Scroll untuk baca artikel
Olah Raga

Cara Mengecilkan Pinggang

×

Cara Mengecilkan Pinggang

Sebarkan artikel ini
Mengecilkan Pinggang
Mengecilkan Pinggang - Photo by Matt Moloney

Ladies, pernahkah Anda berharap bisa mengecilkan pinggang Anda tanpa harus diet atau pergi ke gym? Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memberikan ilusi pinggang yang lebih kecil. Berikut adalah empat tips untuk membantu mengurangi tampilan lingkar pinggang Anda.

Mengapa Mengecilkan Pinggang itu penting

Lingkar pinggang yang lebih ramping tidak hanya menyenangkan secara estetika, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Membawa beban ekstra di sekitar bagian tengah Anda meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan bahkan beberapa jenis kanker. Bahkan jika Anda memiliki berat badan yang sehat secara keseluruhan, memiliki lingkar pinggang yang besar menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk kondisi kronis ini.

Mengurangi ukuran pinggang Anda bisa sesederhana berjalan-jalan biasa. Mulailah dengan berjalan cepat selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda tidak bisa masuk dalam 30 menit penuh, bagi menjadi tiga sesi 10 menit sepanjang hari. Saat Anda menjadi lebih bugar, Anda dapat meningkatkan intensitas jalan kaki secara bertahap dengan menambahkan bukit atau interval kecepatan.

Selain jalan kaki, ada latihan lain yang bisa membantu Anda mengecilkan pinggang.

Bagian 1: Perubahan pola makan yang harus dilakukan

Jika Anda ingin mengurangi lingkar pinggang Anda, ada beberapa perubahan pola makan yang dapat Anda lakukan untuk membantu. Pertama, bertujuan untuk makan secara teratur sepanjang hari. Melewatkan makan dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan lemak, jadi penting untuk menjaga metabolisme Anda dengan makan setiap beberapa jam. Kedua, pastikan Anda mendapatkan cukup protein. Protein membantu membangun otot tanpa lemak, yang pada gilirannya membantu membakar lebih banyak kalori. Terakhir, sertakan beberapa latihan kardio dalam rutinitas harian Anda. Kardio membakar kalori dan membantu mengurangi lemak tubuh, jadi ini adalah bagian penting dari rencana penurunan berat badan.

Baca Juga!  Teknik Dasar Bola Basket: Panduan Lengkap dan Terperinci

Bagian 2: latihan yang harus dilakukan

Jika Anda ingin mengecilkan pinggang, Anda harus fokus pada latihan yang menargetkan otot-otot di kaki kiri Anda. Ini adalah otot terbesar di tubuh Anda dan mereka akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan lemak.

Ada beberapa jenis latihan kaki kiri yang dapat Anda lakukan, tetapi salah satu yang terbaik adalah lunge. Latihan ini melatih paha depan, paha belakang, dan glutes Anda, yang semuanya merupakan otot kunci untuk mengurangi lingkar pinggang Anda.

Untuk melakukan lunge, berdirilah dengan kaki selebar bahu dan ambil langkah besar ke depan dengan kaki kiri. Turunkan tubuh Anda sampai paha kiri Anda sejajar dengan tanah dan lutut kanan Anda melayang tepat di atas tanah. Dorong kembali ke posisi awal dan ulangi.

Bagian 3: Perubahan gaya hidup untuk diterapkan

Ketika datang untuk melangsingkan pinggang Anda, ada dua komponen kunci: diet dan olahraga. Tetapi membuat perubahan gaya hidup juga merupakan bagian penting dari persamaan. Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengecilkan pinggang Anda.

  1. Dapatkan lebih banyak Tidur: Tidur yang cukup sangat penting untuk menurunkan berat badan. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar dan mengidam, serta penurunan kontrol diri dalam hal pilihan makanan. Bertujuan untuk 7-8 jam tidur berkualitas per malam.
  2. Kurangi stres: Stres kronis dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama di sekitar lingkar pinggang. Cobalah mencari cara untuk mengelola tingkat stres Anda melalui teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.
  3. Lebih banyak bergerak: Anda tidak perlu pergi ke gym setiap hari untuk melihat hasilnya.

Bagian 4: apa yang harus dihindari

Ketika datang untuk mengecilkan pinggang Anda, ada beberapa hal yang harus Anda hindari jika Anda ingin melihat hasilnya. Sit-up mungkin tampak seperti membantu, tetapi sebenarnya itu bukan cara paling efektif untuk menargetkan perut Anda. Dan meskipun berolahraga adalah kuncinya, ada beberapa jenis olahraga tertentu yang lebih baik daripada yang lain dalam hal melangsingkan pinggang Anda. Jadi apa yang harus Anda hindari jika Anda menginginkan pinggang yang lebih kecil?

Baca Juga!  5 Kesalahan Saat Mendrible Bola Basket yang Harus Dihindari

Sit-up mungkin salah satu hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Anda berpikir untuk mengencangkan perut, tetapi itu tidak seefektif latihan lainnya. Mereka benar-benar dapat membuat ketegangan pada punggung dan leher Anda, dan tidak melakukan banyak hal untuk menargetkan otot perut bagian dalam. Jika Anda mencari cara yang lebih baik untuk mengencangkan perut, cobalah plank atau Pilates.

Kesimpulan

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa memiliki lingkar pinggang yang tinggi terkait dengan peningkatan risiko kematian, bahkan untuk orang yang dianggap sehat. Jadi bagaimana Anda bisa mengecilkan pinggang Anda?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: pertama, cobalah menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Bahkan sedikit penurunan berat badan dapat membantu mengurangi lingkar pinggang Anda. Kedua, pastikan untuk berolahraga secara teratur. Ini akan membantu mengencangkan otot perut dan membuat pinggang Anda tampak lebih kecil. Terakhir, makan makanan sehat yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan olahan, minuman manis, dan lemak jenuh dan tidak sehat dalam jumlah berlebihan.

Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *