Scroll untuk baca artikel
Bisnis

5 Contoh Reklame Komersial dan Non Komersial

×

5 Contoh Reklame Komersial dan Non Komersial

Sebarkan artikel ini
Contoh Reklame Komersial - the beach is the UNK
Contoh Reklame Komersial

Contoh Reklame Komersial – Jika kamu sering melihat iklan di televisi, sosial media, atau di jalanan, itu adalah bentuk dari reklame. Reklame sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu reklame komersial dan non komersial. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang reklame komersial, mulai dari pengertian, fungsi, hingga contoh-contohnya.

Reklame sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu reklame komersial dan non komersial. Reklame komersial adalah jenis reklame yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau keuntungan perusahaan. Sedangkan reklame non komersial adalah jenis reklame yang bertujuan untuk memberikan informasi atau pesan kepada masyarakat tanpa tujuan untuk memperoleh keuntungan finansial.

Reklame Komersial: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Definisi Reklame Komersial

Reklame komersial adalah bentuk promosi atau pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau keuntungan perusahaan.

Fungsi Reklame Komersial

Reklame komersial memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek
  • Meningkatkan penjualan produk atau jasa
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Memperkenalkan produk atau jasa baru
  • Meningkatkan citra perusahaan

Contoh Reklame Komersial

Ada beberapa bentuk dari reklame komersial, diantaranya adalah:

Banner adalah bentuk iklan digital yang biasanya ditemukan di situs web atau aplikasi. Banner biasanya berukuran kecil hingga besar dan berisi gambar atau teks yang mengarahkan pengguna ke situs web atau produk.

Baca Juga!  Apa itu Break Even Point (BEP) dan Mengapa Penting untuk Bisnis kamu

Leaflet

Leaflet adalah bentuk iklan cetak yang biasanya berukuran kecil dan mudah dibawa. Leaflet biasanya berisi informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.

Billboard

Billboard adalah bentuk iklan luar ruangan yang biasanya ditemukan di jalan raya atau di tempat-tempat umum. Billboard biasanya berukuran besar dan menampilkan gambar atau teks yang menarik perhatian orang yang melintas.

Brosur

Brosur adalah bentuk iklan cetak yang biasanya berukuran sedang hingga besar. Brosur biasanya berisi informasi detail tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.

Baliho

Baliho adalah bentuk iklan luar ruangan yang biasanya ditemukan di lokasi strategis seperti di pusat kota atau di sepanjang jalan raya. Baliho biasanya berukuran besar dan menampilkan gambar atau teks yang menarik perhatian orang yang melintas.

Reklame ajakan

Reklame ajakan adalah bentuk iklan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan suatu hal. Contohnya adalah iklan yang mengajak masyarakat untuk mengunjungi suatu tempat atau membeli produk tertentu.

Mengenal Jenis-Jenis Reklame, Pengertian, dan Contohnya

Reklame atau iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, tahukah kamu bahwa reklame memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda? Dalam artikel ini, kamu akan mengenal jenis-jenis reklame, pengertiannya, serta contohnya.

Jenis-Jenis Reklame Berdasarkan Tujuannya

  1. Reklame Informasi
    Reklame jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya, reklame yang menampilkan spesifikasi produk, harga, atau promosi yang sedang berlangsung.
  2. Reklame Persuasif
    Reklame jenis ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya, reklame yang menampilkan testimoni dari konsumen yang sudah menggunakan produk atau jasa tersebut.
  3. Reklame Pembanding
    Reklame jenis ini bertujuan untuk membandingkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan produk atau jasa sejenis dari pesaing. Contohnya, reklame yang menampilkan perbandingan harga atau kualitas produk dengan pesaing.
Baca Juga!  Manfaat Kerjasama Internasional untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Indonesia

Jenis-Jenis Reklame untuk Menyampaikan Pesan

  1. Reklame Visual
    Reklame jenis ini menggunakan gambar atau visual untuk menyampaikan pesan. Contohnya, reklame yang menampilkan produk atau jasa dengan gambar yang menarik.
  2. Reklame Audio
    Reklame jenis ini menggunakan suara atau musik untuk menyampaikan pesan. Contohnya, reklame yang menampilkan jingle atau lagu iklan.
  3. Reklame Audio Visual
    Reklame jenis ini menggabungkan gambar dan suara untuk menyampaikan pesan. Contohnya, reklame yang menampilkan video iklan dengan suara dan gambar yang menarik.

Unsur Reklame Komersial

  1. Produk atau Jasa
    Reklame komersial selalu menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Target Konsumen
    Reklame komersial ditujukan untuk menarik perhatian target konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Pesan yang Jelas
    Reklame komersial harus menyampaikan pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh target konsumen.

Pengertian Reklame Non Komersial

Definisi Reklame Non Komersial

Reklame non komersial adalah reklame yang tidak bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Reklame jenis ini biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan sosial atau kampanye tertentu.

Contoh Reklame Non Komersial

  1. Reklame Peringatan
    Contohnya, reklame yang menampilkan pesan untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya merokok atau bahaya minuman keras.
  2. Reklame Penerangan atau Penjelasan
    Contohnya, reklame yang memberikan informasi tentang cara memilah sampah yang benar atau cara menghemat energi listrik.

Kesimpulan

Setelah mengenal jenis-jenis reklame, pengertian, serta contohnya, kamu dapat memilih jenis reklame yang sesuai dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan. Ingatlah bahwa pesan yang jelas dan mudah dipahami akan lebih efektif dalam menarik perhatian konsumen atau masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *