Scroll untuk baca artikel
Tanaman

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Manis

Avatar
×

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Manis

Sebarkan artikel ini
sliced green fruit on white table

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Kiwi – merupakan buah yang berasal dari Selandia Baru, dan kini telah menjadi salah satu buah yang populer di seluruh dunia. Selain karena rasanya yang manis dan segar, kiwi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, bagaimana cara memilih dan menyimpan kiwi agar tetap manis dan segar? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

Memilih Kiwi yang Baik

Untuk memilih kiwi yang baik, pastikan kiwi yang dipilih memiliki kulit yang halus dan tanpa bercak coklat. Pilih kiwi yang berat dan padat saat dipegang, serta tidak terlalu lembek ketika ditekan. Kiwi yang sudah matang akan terasa sedikit lunak dan manis.

Menyimpan Kiwi

Kiwi yang sudah matang bisa disimpan dalam lemari es atau kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan kiwi disimpan di dalam kantong plastik atau wadah yang tertutup agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Suhu kulkas yang disarankan untuk menyimpan kiwi adalah antara 0-5 derajat Celsius.

Membekukan Kiwi

Kiwi yang telah dikupas bisa dibekukan dan dijadikan sebagai camilan yang segar. Untuk membekukan kiwi, potong kiwi menjadi irisan atau potongan kecil, kemudian letakkan di atas loyang dan masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam hingga membeku. Setelah itu, kiwi yang telah dibekukan bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.

Baca Juga!  Manfaat Vermikulit dalam Pertanian: Meningkatkan Kesehatan Tanaman Hias di Pot

Membuat Jus Kiwi

Kiwi juga bisa diolah menjadi jus yang segar dan sehat. Untuk membuat jus kiwi, kupas kiwi dan potong menjadi beberapa bagian. Blender kiwi hingga halus, tambahkan sedikit air atau es batu sesuai selera, dan jus kiwi siap dinikmati.

Menambahkan Kiwi pada Salad

Kiwi bisa menjadi bahan tambahan yang enak pada salad buah atau salad sayur. Potong kiwi menjadi irisan atau bagian kecil, dan tambahkan ke dalam salad sesuai selera. Selain memberikan rasa segar, kiwi juga akan menambahkan nutrisi pada saladmu.

Membuat Dessert Kiwi

Kiwi bisa diolah menjadi berbagai macam dessert yang lezat, seperti smoothie bowl kiwi, pudding kiwi, atau sorbet kiwi. Kamu bisa mencari resep yang kamu sukai dan mencoba untuk membuat dessert kiwi yang sehat dan enak.

Membuat Salsa Kiwi

Salsa kiwi bisa dijadikan sebagai alternatif saus atau bumbu pada makanan. Potong kiwi menjadi irisan atau bagian kecil, tambahkan potongan bawang merah, cabai, dan perasan air jeruk nipis. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, dan salsa kiwi siap disajikan.

Menyajikan Kiwi dengan Yogurt

Kiwi dan yogurt merupakan kombinasi yang sempurna untuk menu sarapan atau camilan sehat. Potong kiwi menjadi irisan atau bagian kecil, dan campur dengan yogurt plain atau flavored sesuai selera. Tambahkan topping seperti granola, almond, atau buah lainnya untuk menambahkan rasa dan nutrisi pada menu tersebut.

Menyimpan Kiwi dengan Buah Lain

Kiwi dapat disimpan bersama dengan buah lain seperti apel atau pisang untuk membantu mempercepat pematangan kiwi. Buah yang dimasukkan ke dalam wadah bersama kiwi harus dalam keadaan matang dan tidak terlalu lembek, sehingga tidak mempercepat proses pembusukan kiwi.

Baca Juga!  10 Rahasia Pupuk Bunga Mawar yang Tepat Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Menyimpan Kiwi dalam Wadah Khusus

Jika ingin menyimpan kiwi dalam jangka waktu yang lebih lama, kamu bisa menggunakan wadah khusus untuk menyimpan buah ini. Wadah khusus kiwi biasanya sudah dilengkapi dengan ventilasi dan dudukan khusus untuk menjaga kiwi tetap dalam posisi yang benar. Pastikan kiwi disimpan pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin, dan tetap menjaga kelembaban di dalam wadah tersebut.

FAQ

  1. Apakah kiwi bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya? Kiwi bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya, namun pastikan kiwi sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Kulit kiwi mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun jika kamu tidak suka dengan tekstur kulitnya, kamu bisa mengupas kulit kiwi terlebih dahulu.
  2. Berapa lama kiwi dapat disimpan di dalam kulkas? Kiwi yang sudah matang bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari jika disimpan di dalam kantong plastik atau wadah yang tertutup.
  3. Bisakah kiwi dibekukan? Kiwi bisa dibekukan setelah dikupas dan dipotong menjadi irisan atau potongan kecil. Setelah dibekukan, kiwi bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.
  4. Apakah kiwi baik untuk kesehatan tubuh? Kiwi kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, folat, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu mencerna protein dalam makanan.
  5. Bisakah kiwi dijadikan sebagai pengganti tomat pada saus spaghetti? Ya, kiwi bisa dijadikan sebagai pengganti tomat pada saus spaghetti. Kiwi memberikan rasa manis dan asam yang mirip dengan tomat, namun dengan kandungan gula yang lebih rendah.

Kesimpulan

Kiwi merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan juga mudah untuk disimpan dan diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang segar dan enak. Dengan memilih kiwi yang baik dan menyimpannya dengan benar, kamu dapat menikmati kiwi yang tetap manis dan segar dalam waktu yang lebih lama.

Baca Juga!  Pupuk Kandang Yang Baik Untuk Tanaman

Jangan ragu untuk mencoba berbagai macam resep kiwi, dan jangan lupa untuk mengonsumsi kiwi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *