7 Cara Melihat Pengumuman Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Akbar Fauziah

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2023 adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di seluruh Indonesia. Ini adalah tahap awal dalam perjalanan menuju posisi yang diinginkan dalam sektor publik. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang telah mendaftar untuk seleksi CPNS atau PPPK tahun ini, Anda mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara melihat pengumuman administrasi CPNS 2023 dan PPPK 2023?” Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan itu.

Langkah 1: Kunjungi Situs Web SSCASN BKN

Langkah pertama dalam proses melihat pengumuman administrasi CPNS dan PPPK adalah mengunjungi situs web resmi SSCASN BKN. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan perangkat yang dapat terhubung ke internet. Anda dapat mengakses situs ini di https://sscasn.bkn.go.id/.

Langkah 2: Login dengan NIK dan Password

Setelah Anda berada di situs web SSCASN BKN, langkah selanjutnya adalah masuk ke akun Anda. Gunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi yang Anda gunakan saat mendaftar untuk seleksi CPNS atau PPPK tahun 2023. Pastikan Anda memasukkan informasi ini dengan benar untuk menghindari masalah saat login.

Baca Juga!  Cara Mudah Membatalkan Pesanan di TIX ID

Langkah 3: Klik Menu “Pengumuman”

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke beranda situs web SSCASN. Di sini, cari menu “Pengumuman” dan klik padanya. Menu ini adalah tempat di mana Anda akan menemukan pengumuman administrasi CPNS dan PPPK.

Langkah 4: Pilih Menu “Pengumuman Seleksi Administrasi”

Ketika Anda berada di halaman “Pengumuman”, Anda akan melihat beberapa opsi. Pilih “Pengumuman Seleksi Administrasi.” Ini adalah bagian yang berisi informasi tentang apakah Anda lolos atau tidak dalam tahap administrasi seleksi CPNS atau PPPK.

Langkah 5: Pilih Jenis Seleksi Anda

Setelah memilih “Pengumuman Seleksi Administrasi”, langkah selanjutnya adalah memilih jenis seleksi yang Anda ikuti. Anda akan diberi pilihan antara CPNS atau PPPK, tergantung pada seleksi mana yang Anda daftarkan. Pilih jenis seleksi yang sesuai dengan pendaftaran Anda.

Langkah 6: Pilih Instansi yang Anda Lamar

Setelah memilih jenis seleksi, Anda akan diminta untuk memilih instansi pemerintah yang Anda lamar. Ini mungkin beragam tergantung pada pilihan yang Anda buat saat mendaftar. Pastikan Anda memilih instansi yang benar untuk melihat pengumuman administrasi Anda.

Langkah 7: Periksa Status Kelulusan Anda

Inilah saatnya untuk mengetahui apakah Anda dinyatakan lolos atau tidak dalam tahap administrasi berkas. Cari nama Anda atau nomor registrasi Anda dalam daftar pengumuman. Jika Anda dinyatakan lolos, akan muncul pemberitahuan yang menyenangkan, seperti “Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas,” pada bagian bawah halaman.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Penting untuk diingat bahwa pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2023 diumumkan dalam periode tertentu. Untuk tahun 2023, pengumuman ini dijadwalkan mulai 15 Oktober 2023 hingga 18 Oktober 2023. Pastikan Anda memeriksa situs web SSCASN BKN selama periode ini untuk mengetahui hasil seleksi Anda.

Baca Juga!  Cara Mengatasi Scope Creep: Kunci Sukses Proyek Kamu

Melihat Pengumuman Administrasi CPNS 2023 Melalui Aplikasi SSCASN Mobile

Selain melalui situs web, Anda juga dapat melihat pengumuman administrasi CPNS 2023 melalui aplikasi SSCASN Mobile. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses dan memungkinkan Anda untuk memeriksa status kelulusan di mana pun Anda berada. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi SSCASN Mobile

Jika Anda belum memiliki aplikasi SSCASN Mobile, Anda dapat mengunduhnya dari toko aplikasi ponsel Anda, seperti Google Play Store atau App Store. Setelah diunduh dan diinstal, buka aplikasi ini.

Langkah 2: Login dengan NIK dan Password

Setelah Anda membuka aplikasi SSCASN Mobile, Anda akan diminta untuk login. Gunakan NIK dan kata sandi yang sama yang Anda gunakan saat mendaftar CPNS atau PPPK 2023 melalui situs web.

Langkah 3: Klik Menu “Pengumuman”

Setelah berhasil login, cari dan klik menu “Pengumuman” di dalam aplikasi. Ini akan membawa Anda ke halaman yang berisi informasi tentang pengumuman administrasi CPNS dan PPPK.

Langkah 4: Pilih Menu “Pengumuman Seleksi Administrasi”

Seperti pada situs web, Anda perlu memilih “Pengumuman Seleksi Administrasi” untuk melihat status kelulusan Anda.

Langkah 5: Pilih Jenis Seleksi Anda

Pilih jenis seleksi yang sesuai dengan pendaftaran Anda, apakah CPNS atau PPPK.

Langkah 6: Pilih Instansi yang Anda Lamar

Sama seperti di situs web, Anda harus memilih instansi pemerintah yang Anda lamar melalui aplikasi.

Langkah 7: Periksa Status Kelulusan Anda

Akhirnya, periksa status kelulusan Anda. Jika Anda dinyatakan lolos, akan muncul pemberitahuan yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah berhasil lolos tahap administrasi berkas.

Kesimpulan

Demikianlah panduan langkah demi langkah tentang cara melihat pengumuman administrasi CPNS 2023 dan PPPK 2023. Ingatlah bahwa pengumuman ini adalah tahap awal dalam proses seleksi, dan jika Anda berhasil lolos, Anda akan melanjutkan ke tahap berikutnya dalam perjalanan menuju karier dalam sektor publik. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mengecek status kelulus

Baca Juga!  Bahan Kemasan yang Bersifat Inert Sangat Penting untuk Menjaga Kualitas Produk

Also Read

Bagikan:

Akbar Fauziah

Akbar Fauziah adalah seorang penulis lulusan sarjana komunikasi yang suka ngeblog dan menulis novel. Dia dikenal sebagai admin yang baik hati dan penulis kreatif. Akbar mampu menghasilkan tulisan-tulisan menarik dan berkualitas, serta memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca secara positif. Profilnya sebagai penulis yang berhati baik dan kreatif menjadikannya sosok yang dihormati dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar