Scroll untuk baca artikel
Budaya

10 Temuan Berbagai Benda Pada Zaman Praaksara?

×

10 Temuan Berbagai Benda Pada Zaman Praaksara?

Sebarkan artikel ini

Benda Pada Zaman Praaksara – Jika kamu sedang belajar sejarah, mungkin kamu pernah mendengar istilah “prasasti,” “ulkapathra,” dan “sanggah kamulan.” Namun, tahukah kamu bahwa pada masa prasejarah, bangsa Indonesia sudah mengenal berbagai benda yang mungkin belum kamu ketahui namanya?

Berikut ini adalah temuan berbagai benda pada zaman praaksara yang dinamakan:

1. Kole Abad

Kole Abad adalah benda kuno yang ditemukan di wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Benda ini sebenarnya adalah alat ukur yang digunakan untuk menimbang emas dan perak. Kole Abad terbuat dari bahan logam dan memiliki bentuk seperti sebuah cawan dengan pegangan.

2. Arca

Arca adalah patung-patung kecil yang dibuat dari tanah liat. Arca sangat populer pada masa prasejarah dan sering digunakan sebagai persembahan dalam ritual-ritual agama. Bentuk arca bermacam-macam, mulai dari bentuk manusia hingga bentuk hewan.

3. Kapak Perunggu

Kapak perunggu adalah sebuah alat yang dibuat dari campuran perunggu dan timah. Alat ini sering digunakan untuk membantu dalam proses pertanian, seperti memotong kayu dan membuka bumi untuk pertanian.

4. Mata Panah Batu Permata

Mata panah batu permata adalah jenis mata panah yang terbuat dari batu permata. Mata panah ini digunakan sebagai senjata pada masa prasejarah.

5. Tempayan

Tempayan adalah sebuah bejana yang terbuat dari tanah liat. Benda ini sering digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman pada masa prasejarah.

Baca Juga!  Bagaimana Caranya Melestarikan Dan Mengembangkan Tari Yang Ada Di Indonesia

6. Gumpalan Tembaga

Gumpalan tembaga adalah benda yang ditemukan di wilayah Timur Indonesia. Benda ini sebenarnya adalah bijih tembaga yang dapat digunakan untuk membuat peralatan dan senjata.

7. Cangkang Kerang

Cangkang kerang juga merupakan salah satu benda kuno yang ditemukan pada masa prasejarah. Benda ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan.

8. Tali Anyaman

Tali anyaman adalah tali yang terbuat dari serat tumbuhan yang dianyam sedemikian rupa sehingga menjadi kuat. Tali ini sering digunakan sebagai hiasan atau sebagai pengikat pada masa prasejarah.

9. Bilah Kapak Batu

Bilah kapak batu adalah bilah yang terbuat dari batu dan digunakan sebagai alat pertanian. Bilah kapak batu sangat tajam sehingga dapat memotong dengan mudah.

10. Gerabah

Gerabah adalah sebuah bejana yang terbuat dari tanah liat. Benda ini sering digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan pada masa prasejarah.

FAQs

Apa saja benda yang ditemukan pada masa praaksara?

Benda-benda yang ditemukan pada masa praaksara antara lain kapak perunggu, mata panah batu permata, tempayan, tali anyaman, dan arca.

Apa fungsi dari tali anyaman?

Tali anyaman sering digunakan sebagai hiasan atau sebagai pengikat pada masa prasejarah.

Apa itu Kole Abad?

Kole Abad adalah benda kuno yang ditemukan di wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Benda ini sebenarnya adalah alat ukur yang digunakan untuk menimbang emas dan perak.

Kesimpulan

Benda-benda kuno pada masa praaksara menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah memiliki pengetahuan dan teknologi yang penting pada saat itu. Dari benda seperti kapak perunggu hingga tali anyaman, semuanya menunjukkan keahlian yang diperoleh dari pengalaman bertahan hidup dan pembelajaran berkelanjutan.

Baca Juga!  Tari Tradisional Bengkulu: Keindahan dan Maknanya

Begitu juga arca dan kole abad menunjukkan bahwa seni, agama, dan perdagangan juga menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat praaksara Indonesia. Sejarah budaya Indonesia yang kaya akan terus berlanjut dan memperkaya berbagai bidang pengetahuan dan kreativitas di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *