Scroll untuk baca artikel
Kimia

Atom Emas: Partikel Terkecil Penyusun Emas

Avatar
×

Atom Emas: Partikel Terkecil Penyusun Emas

Sebarkan artikel ini
Atom Emas

Emas merupakan logam mulia yang sangat berharga dan memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari perhiasan, komponen elektronik, hingga mata uang. Tapi sebenarnya emas tersusun atas partikel-partikel kecil apa sih?

Atom Sebagai Partikel Terkecil Penyusun Materi

Menurut teori atom Dalton, atom merupakan partikel terkecil penyusun suatu materi. Atom tidak dapat dipecah menjadi partikel yang lebih kecil. Jadi, atom adalah batas terkecil materi yang masih memiliki sifat unsur tersebut.

Atom Emas

Atom-atom inilah yang menyusun emas sehingga memberikan sifat khasnya. Tanpa atom emas, emas tidak akan memiliki warna kuning mengkilap atau sifat tahan korosi yang dimilikinya.

Emas Sebagai Unsur Tunggal

Berbeda dengan senyawa, emas merupakan unsur tunggal. Artinya emas hanya tersusun atas satu jenis atom, yaitu atom emas.

Atom-atom emas inilah yang saling berikatan membentuk emas. Atom emas memiliki nomor atom 79 dan berat atom 196,97. Setiap atom emas memiliki 79 proton, 118 neutron, dan 79 elektron.

Atom Emas Sebagai Partikel Terkecil Penyusun Emas

Karena emas hanya tersusun atas satu jenis atom, yaitu atom emas, maka atom emas merupakan partikel terkecil penyusun emas.

Tidak ada partikel lain yang lebih kecil dari atom emas yang menyusun emas. Jika atom emas dipecah, maka sifat emasnya akan hilang.

Berikut beberapa alasan mengapa atom emas adalah partikel terkecil penyusun emas:

1. Memenuhi syarat sebagai partikel materi

Partikel terkecil materi adalah partikel yang tidak dapat dipecah lagi menjadi bagian-bagian lebih kecil, namun masih memiliki sifat materi tersebut. Atom emas memenuhi syarat ini.

Baca Juga!  Konsep Diprotik dan Deprotonasi pada Reaksi Asam Basa

2. Atom memberikan sifat khas emas

Tanpa atom emas, emas tidak akan memiliki sifatnya yang khas seperti warna, kilap, keuletan, dan ketahanan korosi. Ini menunjukkan atom emas bertanggung jawab penuh memberikan sifat emas.

3. Teori atom Dalton

Teori atom Dalton menyatakan bahwa atom adalah partikel terkecil penyusun suatu materi dan unsur. Emas adalah unsur, sehingga partikel terkecil penyusunnya adalah atom emas.

Perbandingan Dengan Partikel Lain

Berikut perbandingan ukuran atom emas dengan beberapa partikel lain:

PartikelDiameter
Atom emas0,288 nm
Elektron< 0,001 nm
Proton< 0,001 nm
Neutron< 0,001 nm

Dari tabel diatas terlihat bahwa elektron, proton, dan neutron memiliki ukuran jauh lebih kecil dari atom emas. Namun, ketiga partikel tersebut tidak dapat membentuk emas tanpa atom. Ini membuktikan atom emas sebagai partikel terkecil penyusun emas.

Kesimpulan

Emas tersusun atas kumpulan atom emas yang saling berikatan. Atom emas merupakan partikel terkecil penyusun emas karena memenuhi syarat sebagai partikel materi dan bertanggung jawab memberikan sifat khas emas.

Ukuran atom emas jauh lebih besar dibandingkan partikel sub-atomik seperti elektron dan proton. Partikel-partikel ini tidak dapat membentuk emas tanpa atom emas.

Jadi pada akhirnya, emas yang berkilauan itu tersusun dari ribuan bahkan jutaan atom emas yang saling berinteraksi. Tanpa kehadiran atom-atom emas, emas tidak akan pernah ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *