yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kerusakan pada organ sel atau jaringan organ tubuh. Organ termasuk jantung, ginjal, mata dan saraf. Diabetes adalah kondisi yang umum pada orang – orang yang menderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diagnosis Diabetes Melitus

Seorang dokter mendiagnosis diabetes dengan memeriksa kadar glukosa darah dan menyelesaikan wawancara medis dengan pasien. Contoh termasuk tes glukosa cepat, tes glukosa acak atau tes AP-c. Beginilah cara kerjanya.

Para dokter dapat melakukan tes darah dan urin jika pasien menderita diabetes Tipe 1 atau Tipe 2. Langkah berikutnya adalah menguji apakah darah terdeteksi sebagai autoantibodi. Selama beberapa hari berikutnya sampel urin akan diuji untuk melihat apakah ada ketones dalam struktur kerangka orang.

Baca Juga!  Inilah Sketsa Gambar Pemandangan Alam yang Menakjubkan dan Mudah Dibuat!

Gejala Diabetes

Gejala diabetes berbeda – beda bergantung pada tingkat keparahannya dan gejala – gejala yang muncul. Meskipun diabetes kadang – kadang dapat menimbulkan efek sampingan, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum Anda terkena diabetes.

Ini dimaksudkan sebagai cara segera untuk mengurangi risiko diabetes.

Gejala diabetes di usia muda

diabetes tipe 2 adalah penyakit serupa dalam banyak hal. Mereka yang menderita diabetes tipe-1 cenderung menurunkan berat badan meskipun sedang diet.

Selain gejala diabetes dapat didiagnosis pada tahun – tahun awal dan sering kali dapat dideteksi melalui ujian fisik tahunan. Berbagai penyakit dapat juga menunjukkan diabetes dini: Diabetes pada orang dewasa:

Penyebab Diabetes

Diabetes dapat disebabkan oleh kondisi dalam usus yang mencegah gula darah diserap ke dalam tubuh. Hal ini menghasilkan konsentrasi gula yang tinggi dalam aliran darah. diabetes tipe 1 memiliki mutasi genetik yang menyebabkan sistem untuk menghancurkan sel insulin-memproduksi.

Tubuh tidak dapat menghasilkan insulin apapun sehingga gula dikonversi ke energi dalam insulin menyebabkan akumulasi glukosa dalam darah. diabetes Typ II memungkinkan produksi glukosa normal tetapi insulin dapat lebih jarang disalahgunakan. Kondisi ini dikenal sebagai “Penahan insulin.”

Penyebab diabetes di usia muda

Selama masa kanak – kanak, orang biasanya tidak mengkonsumsi makanan sehat. Beberapa orang muda suka makan makanan cepat saji dan makanan manis seperti kue donat atau kue daripada makanan sehat. Jika kebiasaan ini tidak berubah, maka Anda tidak akan pernah bisa menderita diabetes pada usia semuda itu.

Memiliki kelebihan gula menyebabkan resistensi insulin meningkat. Peningkatan toleransi glukosa menyebabkan ketidakseimbangan dalam pencernaan gula. Peningkatan gula darah kemudian menyebabkan diabetes tipe 2. Faktor – faktor diet seperti berat badan dan usia juga dapat mempengaruhi kesehatan.

Baca Juga!  Bagaimana Internet Mempengaruhi Akses Kita terhadap Informasi dan Penyebarannya

Komplikasi Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan komplikasi. Semakin lama seseorang menderita diabetes, semakin tinggi peluangnya untuk mengalami komplikasi.

Diabetes akhirnya dapat menyebabkan penyakit yang melumpuhkan dan kadang – kadang mematikan. Selain penyakit ginjal, kondisi diabetes dapat dicirikan oleh keguguran dan / atau penyakit autoimun.

Pengobatan Diabetes

Obat akan disesuaikan tergantung pada diabetes Anda. Terapi insulin telah diperlihatkan oleh banyak penderita diabetes sebagai obat yang dapat disembuhkan. Bagi beberapa jenis diabetes pankreatitis yang sangat berat, bahkan dapat dilakukan dengan transplantasi alat kelamin yang dicangkokkan pada sebuah pankre. diabetes Tipe II juga akan diobati.

Umumnya, meskipun pengobatan tertentu dapat mengurangi risiko diabetes.

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Kita semua perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan optimal. Diabetes. Olahraga berpotensi menurunkan gula darah dengan mengubahnya menjadi energi. Ada banyak pilihan untuk latihan ringan seperti berjalan, berenang atau naik sepeda.

Rangkullah kegiatan sehari – hari untuk mengurangi gejala – gejala diabetes Anda dan kendalikanlah kehidupan Anda.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Sewaktu Anda menderita diabetes, Anda harus mengubah kebiasaan makan Anda. Konsentrasi pada buah-buahan dan sayuran, protein, bukan lemak dan benih.

Tidak semua makanan harus mengandung segala jenis pemanis atau gula. Anda juga dapat meminta penyedia layanan kesehatan langsung melalui Halodoc untuk diet diabetes yang cocok.

Pencegahan Diabetes

Meskipun risiko diabetes tidak berubah, sejarah keluarga juga dapat diubah tetapi bahaya – bahaya lain dapat disingkirkan sejak dini karena menggunakan rencana kesehatan yang cocok. Bagaimana saya dapat mencegah diabetes?

Cara menangani diabetes di usia muda

Bagaimana Anda mengelola diabetes tergantung pada usia Anda. Ini membantu menjaga gula darah Anda dalam kisaran normal. Ada banyak metode yang berbeda untuk mengobati diabetes, termasuk diet dan olahraga.

Baca Juga!  Apa Itu Serum Wajah dan Manfaatnya: Panduan Lengkap untuk Kulit Sehat

Suntikan insulin

Injeksi insulin pada penderita diabetes merupakan obat yang sangat kuat karena tubuh tidak dapat memproduksinya. Insulin tersedia dalam empat varietas yang berbeda.

Setiap jenis memiliki karakteristiknya sendiri bergantung pada kecepatan kerja mereka dan jumlah waktu yang mereka dapat tetap dalam tubuh. Insulin jenis – jenis lain mungkin ada untuk jenis – jenis diabetes.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Untuk diabetes tipe 2, dokter dapat meresepkan obat untuk metoformin. Meskipun perawatannya efektif, pengobatan diabetes tipe-1 dapat turut mencegah penyakit jantung yang serius, ginjal, dan kerusakan organ lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *