Scroll untuk baca artikel
Rupa

Ciri-Ciri Lukisan Ekspresionisme

Avatar
×

Ciri-Ciri Lukisan Ekspresionisme

Sebarkan artikel ini
Lukisan Ekspresionisme
Lukisan Ekspresionisme - Photo by Steve Johnson

Lukisan Ekspresionisme adalah gaya dicirikan oleh warna-warna berani, sapuan kuas yang kuat, dan perasaan energi dan gerakan secara keseluruhan. Subyek lukisan ekspresionisme seringkali bermuatan emosi, dan lukisan-lukisan itu dimaksudkan untuk menyampaikan perasaan dan emosi batin sang seniman.

Pendahuluan: apa itu ekspresionisme?

Ekspresionisme adalah gerakan seni modernis yang dimulai pada awal abad ke-20. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan karya seni yang dicirikan oleh emosi yang berani dan berlebihan, sering diekspresikan melalui warna dan sapuan kuas yang intens. Seniman ekspresionisme berusaha untuk mengekspresikan perasaan dan persepsi terdalam mereka, daripada meniru realitas.

Gerakan ekspresionisme dimulai di Jerman dan Austria, yang dikenal sebagai Der Blaue Reiter (Penunggang Biru). Nama itu merujuk pada sekelompok seniman yang disatukan oleh minat bersama dalam spiritualisme, mistisisme, dan teosofi. Artis-artis ini termasuk Wassily Kandinsky, Franz Marc, Paul Klee, dan August Macke.

Kelompok Penunggang Biru mengadakan pameran karya mereka di Munich dari tahun 1911 hingga 1914.

Asal: Jerman dan Austria

Ekspresionisme dianggap sebagai salah satu gerakan seni terpenting abad ke-20. Itu berasal dari Jerman dan Austria pada awal 1900-an, dan dengan cepat menyebar ke negara-negara lain seperti Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat.

Ekspresionis Jerman adalah sekelompok seniman yang berusaha mengekspresikan emosi dan perasaan batin mereka melalui lukisan mereka, bukan hanya mewakili dunia luar. Mereka percaya bahwa seni harus ekspresif dan subjektif, bukan objektif dan realistis.

Banyak lukisan Ekspresionise ditandai dengan warna-warna berani dan sapuan kuas yang kuat. Lukisan-lukisan itu seringkali memiliki suasana yang meresahkan atau bahkan meresahkan, yang mencerminkan keadaan emosional para senimannya. Seniman ekspresionis ingin menangkap perasaan atau suasana hati subjek mereka, daripada sekadar menggambarkannya secara realistis.

Baca Juga!  Berapa Sendok dalam 1 Sachet Susu Dancow? Temukan Jawabannya di Sini!

Salah satu pelukis Ekspresionis yang paling terkenal adalah Vincent van Gogh.

Karakteristik

Pelukis ekspresionis berusaha untuk mengekspresikan emosi dan perasaan batin mereka melalui pekerjaan mereka, daripada hanya menggambarkan apa yang mereka lihat di sekitar mereka. Penggunaan warna-warna cerah dan bentuk terdistorsi membantu menyampaikan intensitas emosi ini.

Saat ini, lukisan ekspresionisme masih populer di kalangan seniman dan pecinta seni. Gaya ini terus berkembang saat seniman baru bereksperimen dengan berbagai cara untuk mengekspresikan diri.

Seniman lukisan ekspresionisme

Seniman yang paling terkait dengan gaya ini adalah Vincent van Gogh, Edvard Munch, dan Wassily Kandinsky. Ketiga seniman tersebut dipengaruhi oleh karya seniman Prancis Paul Cézanne.

Van Gogh mungkin adalah seniman ekspresionis yang paling terkenal. Lukisan-lukisannya dicirikan oleh warna-warna berani dan sapuan kuas yang tebal. Dia juga dikenal karena melukis di luar ruangan, yang memungkinkan dia untuk menangkap cahaya dalam lukisannya.

Munch adalah seniman ekspresionis penting lainnya. Lukisannya The Scream adalah salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Seperti Van Gogh, Munch menggunakan warna-warna berani dan sapuan kuas tebal dalam lukisannya. Namun, karya Munch seringkali lebih gelap daripada karya Van Gogh.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ekspresionisme telah dan terus menjadi kekuatan yang kuat di dunia seni. Hal ini memungkinkan seniman untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan terdalam mereka, seringkali dengan cara yang sangat mentah dan emosional. Jenis lukisan ini bisa menjadi katarsis bagi senimannya dan mengharukan bagi yang melihatnya. Meskipun mungkin tidak selalu mudah untuk dipahami, ekspresionisme memberikan jendela ke dalam jiwa seniman yang dapat benar-benar mempesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *