Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

×

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

Sebarkan artikel ini
Jenis Ketombe

Ketombe adalah masalah umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Meski bukan kondisi medis yang serius, ketombe bisa memalukan dan sulit dihilangkan. Ada banyak produk bebas yang tersedia untuk mengobati ketombe, tetapi ini bisa mahal dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Untungnya, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat secara efektif menghilangkan ketombe tanpa menghabiskan banyak uang.

Pendahuluan

Ketombe adalah masalah umum yang bisa mengganggu dan memalukan. Ini juga bisa sulit untuk dihilangkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ketombe, seperti kulit kering, kulit berminyak, atau tidak cukup sering keramas. Jika Anda memiliki ketombe, Anda mungkin melihat kulit kepala Anda gatal dan bersisik. Anda mungkin juga melihat serpihan putih di rambut atau di bahu.

Jika Anda ingin menghilangkan ketombe, ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Anda dapat menggunakan sampo obat, yang dapat ditemukan di sebagian besar toko obat. Anda juga dapat mencoba menggunakan bilasan cuka: campur cuka dan air dengan perbandingan yang sama dan pijatkan ke kulit kepala Anda sebelum keramas. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Apa itu ketombe?

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit. Ini disebabkan oleh jamur yang disebut malassezia, yang merupakan jenis ragi. Ketombe tidak menular dan dapat diobati dengan produk yang dijual bebas. Namun, ketombe parah mungkin memerlukan obat resep.

Baca Juga!  Bahaya Minum Kopi Setiap Hari Bagi Wanita

Penyebab ketombe

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit. Penyebab pasti ketombe tidak diketahui, tetapi diyakini terkait dengan sejumlah faktor, termasuk kulit kering, kulit berminyak, infeksi jamur, dan alergi.

Kulit kering adalah penyebab paling umum dari ketombe. Saat kulit kepala kering, itu menghasilkan lebih banyak sel kulit mati dari biasanya. Sel-sel kulit mati ini kemudian mengelupas dan terlihat seperti ketombe.

Kulit berminyak juga dapat menyebabkan ketombe. Ketika kulit kepala terlalu berminyak, itu bisa menciptakan lingkungan yang ideal bagi ragi untuk tumbuh. Ragi memakan minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala dan dapat menyebabkan iritasi dan pengelupasan.

Alergi juga bisa memicu ketombe.

Cara menghilangkan ketombe

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Pertama, cobalah mencuci rambut Anda lebih sering. Ini akan membantu menghilangkan penumpukan minyak dan sel-sel kulit yang dapat menyebabkan ketombe. Anda juga dapat mencoba menggunakan sampo ringan atau sampo yang dirancang khusus untuk ketombe. Pastikan untuk memijat kulit kepala dengan baik saat keramas untuk melonggarkan serpihan yang mungkin menempel di kulit kepala. Selain itu, pastikan Anda membilas rambut secara menyeluruh untuk menghilangkan semua bekas sampo.

Cara lain untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan perawatan rambut anti ketombe. Ada banyak produk yang tersedia secara komersial yang dapat membantu mengurangi ketombe. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada paket dengan hati-hati dan hanya gunakan produk sesuai petunjuk.

Ganti sampomu

Jika Anda ingin menghilangkan ketombe, salah satu tempat pertama untuk memulai adalah dengan sampo Anda. Banyak sampo ketombe mengandung bahan kimia keras yang justru dapat memperburuk masalah. Sebagai gantinya, cari sampo alami bebas sulfat yang lembut di kulit kepala Anda.

Baca Juga!  Perbedaan Blackmores Pregnancy Gold dan Advance

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika memilih sampo baru. Pertama, pastikan itu dirancang untuk penggunaan sehari-hari – ini akan membantu mencegah kulit kepala Anda menjadi kering dan teriritasi. Kedua, cari yang mengandung bahan-bahan seperti minyak pohon teh atau minyak jojoba, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur.

Terakhir, bersabarlah – mungkin perlu beberapa minggu penggunaan rutin sebelum Anda melihat perbedaan mencolok pada ketombe Anda.

Sisir rambut Anda secara teratur

Jika Anda ingin menghilangkan ketombe, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menyisir rambut secara teratur. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu mendistribusikan minyak alami di rambut Anda. Anda harus menyisir rambut Anda setidaknya sekali sehari, dan lebih banyak lagi jika Anda memiliki rambut berminyak atau rawan ketombe.

Selain menyisir secara teratur, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan ketombe. Pastikan untuk keramas rambut Anda secara teratur, dan gunakan sampo ringan yang tidak akan mengiritasi kulit kepala Anda. Anda juga dapat mencoba menggunakan sampo khusus ketombe, yang dapat ditemukan di sebagian besar toko obat. Dan terakhir, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin B dalam diet Anda – Vitamin B sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Hindari produk rambut tertentu

Ada sejumlah produk rambut di pasaran yang dapat membantu Anda menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Namun, ada juga sejumlah produk yang justru bisa memperburuk masalah ketombe Anda. Berikut adalah beberapa produk rambut yang harus dihindari jika Anda mencoba menghilangkan ketombe:

Gel rambut dan mousse

Produk-produk ini benar-benar dapat meningkatkan jumlah sebum (minyak) di kulit kepala Anda, yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari ragi dan memperburuk ketombe.

Baca Juga!  Benarkah Jamu Untuk Menghilangkan Bau Badan?

Semprotan rambut

Semprotan rambut juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan berlebih ragi di kulit kepala Anda dengan menyediakan lingkungan yang lembab bagi ragi untuk berkembang.

Lotion dan minyak

Banyak losion dan minyak rambut mengandung asam lemak yang selanjutnya dapat meningkatkan produksi sebum di kulit kepala Anda, memperburuk masalah ketombe Anda.

Kapan harus ke dokter?

Ada beberapa waktu ketika Anda harus pergi ke dokter untuk mengatasi ketombe. Jika Anda telah mencoba setiap pengobatan rumahan dan pengobatan yang dijual bebas dan tidak ada yang berhasil, mungkin sudah saatnya untuk menemui dokter kulit. Anda juga harus menemui dokter jika ketombe Anda disertai dengan rambut rontok, gatal, kemerahan, atau peradangan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan ketombe Anda, seperti psoriasis atau eksim, Anda juga harus menemui dokter.

Kesimpulan

Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang menderita ketombe, Anda tahu betapa frustasinya mencoba menghilangkannya. Anda mungkin sudah mencoba setiap sampo di pasaran, tetapi sepertinya tidak ada yang berhasil. Untungnya, ada beberapa solusi alami yang dapat membantu.

Cuka sari apel adalah obat rumah yang populer untuk ketombe. Cukup tambahkan beberapa sendok makan ke botol sampo Anda dan gunakan seperti biasa. Anda juga bisa mengencerkan cuka dengan air dan mengoleskannya langsung ke kulit kepala dengan bola kapas. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Pilihan lainnya adalah dengan mencampurkan soda kue dan air dalam jumlah yang sama dan memijatnya ke kulit kepala Anda selama beberapa menit sebelum keramas seperti biasa. Ini akan membantu mengelupas kulit kepala Anda dan menyingkirkan minyak dan serpihan yang menumpuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *