Scroll untuk baca artikel
HewanTanaman

Bagian Sel Tumbuhan dan Hewan

×

Bagian Sel Tumbuhan dan Hewan

Sebarkan artikel ini

Bagian sel tumbuhan dan hewan memiliki komponen yang serupa namun memiliki perbedaan yang signifikan. Kedua jenis sel memiliki dinding sel, membran plasma, inti, dan organel. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagian-bagian dasar sel tumbuhan dan hewan dan perbedaan utama antara kedua jenis sel.

Dinding Sel

Dinding sel adalah lapisan terluar dari sel yang melindungi sel dari lingkungan luar. Dinding sel tumbuhan terdiri dari lignin dan selulosa, yang membuat sel tumbuhan lebih kaku dan kuat. Dinding sel tumbuhan juga membantu mempertahankan bentuk sel dan menjaga kelembaban. Dinding sel hewan tidak ada, sehingga sel hewan lebih fleksibel dan tidak memiliki bentuk yang tetap.

Membran Plasma

Membran plasma adalah lapisan tipis yang memisahkan isi sel dari lingkungan luar. Membran plasma mengendalikan masuk dan keluar material dari sel dan membantu mempertahankan homeostasis sel. Membran plasma pada sel tumbuhan dan hewan terdiri dari lipoprotein dan gula.

Inti

Inti adalah bagian dalam sel yang mengandung DNA sel dan mengontrol aktivitas sel. Inti sel tumbuhan memiliki dinding inti yang memisahkan DNA dari bagian luar sel. Inti sel hewan tidak memiliki dinding inti, namun memiliki membran inti untuk memisahkan DNA dari bagian luar sel.

Organel

Organel adalah struktur berbentuk mikroskopis dalam sel yang memiliki fungsi spesifik. Beberapa organel utama meliputi mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, dan aksonema. Mitokondria membantu mengubah makanan menjadi energi, ribosom memproduksi protein, retikulum endoplasma membantu memproses bahan, dan aksonema membantu mempertahankan bentuk sel.

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara sel tumbuhan dan hewan adalah dalam dinding sel, bentuk sel, dan fungsinya. Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang kuat dan mempertahankan bentuk sel, sedangkan sel hewan lebih fleksibel dan tidak memiliki bentuk tetap. Sel tumbuhan juga memiliki chloroplasts, yang memungkinkan mereka untuk melakukan fotosintesis, sementara

Baca Juga!  5 Terbaik Pakan Landak Mini: Sayangi Hewanmu

sel hewan tidak memiliki chloroplasts. Dalam hal bentuk, sel tumbuhan memiliki bentuk yang lebih khas dan simetris, sementara sel hewan memiliki bentuk yang lebih beragam dan tidak simetris.

Gambar di atas menunjukkan bagaimana bagian-bagian dasar sel tumbuhan dan hewan saling terhubung dan membentuk sel yang kompleks. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi pembaca.

Kesimpulan

Bagian sel tumbuhan dan hewan memiliki komponen yang serupa namun memiliki perbedaan yang signifikan. Dinding sel, membran plasma, inti, dan organel adalah bagian-bagian dasar dari sel tumbuhan dan hewan. Perbedaan utama antara kedua jenis sel termasuk dalam dinding sel, bentuk sel, dan fungsinya. Pengetahuan tentang bagian-bagian sel tumbuhan dan hewan sangat penting untuk memahami perbedaan dan persamaan antara kedua jenis sel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *