Daftar Laptop Ringan Pas Untuk Mahasiswa

Akbar Fauziah

Di masa kini, kehadiran teknologi semakin memudahkan aktivitas sehari-hari, termasuk bagi mahasiswa. Namun, kendala yang sering dialami yaitu beratnya laptop dan ketidakmampuan laptop untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna. Apalagi bagi mahasiswa, kebutuhan untuk membawa laptop kemana-mana sangat penting untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

Oleh karena itu, Asus hadir dengan dua rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa dengan desain yang ringan dan spesifikasi yang memadai. Dalam artikel ini, akan dijelaskan kedua laptop tersebut beserta keunggulan dan kekurangannya untuk membantu mahasiswa memilih laptop terbaik untuk kebutuhan perkuliahan mereka.

Pilihan Laptop Asus Tipis dan Ringan untuk Mahasiswa

Aktivitas mahasiswa memang beragam. Mulai dari mengerjakan tugas, presentasi, bahkan untuk berwirausaha sekalipun seringkali butuh laptop. Tentunya, mereka membutuhkan perangkat yang mumpuni dan dapat multitasking untuk menuntaskan berbagai keperluan tersebut.

Sebagai salah satu brand ternama dunia, Asus memang menawarkan sejumlah varian laptop terbaik terutama bagi mahasiswa. Dengan spesifikasi dan fitur menariknya membuat laptop Asus tersebut punya nilai lebih, dan berikut rekomendasinya:

1. ASUS Vivobook Go 14

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) adalah laptop dengan desain ringan dan mudah dibawa, yang cocok untuk mahasiswa. Laptop ini dilengkapi dengan processor AMD Ryzen 3 atau Ryzen 5 dan grafis AMD Radeon yang dapat menjalankan tugas multitasking dengan mudah dan memiliki daya tahan baterai yang baik.

Layarnya mempunyai layar FHD 14,0 inch 16:9 aspect ratio, LED Backlit, 60Hz refresh rate, 45% NTSC color gamut, Anti-glare display, (Screen-to-body ratio)83%. Laptop ini juga dilengkapi dengan keyboard backlit dan touchpad. Poin-poin yang dibutuhkan pada laptop untuk mahasiswa seperti daya tahan baterai yang baik, kinerja yang cepat dan tajam, serta desain yang ringan dan mudah dibawa terpenuhi oleh ASUS Vivobook Go 14 (E1404F).

ASUS Vivobook Go 14

Selain itu, laptop ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, koneksi internet yang cepat dan stabil. Perangkat juga dilengkapi dengan teknologi keamanan seperti BIOS Booting User Password Protection, Trusted Platform Module (Firmware TPM), McAfee LiveSafe, dan Fingerprint sensor integrated with Touchpad.

Baca Juga!
Perbedaan Maybelline Baby Skin Pink dan Biru: Pilih Primer yang Tepat untuk Kulit Anda

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) memiliki memori 8GB LPDDR5 on board atau 16GB LPDDR5 on board dan penyimpanan 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD atau 256GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Untuk koneksi terdapat port USB 2.0 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-C, HDMI 1.4, 3,5mm Combo Audio Jack, dan DC-in. Laptop ini juga telah menerapkan Standar Militer US MIL-STD 810H dalam hal daya ketahanannya.

2. Zenbook S13 OLED UM5302

Sebagai mahasiswa, laptop terbaru yang mudah dibawa dan tipis menjadi salah satu faktor penting dalam memilih laptop. Salah satu pilihan laptop lainnya yang dapat dijadikan adalah Zenbook S 13 OLED (UM5302) dengan prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

Laptop ini sangat cocok untuk kebutuhan belajar dan pengembangan dengan daya tarik utama pada performa prosesornya. Prosesor AMD Ryzen 7 6800U Mobile Processor dengan 8-core/16-thread, 16MB cache, dan kecepatan hingga 4,7 GHz max boost, memungkinkan laptop bekerja dengan cepat dan optimal.

Layar OLED 13,3 inci dengan resolusi 3K (2880 x 1800) pada laptop ini memungkinkan visualisasi yang lebih baik dan dengan kemampuan menampilkan 1,07 miliar warna. Laptop ini juga memiliki fitur touch screen dan stylus support yang memudahkan pengguna melakukan aktivitas.

Zenbook S13 OLED UM5302

Memori dan penyimpanan laptop ini cukup besar yaitu 16GB LPDDR5 dan 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 Performance SSD. Baterai pada laptop ini juga cukup besar, berkapasitas 67WHrs, 4S1P, dan 4-cell Li-ion yang mampu bertahan hingga 10 jam.

Fitur-fitur keamanan seperti Trusted Platform Module (TPM), McAfee LiveSafe, dan Fingerprint sensor integrated with Power Key, Asus Antimicrobial Guard, dan Asus OLED Care melindungi laptop dan menjaga privasi pengguna. Laptop ini juga mampu menangani tuntutan kebutuhan pengguna secara efisien.

Baca Juga!
Cara Menggunakan Voucher KFC di Shopee

Penutup

Dalam memilih laptop, mahasiswa biasanya menginginkan performa, portabilitas, serta keamanan yang baik dan ringan. Varian laptop ASUS Vivobook Go 14 dan Zenbook S13 OLED UM5302 memang menjadi opsi terbaik bagi mahasiswa dengan bobot tipis dan ringan, kinerja yang baik, serta fitur yang mumpuni. Dengan menggunakan laptop ini, mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dan memenuhi kebutuhan kuliah dengan lebih mudah dan efisien.

Also Read

Bagikan:

Akbar Fauziah

Akbar Fauziah adalah seorang penulis lulusan sarjana komunikasi yang suka ngeblog dan menulis novel. Dia dikenal sebagai admin yang baik hati dan penulis kreatif. Akbar mampu menghasilkan tulisan-tulisan menarik dan berkualitas, serta memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca secara positif. Profilnya sebagai penulis yang berhati baik dan kreatif menjadikannya sosok yang dihormati dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar