Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Contoh Rencana Hasil Kerja (RHK) Pengembangan Kompetensi Guru Dan Kepala Sekolah Yang Tertulis Di PMM

×

Contoh Rencana Hasil Kerja (RHK) Pengembangan Kompetensi Guru Dan Kepala Sekolah Yang Tertulis Di PMM

Sebarkan artikel ini
Contoh Rencana Hasil Kerja (RHK) Pengembangan Kompetensi Guru Dan Kepala Sekolah Yang Tertulis Di PMM

Pengembangan kompetensi adalah hal yang sangat penting bagi guru dan kepala sekolah. Melalui pengembangan kompetensi, guru dan kepala sekolah dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikapnya sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

Salah satu cara untuk melakukan pengembangan kompetensi adalah dengan menyusun Rencana Hasil Kerja (RHK) di Pangkalan Data Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PDDikTK) atau yang lebih dikenal dengan PMM (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pangkalan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Apa Itu PMM?

PMM adalah sebuah platform digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Platform ini memungkinkan guru dan kepala sekolah untuk mengelola dan merekam pengembangan keprofesian berkelanjutan mereka.

Melalui PMM, guru dan kepala sekolah dapat:

  • Mengunggah rencana, pelaksanaan, dan bukti kegiatan pengembangan kompetensi
  • Mendapatkan rekomendasi program pengembangan kompetensi
  • Berbagi dan mengakses konten pengembangan kompetensi antar guru dan kepala sekolah
  • Mendapatkan poin pengembangan kompetensi
  • Memperoleh sertifikat secara daring

Dengan PMM, pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah menjadi lebih terstruktur, terukur, dan terintegrasi dalam satu sistem.

Contoh RHK Pengembangan Kompetensi di PMM

Berikut adalah beberapa contoh RHK pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah beserta poinnya yang dapat ditulis di PMM:

1. Mengikuti Seminar, Lokakarya, dll

Guru dan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensinya dengan berperan sebagai peserta kegiatan ilmiah seperti seminar, lokakarya, konferensi, simposium, dan studi banding lapangan.

Baca Juga!  Manajemen Arsip Dinamis Kertas vs. Manajemen Arsip Elektronik: Kelebihan dan Kelebihan

Setiap kegiatan berdurasi 2-3 jam setara dengan 4 poin pengembangan kompetensi. Bukti kegiatan berupa sertifikat yang diunggah ke PMM.

Contoh RHK:

  • Peningkatan kompetensi melalui peran serta dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta pada 15-17 Februari 2024. Durasi kegiatan 10 jam.

2. Menyusun Konten Unggulan

Guru dan kepala sekolah juga dapat meningkatkan kompetensinya dengan menyusun kumpulan konten unggulan yang bermanfaat bagi rekan seprofesi lainnya.

Setiap kumpulan konten unggulan yang dipublikasikan di PMM setara dengan 6 poin pengembangan kompetensi. Bukti berupa tautan konten unggulan yang telah terbit.

Contoh RHK:

  • Peningkatan kompetensi melalui peran serta sebagai penyusun 5 konten unggulan terkait pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika tingkat SMP. Konten akan dipublikasikan di PMM pada Maret 2024.

3. Mengikuti Pelatihan Mandiri

Guru dan kepala sekolah dapat mengikuti pelatihan mandiri sesuai dengan model kompetensi masing-masing, baik itu model kompetensi guru, kepala sekolah, maupun pengawas.

Setiap mengikuti 1 pelatihan beserta implementasi aksi nyata di sekolah setara dengan 8 poin pengembangan kompetensi. Bukti berupa sertifikat pelatihan yang diunggah ke PMM.

Contoh RHK:

  • Peningkatan kompetensi guru matematika melalui pelatihan daring tentang pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Pelatihan 4 jam dan implementasi aksi nyata di kelas selama 1 minggu di bulan Mei 2024.

4. Menulis Cerita Praktik

Guru dan kepala sekolah dapat berbagi pengalaman melalui tulisan cerita praktik di PMM.

Setiap cerita praktik yang dipublikasikan setara dengan 12 poin pengembangan kompetensi. Bukti berupa tautan cerita praktik yang telah terbit.

Contoh RHK:

  • Peningkatan kompetensi melalui peran serta sebagai penulis 2 cerita praktik implementasi penilaian autentik di SMP Swasta Harapan Bangsa. Cerita praktik akan dipublikasikan di PMM pada semester 1 tahun 2024.
Baca Juga!  Sosiometri: Jalan Menuju Harmoni Kelas

5. Mengikuti Pelatihan Jangka Menengah/Panjang

Guru dan kepala sekolah juga dapat mengikuti pelatihan leadership dan manajemen pendidikan jangka menengah atau panjang, seperti Program Guru Penggerak dan pelatihan calon kepala sekolah.

Setiap mengikuti pelatihan berdurasi 3-6 bulan setara dengan 128 poin pengembangan kompetensi. Bukti berupa sertifikat yang diunggah ke PMM.

Contoh RHK:

  • Peningkatan kompetensi kepala sekolah melalui Program Pelatihan Calon Kepala Sekolah Angkatan II Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. Pelatihan berlangsung selama 4 bulan dari Maret hingga Juni 2024.

Itu adalah beberapa contoh RHK pengembangan kompetensi yang dapat ditulis oleh guru dan kepala sekolah di PMM beserta poinnya masing-masing. Guru dan kepala sekolah dapat memilih RHK yang paling cocok dan relevan untuk meningkatkan kompetensinya.

Manfaat Menyusun RHK di PMM

Mengapa guru dan kepala sekolah perlu menyusun RHK pengembangan kompetensi di PMM? Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Terstruktur dan Terukur

Dengan menulis RHK di PMM, pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah menjadi lebih terstruktur dan terukur. RHK berisi target dan rencana konkrit yang ingin dicapai beserta timeframe-nya. Hal ini memudahkan guru dan kepala sekolah untuk fokus meningkatkan kompetensinya.

PMM juga secara otomatis akan menghitung poin pengembangan kompetensi berdasarkan RHK yang telah dilaksanakan. Sehingga kemajuan guru dan kepala sekolah dapat dimonitor dengan mudah.

2. Mendapat Rekomendasi yang Personal

Guru dan kepala sekolah akan mendapatkan rekomendasi program pengembangan kompetensi yang personal dan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Rekomendasi ini diberikan berdasarkan analisis profil, RHK, dan capaian pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah di PMM.

3. Mempermudah Berbagi Pengetahuan

Dengan mengunggah konten unggulan dan cerita praktik di PMM, guru dan kepala sekolah dapat dengan mudah berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada rekan seprofesi lainnya.

Baca Juga!  Mengenal Karakteristik Proses Fasilitasi

Praktik-praktik baik yang telah terbukti efektif dapat diakses dan ditiru oleh guru dan kepala sekolah lainnya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya masing-masing.

4. Mendapat Sertifikat Secara Daring

Guru dan kepala sekolah akan mendapat sertifikat pengembangan kompetensi secara daring melalui PMM. Sertifikat ini diterbitkan secara otomatis oleh sistem setelah guru atau kepala sekolah mengumpulkan poin pengembangan kompetensi yang ditargetkan.

Penutup

Demikian artikel panjang tentang contoh RHK pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah yang dapat ditulis di PMM beserta manfaatnya. Menyusun RHK yang jelas dan terukur di PMM dapat membantu guru dan kepala sekolah untuk fokus meningkatkan kompetensi dan berkontribusi kepada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *