Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Harga Baterai Motor Gesits: Apakah Sepadan?

Avatar
×

Harga Baterai Motor Gesits: Apakah Sepadan?

Sebarkan artikel ini
Baterai Motor Gesits

Motor listrik semakin populer di Indonesia, terutama dengan hadirnya merek lokal seperti Gesits. Salah satu komponen vital dari motor listrik adalah baterai. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang harga baterai motor Gesits, keunggulannya, dan apakah investasi ini sepadan.

Apa Itu Motor Gesits?

Gesits adalah motor listrik buatan Indonesia yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Motor ini dirancang untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi penggunaan energi fosil dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

Harga Baterai Motor Gesits

Baterai motor Gesits menggunakan teknologi Lithium ION MNC tipe DC 72V 20Ah. Harga baterai ini dibanderol sekitar Rp 8,5 juta jika dibeli secara terpisah. Harga ini hampir setengah dari harga motor itu sendiri, yang dijual mulai dari Rp 27,99 juta untuk varian satu baterai dan Rp 36,8 juta untuk varian dua baterai.

Spesifikasi Baterai Gesits

  • Jenis Baterai: Lithium ION MNC tipe DC 72V 20Ah
  • Harga: Rp 8,5 juta
  • Jarak Tempuh: 50 km untuk satu baterai, 100 km untuk dua baterai
  • Waktu Pengisian: Sekitar 3 jam
  • Garansi: 3 tahun atau 1000 siklus pengisian

Keunggulan Baterai Motor Gesits

  1. Daya Tahan: Baterai Gesits memiliki daya tahan yang cukup baik dengan garansi hingga 3 tahun atau 1000 siklus pengisian.
  2. Jarak Tempuh: Dengan satu baterai, motor Gesits bisa menempuh jarak hingga 50 km, dan dengan dua baterai bisa mencapai 100 km.
  3. Waktu Pengisian Cepat: Waktu pengisian baterai hanya sekitar 3 jam, yang cukup efisien untuk penggunaan sehari-hari.
Baca Juga!  Harga Vario 2013 Bekas: Panduan Lengkap Membeli Motor Matic Legendaris

Tantangan dan Solusi

Salah satu tantangan utama adalah harga baterai yang cukup tinggi, yang mencapai hampir 40% dari total biaya produksi motor listrik. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan:

  • Sistem Tukar Tambah: Gesits menawarkan sistem tukar tambah untuk baterai lama dengan yang baru, sehingga konsumen tidak perlu membeli baterai baru secara penuh.
  • Sistem Swap Baterai: Meskipun masih dalam tahap wacana, sistem swap baterai bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mengurangi waktu pengisian dan biaya.

Kesimpulan

Harga baterai motor Gesits memang cukup tinggi, namun sepadan dengan keunggulan yang ditawarkan seperti daya tahan, jarak tempuh, dan waktu pengisian yang cepat. Dengan adanya solusi seperti sistem tukar tambah dan potensi sistem swap baterai di masa depan, investasi pada baterai motor Gesits bisa menjadi lebih terjangkau dan praktis.

Untuk informasi lebih lanjut tentang harga motor listrik lainnya, Anda bisa mengunjungi artikel harga motor listrik.

Dengan informasi ini, diharapkan pembaca bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang harga dan keunggulan baterai motor Gesits, serta solusi yang bisa diambil untuk mengatasi tantangan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *