Scroll untuk baca artikel
Rupa

Cara Penggunaan Panel Surya Yang Dimanfaatkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Avatar
×

Cara Penggunaan Panel Surya Yang Dimanfaatkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebarkan artikel ini
Cara Penggunaan Panel Surya Yang Dimanfaatkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Panel surya adalah perangkat yang terdiri dari sel-sel fotovoltaik yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi listrik. Dengan memanfaatkan panel surya, kita dapat menghasilkan listrik bersih dan terbarukan tanpa emisi karbon serta mengurangi tagihan listrik.

Dewasa ini, pemanfaatan panel surya semakin marak di Indonesia, baik untuk kebutuhan rumah tangga, komersial, maupun industri. Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan panel surya dalam kehidupan sehari-hari.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

PLTS

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah sistem yang memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan listrik. PLTS bisa dipasang di atap rumah, gedung perkantoran, pabrik, atau lahan terbuka.

Cara kerjanya, panel surya akan menyerap sinar matahari dan mengonversinya menjadi energi listrik DC (searah). Kemudian listrik DC ini akan diubah oleh inverter menjadi listrik AC (bolak-balik) untuk kebutuhan peralatan listrik di rumah atau gedung.

Kelebihan utama PLTS adalah dapat mengurangi tagihan listrik PLN hingga 90% karena sebagian besar kebutuhan listrik dipenuhi oleh panel surya. Selain itu, PLTS juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon.

Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi listrik untuk memompa atau mengalirkan air, misalnya dari sumur ke tangki penampungan.

PATS sangat berguna bagi daerah yang belum teraliri listrik, seperti di pedesaan. Dengan PATS, masyarakat desa bisa mendapatkan pasokan air bersih secara mandiri tanpa bantuan listrik PLN.

Beberapa contoh pemanfaatan PATS antara lain untuk pengairan lahan pertanian, kolam ikan, peternakan, dan kebutuhan air bersih domestik.

Baca Juga!  Model Operasi Langsung (Direct Operation) yang Dilakukan Pemerintah

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya

PJU Tenaga Surya

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) memanfaatkan panel surya sebagai sumber listrik untuk menyalakan lampu penerangan jalan, halte, taman kota, dan fasilitas umum lainnya.

PJU TS sangat berguna untuk daerah yang belum dialiri listrik PLN, terutama di pedesaan. Dengan PJU TS, warga desa bisa menikmati penerangan jalan di malam hari sehingga aktivitas dan mobilitas warga menjadi lebih aman.

Pemerintah daerah banyak yang menerapkan PJU TS untuk menghemat pengeluaran listrik sambil memberi penerangan yang memadai bagi warganya.

Sistem Pendingin Ruangan Tenaga Surya

AC Tenaga Surya

Di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, pendingin ruangan sangat dibutuhkan untuk menjaga suhu tetap nyaman. Sistem pendingin ruangan bisa memanfaatkan panel surya sebagai sumber listriknya.

Cara kerjanya, panel surya menghasilkan listrik DC yang disimpan di baterai, kemudian diubah menjadi AC oleh inverter untuk menjalankan AC, kipas angin, dan peralatan pendingin ruangan lainnya.

Kelebihannya, kita bisa menikmati udara sejuk tanpa tagihan listrik yang membengkak karena sumber listriknya berasal dari energi terbarukan matahari.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Stasiun Pengisian Mobil Listrik

Seiring berkembangnya kendaraan listrik, dibutuhkan stasiun pengisian daya baterai mobil dan motor listrik. Stasiun pengisian kendaraan listrik bisa memanfaatkan panel surya sebagai sumber listriknya.

Energi matahari yang ditangkap panel surya akan mengisi baterai, kemudian baterai menyalurkan listrik ke stasiun pengisian untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik yang parkir.

Dengan memanfaatkan energi terbarukan matahari, stasiun pengisian kendaraan listrik bisa beroperasi secara mandiri tanpa menggunakan listrik dari PLN.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh pemanfaatan panel surya dalam kehidupan sehari-hari. Berkat kemajuan teknologi, kini kita bisa memanfaatkan energi matahari yang melimpah di Indonesia untuk berbagai kebutuhan, dari pembangkit listrik hingga pendingin ruangan.

Baca Juga!  Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

Dengan memanfaatkan panel surya, kita bisa mengurangi emisi karbon serta menghemat pengeluaran listrik setiap bulannya. Panel surya merupakan investasi masa depan yang sangat menjanjikan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *