Scroll untuk baca artikel
Rupa

12 Aliran Seni Lukis Terkenal dan Tokohnya

Avatar
×

12 Aliran Seni Lukis Terkenal dan Tokohnya

Sebarkan artikel ini

Aliran Seni lukis merupakan salah satu bentuk ekspresi dari seorang seniman yang menggunakan teknik melukis untuk mengekspresikan ide dan perasaannya. Terdapat banyak aliran seni lukis yang berkembang sepanjang sejarah dan setiap aliran memiliki ciri khas dan tokohnya sendiri. Berikut adalah 12 aliran seni lukis terkenal dan tokohnya:

1. Renaisans

Aliran Renaisans adalah salah satu aliran seni lukis yang paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni lukis. Aliran ini memfokuskan pada pemahaman manusia dan alam sekitar dengan menggunakan perspektif dan proporasi yang akurat. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Raphael.

2. Barok

Barok adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-17 dan berfokus pada dramatisasi dan ekstravaganza. Aliran ini menggunakan warna yang kontras dan teknik tiga dimensi untuk menciptakan efek visual yang kuat. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Caravaggio, Rembrandt, dan Rubens.

3. Realisme

Realisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-19 dan berfokus pada representasi obyek dan situasi secara realistis. Aliran ini menekankan pada kejelasan dan detail objek yang ditampilkan. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Gustave Courbet, Jean-Francois Millet, dan Edouard Manet.

4. Impresssionisme

Impresssionisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-19 dan berfokus pada tampilan atmosfir dan cahaya pada sebuah objek. Aliran ini menggunakan stroke halus dan warna yang lembut untuk menciptakan efek visual yang menawan. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Claude Monet, Pierre-Auguste Renoir, dan Edgar Degas.

Baca Juga!  Cara Membersihkan Cover Binder: Tips Praktis dan Efektif

5. Expressionisme

Expressionisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada ekspresi emosi dan perasaan. Aliran ini menggunakan warna yang kontras dan teknik garis yang kasar untuk menciptakan efek visual yang kuat. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Edvard Munch, Emil Nolde, dan Max Beckmann.

6. Fauvisme

Fauvisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada awal abad ke-20 dan berfokus pada penggunaan warna yang cerah dan kontras. Aliran ini menekankan pada warna sebagai elemen utama dalam melukis dan menggunakan garis-garis yang kasar. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Henri Matisse, André Derain, dan Kees van Dongen.

7. Kubisme

Kubisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada penggabungan bentuk-bentuk geometris dalam sebuah lukisan. Aliran ini menekankan pada komposisi dan pengaturan bentuk dalam sebuah lukisan. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Pablo Picasso, Georges Braque, dan Juan Gris.

8. Suprematisme

Suprematisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada penggunaan bentuk-bentuk geometris sederhana dalam sebuah lukisan. Aliran ini menekankan pada konsep ruang dan warna. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Kazimir Malevich, El Lissitzky, dan Liubov Popova.

9. Futurisme

Futurisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada pergerakan dan dinamika. Aliran ini menekankan pada tampilan objek yang bergerak dan menciptakan sensasi kecepatan. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Umberto Boccioni, Gino Severini, dan Giacomo Balla.

10. Surrealisme

Surrealisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada penggabungan dunia nyata dan dunia imajinasi. Aliran ini menekankan pada representasi objek yang absurd dan memiliki makna yang tak biasa. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Salvador Dalí, René Magritte, dan Max Ernst.

Baca Juga!  Kumpulan Meme dan Video Humor Terbaru: Deskripsi Grup WA Lucu

11. Abstraksionisme

Abstraksionisme adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada penggunaan bentuk, warna, dan tekstur dalam sebuah lukisan tanpa meng

ikuti bentuk-bentuk nyata. Aliran ini menekankan pada konsep dan perasaan yang diwakilkan oleh warna dan bentuk. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Jackson Pollock, Mark Rothko, dan Willem de Kooning.

12. Pop Art

Pop Art adalah aliran seni lukis yang berkembang pada abad ke-20 dan berfokus pada penggunaan objek-objek populer dan ikon dalam sebuah lukisan. Aliran ini menekankan pada representasi objek-objek populer dan ikon dalam sebuah cara yang ironis dan kritis. Tokoh-tokoh terkenal dalam aliran ini antara lain Andy Warhol, Roy Lichtenstein, dan Jasper Johns.

Demikianlah artikel yang dapat kami sajikan mengenai 12 Aliran Seni Lukis, Ciri-ciri dan Tokohnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memahami lebih dalam mengenai dunia seni lukis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *