Cara Membuat Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

Wah Cha Yup

Cara Membuat Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah program pelatihan dan pengembangan kemampuan mengajar secara daring yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Salah satu komponen penting dalam program ini adalah aksi nyata.

Aksi nyata merupakan aktivitas atau aksi konkret yang dilakukan peserta setelah menyelesaikan modul pelatihan mandiri. Tujuannya adalah untuk mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari sekaligus memberi manfaat kepada lingkungan sekitar.

Persyaratan Aksi Nyata

Sebelum membuat aksi nyata, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

  • Sudah menyelesaikan seluruh modul pelatihan mandiri pada topik yang dipilih. Semua modul harus 100% selesai termasuk post test.
  • Memilih salah satu topik aksi nyata yang tersedia di PMM. Bacalah detail tiap topik dengan saksama agar paham persyaratannya.
  • Aktivitas yang dilakukan harus relevan dan sesuai dengan topik aksi nyata yang dipilih.

Contoh Topik Aksi Nyata

Beberapa contoh topik aksi nyata di PMM antara lain:

  • Literasi Digital
  • Kewirausahaan
  • Edukasi Kesehatan
  • Pelestarian Lingkungan
  • Pemberdayaan Masyarakat
  • dan lain-lain

Langkah-langkah Membuat Aksi Nyata

Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk membuat aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar:

1. Selesaikan Modul Pelatihan Mandiri

Langkah pertama adalah menyelesaikan seluruh modul beserta post test pada topik pelatihan mandiri yang dipilih. Pastikan semua modul pada topik tersebut sudah 100% selesai sebelum membuat aksi nyata.

Selesaikan semua modul pelatihan mandiri

2. Pilih Topik Aksi Nyata

Setelah menyelesaikan modul, pilih topik aksi nyata yang tersedia di PMM. Bacalah rincian tiap topik dengan saksama agar memahami persyaratan dan ruang lingkup aksi nyata tersebut.

Baca Juga!  Peran Penting Komunikasi Organisasi dalam Bermasyarakat

3. Lakukan Aktivitas Sesuai Topik

Lakukan aktivitas nyata sesuai dengan topik yang telah dipilih. Misalnya jika memilih topik literasi digital, lakukan kegiatan workshop IT dasar untuk warga. Pastikan aktivitas yang dilakukan relevan dengan topik aksi nyata.

4. Dokumentasikan Aktivitas

Dokumentasikan proses aktivitas aksi nyata dalam bentuk foto, video, atau file lain yang relevan. Dokumentasi ini nantinya diunggah bersama laporan aksi nyata.

5. Buat Laporan PDF

Buatlah laporan tertulis aksi nyata dalam format PDF dengan ukuran file maksimal 10MB. Laporan berisi proses dan hasil aktivitas aksi nyata yang telah dilakukan.

6. Unggah ke Platform Merdeka Mengajar

Langkah selanjutnya adalah mengunggah laporan PDF beserta dokumentasi ke halaman aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar. Ikuti panduan dan isi semua kolom yang diperlukan.

Tampilan halaman unggah laporan aksi nyata

7. Tunggu Validasi

Jika laporan aksi nyata sudah diunggah, Anda perlu menunggu proses validasi dari pengelola PMM. Jika ditolak, Anda perlu memperbaiki laporan sesuai masukan validator. Jika diterima, berarti aksi nyata Anda sudah selesai.

Tips Penting

Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam membuat aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar:

  • Hindari plagiarisme. Semua aktivitas dan laporan harus asli karya sendiri.
  • Patuhi panduan pada masing-masing topik aksi nyata.
  • Pastikan aktivitas yang dilakukan relevan dengan topik aksi nyata.
  • Lakukan pencatatan dan dokumentasi saat menjalankan aktivitas aksi nyata.
  • Unggah dokumentasi foto/video pada saat mengunggah laporan.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan aksi nyata Anda bisa lebih mudah diterima dan divalidasi oleh pengelola PMM.

Kesimpulan

Demikian artikel lengkap mengenai cara membuat aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar. Mulai dari persyaratan, langkah-langkah, hingga tips penting dalam membuat aksi nyata. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sukses untuk program PMM Anda!

Baca Juga!  Mengapa Guru Perlu Menguasai Dengan Baik Keterampilan Dasar Mengajar dalam Pembelajaran Terpadu?

Also Read

Bagikan:

Wah Cha Yup

Wah Cha Yup adalah lulusan sarjana pendidikan dan pejuang PNS dengan wawasan yang luas. Gemar membaca, Wah Cha Yup memiliki dedikasi tinggi dalam memajukan bangsa melalui perannya sebagai PNS. Profilnya mencerminkan semangat belajar, keberanian, dan pengetahuan yang membuatnya menjadi sosok yang menginspirasi.

Tags

Tinggalkan komentar